Gunung tertua di dunia Pegunungan tua adalah salah satu contoh menarik bagaimana permukaan bumi telah berubah selama beberapa dekade. Apakah Anda penasaran untuk mempelajari salah satu pemandangan alam yang luar biasa yang terletak di banyak titik yang tersebar di seluruh dunia?

Guinness Book of Records telah menerbitkan data tentang gunung tertua di dunia dan ternyata terletak di Afrika Selatan Tertawa terbahak-bahak. Yuk, baca terus ulasan GoTravelly tentang pegunungan tertua di bawah ini!

Gunung tertua di dunia:

1. Barberton Mahonjwa, Afrika Selatan

mahonjwa adalah gunung tertua di dunia
www.unesco.org

Gunung tertua di dunia terletak di daratan Afrika Selatan. Hanya Barberton Mahonjwa, atau biasa disebut Mahonjwa, yang berusia lebih dari 3,6 miliar tahun.

Gunung Mahonjwa berada sekitar 1800 m di atas permukaan laut dan juga dikenal sebagai tempat ditemukannya emas pertama kali di negara tersebut pada tahun 1875. Struktur geologi tertua di dunia telah menjadi tambang informasi untuk segala macam kondisi permukaan untuk transformasi menjadi benua dan kehidupan ekologis awal di sekitar mereka.

Menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, ini adalah salah satu tempat terindah di Afrika Selatan. Siapa pun yang melihat lanskap ini kemungkinan besar akan terpesona oleh garis-garisnya yang dramatis. Barberton Mahonjwa dikelilingi oleh perbukitan kecil, hutan, lembah, dan dataran berumput.

Jika Anda tertarik mengunjungi gunung tertua di dunia ini, ada banyak hal yang bisa Anda nikmati. Gunung Barberton Mahonjwa adalah tempat yang menawarkan aktivitas rekreasi seperti menunggang kuda, bersepeda, dan paralayang spektakuler. Tempat yang menarik, bukan?

2. Pegunungan Hamersley, Australia

Hamersley Range adalah gunung tertua di dunia.
flickr.com

Gunung tertua di dunia berikutnya adalah Hamersley Range yang terletak di Australia. Terletak di salah satu Taman Nasional Karijini, Hamersley Range dikenal sebagai gunung tertinggi kedua di Australia Barat.

Hamparan berbatu ini memiliki usia menyentuh 3,4 miliar tahun. Tak hanya dikenal sebagai gunung tertua di dunia, daya tarik Hamersley Range juga kerap dikaitkan dengan keindahan panorama yang terbuka di sekitarnya.

Gunung di Australia ini terletak di kawasan Pilbara dekat pantai, di mana pemandangan alamnya dikenal sangat mengesankan. Rentang Gunung Harmsley terbuka untuk umum.

Saat berkunjung ke gunung ini, pengunjung akan disambut dengan banyak ngarai yang siap ditaklukan, goa-goa yang menarik untuk dijelajahi, atau air terjun yang memercikkan air secara melimpah. Tentunya dengan bentang alam yang begitu bervariasi, Mount Hamersley Range menjadi rumah bagi berbagai macam biota.

3. Waterburg, Afrika Selatan

Gunung Waterberg di Afrika Selatan
flickr.com

Gunung yang terletak di Limpopo, Afrika Selatan ini dikenal sebagai bentang alam yang berusia sekitar 2,8 miliar tahun. Berada di Cagar Biosfer Waterberg yang merupakan proyek UNESCO membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi.

Ada atraksi yang berbeda di udara terbuka akan memikat jiwa giat para musafir. Menjelajahi taman nasional, cagar alam, gua dengan pemandangan menakjubkan dan menaklukkan puncak gunung tentunya menjadi salah satu tawaran yang paling dicari.

Memiliki ketinggian mencapai 2100 m, di kawasan Waterberg beriklim sejuk.

Persembahan menakjubkan lainnya dari Pegunungan Waterberg adalah sabana lebat, yang merupakan rumah bagi berbagai populasi hewan. Anda dapat mengunjungi singa, macan tutul, kerbau, gajah, dan badak Afrika. Apakah Anda tertarik mengunjungi kawasan pegunungan Waterberg yang terkenal ini?

4. Magaliesberg, Afrika Selatan

Gunung Magaliesberg - gunung tertua di dunia
flickr.com

Masih di daratan Afrika Selatan terdapat gunung tertua di dunia bernama Magaliesberg. Gunung tua ini terbentuk akibat letusan gunung berapi dan telah ada selama 2,3 miliar tahun.

Di sekitar Magalierberg terdapat gua-gua purba yang dikenal dan banyak dijelajahi oleh para penjelajah, salah satunya adalah Gua Sterkfontein. Apalagi Magaliesberg juga dikelilingi banyak bukit berbukit, sungai yang mengalir di pinggir jalan hingga air terjun.

Kegiatan lain yang bisa Anda nikmati adalah arung jeram atau perjalanan kapal pesiar. Sebagai gunung yang lebih tua dari Everest yang terkenal, Magaliesberg tentu saja merupakan rumah bagi kawanan hewan yang sangat beragam dari Afrika. Apa pendapat Anda tentang pegunungan yang menjadi cagar alam purba bagi setiap generasi baru di bumi ini?

5. Dataran Tinggi Guyana, Amerika Selatan

Dataran Tinggi Guyana
flickr.com

Guyana adalah salah satu gunung tinggi sekaligus gunung tertua di dunia yang terletak di Amerika Selatan. Usianya diperkirakan lebih dari 2,1 miliar tahun. Dataran ini meliputi daerah pegunungan rendah, dataran tinggi dan beberapa lereng bukit.

Puncak datar adalah salah satu ciri khas dataran tinggi Guyana. Siapa pun yang memutuskan untuk pergi ke sana pasti akan menemukan bagian dari Angel Falls, yang dikenal sebagai air terjun tertinggi di dunia.

Gunung tinggi ini adalah dataran tinggi dengan keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Ada berbagai jenis hewan, jumlahnya ribuan. Selain itu, Dataran Tinggi Guyana juga merupakan rumah bagi invertebrata, yang setengahnya bahkan belum teridentifikasi. Apakah menurut Anda Dataran Tinggi Guyana adalah salah satu tempat yang tidak biasa?

6. Black Hills, Amerika Serikat.

bukit hitam amerika
flickr.com

Black Hills adalah salah satu daerah pegunungan tertua di dunia, berusia sekitar 1,8 miliar tahun. Sebagai pegunungan tertua di Amerika Utara, Black Hills mencakup beberapa bagian pegunungan kecil.

Pegunungan dengan formasi geologi yang tidak biasa merupakan salah satu tempat berkumpulnya berbagai daerah datar yang patut dikunjungi. Masih banyak tempat menarik yang masih berada di kawasan Black Hills, seperti Gunung Rushmore yang merupakan monumen nasional dengan ukiran empat presiden Amerika Serikat.

Selain itu, ada Crazy Horse Memorial yang merupakan monumen untuk menghormati pemimpin penduduk asli Amerika, dan Jewel Cave National Monument yang menampilkan penjelajahan gua dengan sistem gua terbesar dan terkompleks di dunia. Ingin mencoba menjelajahi kawasan Black Hills Sobat GoTravelly?

7.St. Fran├žois, Amerika Serikat

Saint Franco adalah gunung tertua di dunia
flickr.com

St. Fran├žois berusia sekitar 1,5 miliar tahun, menjadikannya salah satu gunung tertua di dunia. Gunung yang berada di sisi tenggara Amerika ini memiliki puncak tertinggi di Gunung Taum Sauk dengan ketinggian 1.722 kaki.

Lanskap ini memiliki formasi batuan yang mengesankan yang sangat tidak biasa. Salah satu situs St. Francois yang terkenal adalah di Elephant Rocks State Park, yang menawarkan pemandangan tumpukan batu granit besar yang menyerupai gajah yang berkumpul.

Selain itu, ada Johnson’s Shut-Ins Park yang terkenal dengan seluncuran air alami dengan lubang renang yang besar. Panorama yang mengelilingi pegunungan paling purba di dunia ini sungguh luar biasa. Tidak ada satu sisi pun yang akan mengecewakan penampilan Anda. Anda tertarik untuk berkunjung ke sini?

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *