Tak hanya dikenal menawarkan beragam pilihan destinasi wisata, Anda juga bisa mencicipi beragam makanan lezat saat berkunjung ke Karanganyar. Ada banyak variasi masakan khas Karanganyar yang wajib kamu coba, mulai dari sop koral hingga sate landak yang unik. Penasaran? Berikut daftar 7 masakan khas Karanganyar yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Sate Kelinci

sate kelinci
sweetrip.id

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner sate, bukan? Biasanya sate dibuat dengan bahan utama ayam atau sapi, namun tidak dengan makanan khas Karanganyar ini. Sate kelinci adalah salah satu masakan yang bisa Anda temukan dengan mudah di Karanganyar. Seperti namanya, produk ini diolah dengan menggunakan bahan utama berupa daging kelinci.

Beberapa dari Anda mungkin bahkan belum pernah mendengar mencoba kuliner sate kelinci. Kuliner yang satu ini menyuguhkan cita rasa yang nikmat dan menggugah selera. Daging kelinci yang empuk dipadukan dengan bumbu yang melimpah pasti membuat ketagihan setelah mencobanya. Sajian kuliner ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000 per porsi.

2. Sate landak

sate landak
superapps.kompas.com

Tak kalah uniknya dengan sate kelinci, Anda juga bisa mencoba kuliner khas Karanganyar berupa sate landak. Secara kuliner, ini bisa terlihat sangat mengerikan bagi sebagian orang. Namun jangan salah, sate landak menawarkan cita rasa yang nikmat dan menggugah selera. Sekilas, sate ini tidak berbeda dengan sate pada umumnya.

Bagi Anda yang takut untuk mencoba sate landak, tidak perlu khawatir karena banyak orang mengatakan bahwa sate landak mirip dengan sate ayam. Gurih dan empuknya daging landak yang disajikan dengan lontong atau ketupat pasti akan membuat Anda ketagihan setelah mencobanya. Bumbu kacangnya yang lezat juga menjadi pasangan yang pas dan tidak boleh dilewatkan saat berada di Karanganyar.

Jika ingin mencoba sate landak yang unik ini, Anda tidak perlu mengosongkan dompet karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Satu porsi sate landak harganya sekitar Rp 20.000. Dengan cara ini Anda mendapatkan 10 tusuk sate landak yang disajikan dengan lontong atau ketupat. Sajian unik ini tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk Anda coba.

3. Ayam Goreng Karanganyar

ayam goreng Karanganyar
solopos.com

Di antara sekian banyak pilihan masakan khas Karanganyar, Anda bisa mencoba masakan ayam bakar yang lezat. Ayam bakar khas Karanganyar dikenal menawarkan rasa yang nikmat dan tekstur daging yang empuk. Salah satu daya tarik utama adalah proses memasak Ayam Bakar Karanganyar yang berbeda dengan ayam goreng pada umumnya.

Jika biasanya ayam bakar dibakar dengan cara ditaruh langsung di atas api, namun tidak pada ayam bakar khas Karanganyar. Ayam bakar ini pertama-tama ditempatkan di wajan khusus, dan api dinyalakan di bagian bawah. Proses penggorengan pasti membuat ayam matang merata.

Saat berkunjung ke Karanganyar, Anda tentu bisa dengan mudah menemukan tempat yang menyajikan masakan seperti ayam bakar. Bagi pecinta olahan ayam, Ayam Bakar khas Karanganyar tentu menjadi salah satu sajian terlezat yang tak boleh Anda lewatkan.

4. Soto Karang

sup karang
solo.tribunnews.com

Pernah dengar istilah kuliner Soto Karang? Soto Karang adalah sebutan untuk salah satu makanan khas Karanganyar yang dikenal unik dan menarik bagi Anda. Meski dikenal sebagai sop koral, masakan ini dibuat dengan bahan utama yaitu iga dan buntut.

Selain tampilan dan aromanya yang menggugah selera, soto koral juga menawarkan cita rasa yang nikmat dan membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya. Hidangan satu-satunya ini diolah dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah, sehingga memiliki rasa yang unik dan khas di daerah tersebut. Memiliki bawang goreng dan jeruk nipis tentunya menjadi pendamping yang pas untuk menikmati sop koral yang nikmat.

Makanan khas Karanganyar ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 25.000 per porsi. Cukup terjangkau bukan?

5. Ini bodoh

sangat bodoh
cookpad.com

Saat liburan di Karanganyar, tak ada salahnya menyempatkan diri berburu salah satu makanan khas Karanganyar, yaitu gagak ini. Shogo daw adalah hidangan nasi kukus yang gurih. Gadon atau ayam kukus, botok dan bonko atau lada kakang kemudian ditambahkan ke nasi gurih.

Sajian sederhana ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 per porsi. Meski terlihat sederhana, hidangan ini sebenarnya terasa luar biasa karena diolah dengan berbagai bumbu dan rempah pelengkap. Karena diolah dengan dibungkus daun pisang, tidak heran jika masakan ini memiliki cita rasa yang khas dan patut Anda coba.

6. Larva

kasar
tokopedia.com

Ada banyak variasi masakan khas Karanganyar yang patut Anda coba, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Grubi adalah salah satu rekomendasi tepat yang bisa kamu coba atau bawa pulang sebagai oleh-oleh. Hidangan ini diolah dengan menggunakan bahan utama berupa campuran ubi jalar dan gula aren. Saat Anda mencicipinya, Anda akan merasakan teksturnya yang renyah dan sedikit keras. Rasa manis adalah ciri khas dari kekasaran.

Grubi biasanya dipilih sebagai cemilan saat hari raya dan disajikan dengan secangkir teh atau kopi. Makanan ini bisa Anda beli di beberapa pusat perbelanjaan dan toko oleh-oleh di Karanganyar. Makanan ini dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik serta memiliki harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 16.000 per bungkus.

7. Ketek Balung

ketiak
shopee.co.id

Rekomendasi makanan khas Karanganyar lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Balung Kethek. Makanan ini memiliki nama unik yang berarti tulang monyet dalam bahasa Jawa. Namun meski disebut balung ketek, jajanan ini tidak terbuat dari tulang monyet, melainkan dari singkong atau ubi.

Setelah mencicipinya, Anda akan merasakan teksturnya yang renyah dan gurih. Singkong yang diiris tipis dan diolah dengan cara disangrai hingga empuk membuat ketagihan siapa saja yang mencicipinya. Balung kethek biasanya dijual dalam berbagai rasa seperti manis dan pedas.

Nah, itulah daftar 7 masakan khas Karanganyar yang patut Anda coba. Dari daftar di atas, hidangan mana yang paling menggugah selera dan ingin kamu coba?

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *