Suvenir untuk kematian – Jika Anda berkesempatan untuk menunaikan ibadah umrah tentunya akan membuat hati Anda senang. Tentu saja, Anda ingin menyimpan kebahagiaan yang luar biasa ini dan membaginya dengan keluarga dan teman, bukan?

Jika ingin membawa pulang sesuatu sebagai kenang-kenangan, Anda bisa mencari oleh-oleh khas umrah. Kali ini GoTravelly akan berbagi rekomendasi untuk memilih oleh-oleh khas umrah atau haji. Yuk, cari tahu souvenir apa saja yang bisa kamu pilih di bawah ini.

Souvenir umrah :

1. Air Zamzam

Air zamzam sebagai souvenir umrah
unsplash.com

Air zamzam menjadi salah satu rekomendasi yang tak terelakkan sebagai oleh-oleh umrah. Siapa yang tidak tahu keberadaan air yang mengalir deras hanya dari satu sumber yang dipercaya memiliki kekuatan penuh elixir?

Kini Anda bisa dengan mudah membawa pulang air Zamzam. Ada berbagai ukuran botol yang sangat beragam. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kapasitas bagasi Anda. Ayo ambil air suci ini sebagai oleh-oleh ziarah anda.

2. Parfum atau minyak esensial

parfum
unsplash.com

Siapa yang tidak merindukan aroma khas dari Mekkah ini? Anda bisa memilih parfum sebagai salah satu oleh-oleh umrah untuk dibawa pulang. Arab Saudi adalah salah satu negara yang memiliki koleksi yang sangat beragam dan pilihan parfum yang cukup banyak.

Selain wewangian yang beragam, Anda juga bisa membeli parfum dalam berbagai kemasan dengan desain botol yang cantik dan elegan. Selain sebagai kado yang bermanfaat, kemasan parfum tentunya juga bisa menjadi tambahan barang kenang-kenangan dalam koleksi Anda.

3. Tanggal

kurma sebagai oleh-oleh haji dan umrah

Ketika Anda mengunjungi Arab Saudi, tentu kurma adalah pilihan buah yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Negara Arab adalah salah satu tempat subur di mana pohon kurma tumbuh dan berbuah.

Jadi bisa dipastikan kurma yang kamu beli langsung disana akan berbeda kualitasnya dengan kurma yang kamu temukan disini. Selain itu, kurma juga memiliki varietas yang cukup banyak. Tertawa terbahak-bahak. Salah satu dari sekian banyak pilihan yang direkomendasikan untuk dibawa pulang adalah kurma ajwa.

Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis kurma baik di Mekkah maupun Madinah. Usahakan untuk membawa beberapa jenis kurma agar bisa dinikmati bersama keluarga atau kerabat sesampainya di rumah. Tentunya akan menjadi salah satu oleh-oleh umrah yang paling bermanfaat.

4. Sajadah

sajadah dari haji umroh
unsplash.com

Salah satu pilihan yang mudah ditemukan di beberapa toko oleh-oleh adalah sajadah. Anda bisa memilih sajadah sebagai kenang-kenangan umrah untuk dibagikan kepada keluarga di rumah. Sajadah juga merupakan oleh-oleh yang akan berguna.

Selain itu, akan menambah amal jika sajadah digunakan untuk ibadah. Jika Anda sedang mencari oleh-oleh ini, Anda bisa menemukan sajadah dalam berbagai ukuran. Selain ukuran yang beragam, Sajadah juga memiliki pilihan motif yang cantik. Anda tertarik memilih kendi sebagai oleh-oleh?

5. Rosario

manik-manik
unsplash.com

Salah satu alat yang biasa digunakan sebagai sarana hafalan adalah tasbih. Anda bisa memilih tasbih sebagai salah satu oleh-oleh umrah untuk dibawa pulang. Sama seperti sajadah, tasbih tentunya akan membawa berkah rahmat yang mengalir kepada Anda ketika digunakan untuk berzikir.

6.pasmina

hijab pashmina wanita
unsplash.com

Souvenir umrah selalu dikaitkan dengan berbagai jenis souvenir yang memiliki nilai religi. Oleh karena itu, pilihlah pashmina atau cadar sebagai pegangan tangan. Pashmina bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko souvenir. Cobalah untuk menawar dengan menurunkan harga pashmina sedikit agar bisa dibawa pulang dengan harga yang murah.

7. Sayang

Sayang
unsplash.com

Madu bisa menjadi rekomendasi yang sangat cocok bagi pecinta minuman sehat. Selain fakta bahwa madu memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh, tentu saja akan menjadi hadiah yang ideal.

8. Alquran

Qur'an
unsplash.com

Jika Anda berada di Madinah, pergilah ke salah satu Pusat Percetakan Al-Qur’an bernama Majma Malik Fahd Li thibaah Mushaf Syarif atau Kompleks Percetakan Al-Qur’an Raja Fahd.

Itu menjadi salah satu tempat di mana ribuan Quran dicetak, serta percetakan terbesar di dunia. Dengan mengunjunginya, Anda tidak hanya bisa membeli Alquran, tapi juga melihat pameran beberapa Alquran yang mereka buat.

9. Kosmetik

kosmetik
unsplash.com

Wanita yang identik dengan kecantikan tentu sangat menyukai kosmetik. Anda bisa memilih kosmetik sebagai salah satu produk lokal untuk dijadikan oleh-oleh umrah.

Anda bisa menemukan berbagai jenis kosmetik khas Arab seperti produk make-up atau body care. Kosmetik akan menjadi produk yang sarat manfaat dan tentunya menjadi hadiah yang menyenangkan bagi penerimanya.

10. Jajanan Arab

Kacang arab sebagai oleh-oleh umrah dan haji
unsplash.com

Ada berbagai jenis jajanan dan jajanan yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh umrah. Jika Anda menyukai makanan buah kering, Anda bisa memilih manisan buah ara dan kismis.

Baca juga:

Ziarah? Berikut 10 masakan khas Arab yang harus Anda coba.

Tak hanya itu, Anda bisa membawa pulang berbagai jenis kacang khas Arab seperti buncis, pistachio. Appetizer khas Arab ini bisa diolah tidak hanya sebagai oleh-oleh, tapi juga sebagai sajian rumahan.

11. Cokelat

cokelat umro dan haji
unsplash.com

Cokelat merupakan salah satu varian oleh-oleh umrah yang banyak diminati. Rekomendasi oleh-oleh akan menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dinantikan oleh anak-anak maupun orang dewasa di rumah.

Baca juga:

10 Tempat Favorit Jamaah Haji Indonesia di Arab

Ada berbagai jenis obat-obatan yang akan Anda jumpai saat berkunjung ke toko oleh-oleh di sana. Ada coklat putih atau coklat dengan rasa buah lainnya, serta varian coklat berbalut kacang atau kurma. Selain varietas olahan, cokelat arab juga diproduksi dalam berbagai bentuk dan ukuran. Semua pilihan tersebut, Anda hanya perlu memilih sesuai selera.

12. Segelas zam-zam

segelas air zam-zam
unsplash.com

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang adalah segelas Zamzam. Gelas yang digunakan untuk minum air Zamzam identik dengan ukuran yang kecil. Biasanya gelas zamzam memiliki corak yang khas di bagian luarnya. Anda bisa memberikan gelas ini sebagai hadiah atau menggunakannya untuk menyajikan air Zamzam saat tamu datang. Nah, berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh umrah yang bisa Anda pilih di GoTravelly. Selamat beribadah, semoga perjalanan umrah atau haji yang sempurna membawa berkah yang melimpah.

Baca juga:

7 manisan khas Arab ini bisa jadi ide jemaah haji

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *