Bonthang adalah sebutan untuk sebuah daerah yang terletak di Kalimantan Timur. Bontang dikenal tidak hanya menyajikan beragam destinasi wisata, tetapi juga menawarkan banyak kuliner menarik untuk Anda coba. Tidak ada salahnya mengunjungi Bontang asalkan menyempatkan diri untuk berburu dan mencicipi berbagai kuliner lezat. Anda bisa mencoba berbagai makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tak perlu bingung, berikut daftar 6 makanan khas Bontang yang tak boleh Anda lewatkan.

1.Baronang Bakar

ikan baronang bakar
rasasa.com

Apakah Anda tahu nama ikan baronang? Ikan Baronang adalah ikan yang hidup di perairan laut Bontang. Ikan ini sering diolah menjadi makanan khas Bontang, salah satunya ikan Baronang bakar. Seperti namanya, olahan ikan baronang ini melalui proses pemanggangan sebelum disajikan.

Ikan Baronang dikenal dengan tekstur dan rasanya yang khas. Menu ikan baronang bakar juga diracik dengan bumbu dan rempah yang melimpah, sehingga tak heran jika rasanya menggugah selera. Beberapa bumbu dan bumbu yang digunakan untuk memanggang ikan baronang antara lain bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, jahe, dan masih banyak lagi.

Bumbu dan rempah-rempah yang dihaluskan akan dioleskan ke ikan yang sudah dibersihkan. Setelah direndam dan matang, ikan baronang bakar siap disantap. Hidangan ini tidak hanya populer di kalangan penduduk setempat, tetapi juga banyak diminati wisatawan karena rasanya yang khas.

Cukup banyak wisatawan yang datang ke Bontang dan berburu ikan Baronang bakar yang enak. Hidangan unik ini idealnya disajikan dengan sambal dan seporsi nasi hangat. Perpaduan yang pas pasti bikin ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Bonthang, tak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk pergi berburu hidangan ikan baronang bakar yang lezat.

2. Sambal Gummi

saus sambal
menukuliner.net

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Sambal Gummi. Sambal gammi adalah salah satu masakan bontang yang paling enak dan wajib kamu coba. Saat berada di Bontang, kuliner yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah. Hampir setiap rumah makan atau tempat makan di Bontang menawarkan menu sambal gummi yang menggugah selera.

Makanan ini diolah dengan menggunakan berbagai bahan seperti gula merah, bawang merah dan cabai. Salah satu keistimewaan dan daya tarik tersendiri adalah saus gamma yang disajikan di atas lesung. Karena Sambal Gammi disajikan panas, tampilannya juga berasap. Terlihat menggoda seperti hidangan piring panas tradisional.

Karena disajikan panas, rasa Sambal Gammi sangat menggugah selera. Anda juga bisa melihat buih-buih di atas sambal yang akan membuat siapa saja tak sabar untuk mencicipinya.

Sambal Gammi sangat cocok untuk pelengkap makan. Biasanya sambal gamma disajikan dengan makanan khas bontang lainnya seperti ikan baronang bakar atau ikan putih bakar. Tertarik dan ingin mencoba?

3. Gummy Bavis

gami bavis
Accuracy.id

Rekomendasi makanan Bontang lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah gammi bawis. Makanan ini tidak hanya populer di kalangan penduduk setempat, tetapi juga diminati oleh wisatawan yang datang ke Bonthang. Seperti namanya, gamma bavi merupakan makanan olahan yang dibuat dengan bahan utama ikan bavi. Bagi Anda yang belum tahu, ikan bavi merupakan ikan asli perairan Kalimantan.

Selain ikan bawi, gammi bawi juga biasanya memberikan tambahan udang, kerang, dan cumi. Kehadiran bahan tambahan tersebut tentunya membuat gamma bavi semakin nikmat dan menggugah selera. Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat gamma bavi antara lain bawang merah, cabai, dan tomat. Seperti hidangan cabai lainnya, gamma bavi juga disajikan dalam lesung panas. Rasanya yang lezat dan menggugah selera pasti membuat Anda ingin mencobanya.

Selain cocok untuk dikonsumsi langsung, gamma bawi terasa lebih nikmat jika disajikan dengan seporsi nasi hangat dan kerupuk. Makanan khas Bontang ini tidak boleh kamu lewatkan.

4. Keripik Bavis

keripik bawas
sharmnusantara.id

Selain diolah menjadi gamma bavi, ikan bavi khas Kalimantan juga diolah menjadi keripik bavi. Keripik ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Bontang. Padahal keripik bawi bisa Anda temukan di berbagai toko atau oleh-oleh di Bontang.

Ikan bavis dulunya merupakan ikan yang tidak memiliki nilai jual. Hal ini dikarenakan ikan bavi dikenal memiliki banyak duri dan berbau amis. Karena jumlah ikannya yang sangat banyak, akhirnya banyak yang berinovasi dan mengolah ikan bavi menjadi keripik.

Sekali mencicipinya, Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta aroma dan rasa amis yang khas. Hidangan ini bisa Anda nikmati langsung atau dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sangat menarik bukan?

5. Retak bergetah

gummi
kaltimtoday.com

Makanan khas Bontang selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pekak gamma. Pechak gammam biasanya terjadi pada waktu-waktu tertentu, seperti bulan Ramadan. Sajian yang juga dikenal dengan sebutan legendaris ini diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang kita.

Sekali mencicipinya, Anda akan dimanjakan dengan ciri khas dan rasanya yang menggugah selera. Tampilan Pechak Gummi juga tak kalah unik karena disajikan dengan dibungkus daun pisang. Tidak hanya enak karena menggunakan ikan gamma, masakan ini juga dilengkapi dengan tambahan nasi atau nasi dalam proses pembuatannya.

Baca juga:

Jelajahi 10 pulau cantik di Kalimantan

Karena masih diproduksi dengan cara tradisional, tak heran jika makanan khas Bontang ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Banyak wisatawan yang tertarik dan ingin mencoba kerupuk gama di Bontang.

6. Bakepore Beras

nasi rebus
kaltimtoday.com

Makanan khas Bontang lainnya yang patut Anda coba adalah nasi bakepore. Hidangan ini diolah dengan menggunakan nasi putih sebagai bahan utamanya, dicampur dengan berbagai bumbu untuk cita rasa yang nikmat.

Baca juga:

10 Fakta Unik Tentang Desa Pampang di Kalimantan

Hidangan ini juga disajikan dengan sayur asem khas Kalimantan Timur. Selain itu, tambahan olahan ikan air tawar seperti lele dan gabus juga membuat makanan khas Bontang ini semakin lengkap dan nikmat saat disantap. Saat berkunjung ke Bonthang, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk mencoba makanan lezat yang satu ini.

Baca juga:

10 Tempat Wisata di Bontang yang Bikin Gak Mau Pulang

Nah, itulah daftar 7 makanan khas Bontang menarik yang bisa kamu coba. Dari beberapa saran di atas, sajian mana yang terlihat paling menggugah selera dan ingin Anda coba?

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *