Masakan Prancis adalah salah satu hidangan paling terkenal di dunia. Negara mode ini terkenal dengan gastronomi terbaik di dunia. Tertawa terbahak-bahak. Kali ini GoTravelly akan membeberkan beberapa fakta menarik seputar kuliner Prancis yang mungkin akan mengejutkan Anda! Yuk simak di bawah ini.

Fakta menarik tentang makanan Prancis

1. Menu yang berbeda untuk setiap daerah

makanan bervariasi
unsplash.com

Jika Anda pergi ke Prancis, Anda akan menemukan banyak menu makanan yang berbeda di setiap daerah. Fakta menarik lainnya adalah Paris sebagai ibu kota Prancis mencakup semua menu dari setiap wilayah Prancis. Perhatikan nama-nama masakan yang ada disana, orang perancis sering memberi nama pada nama daerah asal produk tersebut.

2. Baguette – hidangan tambahan

baguette
unsplash.com

Apakah Anda tahu salah satu jenis roti Prancis yang terkenal? Ya, mereka punya baguette panjang. Roti ini merupakan salah satu lauk tambahan yang sering disajikan saat makan.

Seperti kentang yang disajikan dalam sebuah piring orang baratBaguette adalah salah satu hidangan umum yang saling melengkapi, dan biasanya roti ini gratis di hampir setiap restoran Perancis.

3. Mesin penjual otomatis baguette ada di mana-mana!

mesin penjual
unsplash.com

Melanjutkan berbicara tentang roti khas Perancis, saat Anda berkunjung ke berbagai daerah di negara ini, maka tentunya Anda akan dengan mudah menjumpai berbagai toko roti yang bertebaran di sana.

Namun menariknya, saat kita ke Perancis, kita bisa menemukan vending machine yang menjual roti baguette. Anda tidak perlu khawatir kelaparan di waktu-waktu tertentu saat toko atau restoran belum buka.

4. Ada ratusan jenis keju di Prancis.

keju
unsplash.com

Tahukah Anda bahwa keju adalah salah satu fakta makanan Prancis yang paling enak? Ya! Mereka memiliki berbagai pilihan keju yang akan memakan waktu lama jika Anda mencoba semuanya.

Hampir setiap orang Prancis bisa makan berbagai jenis keju setiap hari. Tentu saja, setiap keju akan memiliki cita rasa yang unik, mampu memukau siapa saja yang mencobanya. Apakah Anda ingin mencoba keju Perancis?

5. Keju biru adalah makanan acak.

keju biru
unsplash.com

Fakta menarik lainnya tentang masakan Prancis adalah keju biru, juga dikenal sebagai keju biru atau roquefort, ditemukan secara tidak sengaja. Ada cerita legendaris tentang makanan ini, yaitu anak laki-laki itu makan roti dengan keju susu di dalam gua.

Menikmati roti, dia melihat seorang gadis yang memenangkan hatinya. Lalu, tanpa pikir panjang, dia langsung menghampiri gadis itu, dan melupakan roti di tangannya.

Beberapa bulan kemudian anak laki-laki itu kembali ke tempat roti itu diletakkan. Ketika dia menemukan kaviar, dia melihat jamur menutupi keju di atas roti. Dari sanalah keju biru pertama terbentuk secara tidak sengaja. Apakah itu fakta yang cukup menarik?

6. Kentang goreng bukan dari Perancis

kentang goreng
unsplash.com

Pernahkah Anda memikirkan kentang goreng sebagai salah satu hidangan Prancis? Tidak, makanan ini sama sekali bukan dari Perancis. Meski memiliki nama Perancis yang berarti “Prancis”, hidangan kentang goreng ini aslinya berasal dari Belgia.

Jadi saat Anda sedang jatuh cinta dengan kentang goreng, jangan tertipu lagi! Kelezatan dengan tekstur agak renyah ini bukanlah masakan Prancis.

7. Orang Prancis makan hamburger dengan peralatan makan.

makan burger prancis
unsplash.com

Berbeda dengan negara Barat lainnya, jika Anda mengunjungi restoran Prancis dan memesan menu hamburger atau pizza, Anda akan melihat peralatan makan atau cutlery yang menyertai saat makan.

Salah satu kebiasaan orang Perancis saat memakan roti ini dengan saus adalah tidak langsung mengangkatnya dengan tangan. Sebaliknya, mereka akan memotong hamburger atau pizza menjadi beberapa bagian sebelum memakannya.

8. Anggur adalah minuman yang murah

anggur
unsplash.com

Siapa yang suka anggur ini? Jika Anda memang menyukai wine, sepertinya datang ke Prancis adalah rekomendasi yang tepat. Berbeda dengan negara lain yang menjual wine dengan harga tinggi, di sisi lain Anda akan menemukan harga yang murah untuk hidangan ini.

Ini karena pajak alkohol di Prancis cukup rendah. Sebab, harga wine di sana sangat murah. Selain harganya yang murah, Anda juga akan mendapatkan cita rasa terbaik saat menikmati wine di sana. Prancis adalah salah satu negara penghasil anggur paling terkenal di dunia. Apakah kamu tertarik untuk mencoba fakta-fakta tentang makanan di Prancis ini?

9. 16 tahun – usia yang diperbolehkan untuk minum.

minum anggur fakta makanan prancis
unsplash.com

Prancis memiliki ketentuan hukum yang mengizinkan remaja minum alkohol pada usia 16 tahun. Fakta ini termasuk usia yang relatif muda dibandingkan beberapa negara besar lain yang melegalkan minum di usia 21 tahun. Minuman yang boleh dikonsumsi remaja di usia 16 tahun adalah wine atau bir.

10. Orang Prancis suka steak dengan darah.

steak langka makanan khas prancis
unsplash.com

Salah satu fakta menarik tentang masakan Prancis adalah bahwa orang Prancis sangat menyukai steak yang dimasak dengan darah. Itu sudah menjadi salah satu kebiasaan mereka sebagai cara menikmati hidangan favorit mereka di Prancis. Apakah Anda juga menyukai tingkat kedewasaan yang sama dengan orang Prancis?

11. Pastikan makan keju setelah makan malam

keju prancis wajib
unsplash.com

Memang, Prancis adalah negara yang terkenal dengan kejunya! Setelah Anda menyelesaikan menu utama di malam hari, biasanya restoran di Prancis menyajikan keju di atas piring.

Sepiring keju yang disajikan adalah hidangan utama itu sendiri. Irisan roti biasanya ditambahkan ke keju, yang cukup untuk beberapa orang. Semuanya akan disesuaikan dengan jumlah orang yang dilayani restoran di setiap meja saat itu.

Kenali Roti Khas Prancis, Yuk!

Cari tahu kue populer dari Perancis

12. Masakan Prancis termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

keahlian memasak Perancis
unsplash.com

Fakta menarik lainnya tentang masakan Prancis adalah bahwa mereka memiliki keahlian memasak yang termasuk dalam daftar “Warisan Budaya Tak Berwujud”. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, Prancis memang menjadi salah satu negara dengan gastronomi terbaik di dunia.

Mereka telah terdaftar sejak 2010 dan sejak itu menjadi sangat populer. Jadi tunggu apalagi, bersiaplah untuk berlibur di Prancis dan temui kuliner menarik disana, yuk! Bagaimana, apakah kamu baru saja menemukan fakta menarik tentang makanan Prancis dari ulasan di atas atau kamu punya fakta menarik lainnya tentang negara ini? Yuk, kenali berbagai hal menarik bersama GoTravelly.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *