Saat berlibur di kepulauan Riau, Anda tak hanya bisa mengunjungi banyak destinasi wisata, tapi juga berburu oleh-oleh sebelum pulang. Cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang menarik untuk Anda bawa pulang untuk diberikan kepada keluarga dan kerabat di rumah. Apa pun? Di bawah ini adalah daftar 7 rekomendasi oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang harus Anda ketahui.

1. Kue Deram

kue gila
culture-indonesia.org

Mencari oleh-oleh khas kepulauan Riau, tak ada salahnya membeli kue deram. Kue ini memiliki tampilan yang khas dan biasa disebut dengan taburan. Kue ini juga dikenal sangat melegenda karena sudah ada sejak zaman Kerajaan Melayu. Sampai saat ini cara pembuatan kue deram masih sangat tradisional dan resepnya juga diturunkan dari generasi ke generasi.

Sekilas kue ini berbentuk seperti donat, bulat dan berlubang di tengahnya. Saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Kue deram dibuat dengan beberapa bahan seperti tepung beras dan gula merah. Kue ini tentunya bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh khas kepulauan Riau.

2. Laras buruk

tongkat yang buruk
batam.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Kepulauan Riau berikutnya yang juga tak kalah menarik untuk dicoba adalah bad stem. Bad rod merupakan makanan jajanan dengan tampilan yang sangat unik dan khas. Makanan pembuka ini bisa dengan mudah ditemukan pada hari-hari besar, seperti Idul Adha. Dengan tampilannya yang unik dan rasanya yang enak, tak heran semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai jajanan yang satu ini.

Bad rod terbuat dari beberapa bahan seperti susu, kacang hijau, gula, dan tepung. Saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan rasa manis dan tekstur yang nyata. Pembuka ini disajikan dalam potongan kecil dan siap disantap. Warna putih yang berasal dari gula rafinasi merupakan ciri bagian luar batang yang jelek.

Jajanan ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di kepulauan Riau. Batang badak juga biasanya dikemas dalam kemasan yang praktis dan menarik sehingga bisa dibawa pulang untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah.

2. Luti Gendang

drum kecapi
budaya.kemdikbud.go.id

Pernahkah Anda mendengar istilah kecapi drum? Luti Gendang merupakan makanan khas dan oleh-oleh khas Kepulauan Riau yang wajib Anda coba. Makanan ini umumnya mirip dengan roti goreng. Namun yang membedakannya adalah lüti gendang disajikan dengan isian tuna yang manis dan pedas. Perpaduan antara roti dan olahan tuna tentu memanjakan lidah.

Diketahui juga bahwa gendang luti bertahan cukup lama, hingga 4 hari. Oleh karena itu, makanan ini sangat ideal untuk dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kue ini bisa Anda beli di kios-kios kecil dan toko souvenir di Kepulauan Riau.

Meski dikenal sangat aneh, namun Anda tidak perlu khawatir karena gendang kecapi dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp2.000 per buah. Suka, penasaran dan ingin mencobanya kan?

3. Tepung Gomak

tepung homak
cookpad.com

Oleh-oleh khas Kepulauan Riau selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah tepung homak. Suvenir ini akan menjadi camilan yang enak selama liburan. Pung biasanya disajikan dengan secangkir teh atau kopi.

Produk ini diolah dengan menggunakan bahan utama berupa tepung kacang tanah. Proses pembuatannya yang masih sangat tradisional dan tanpa mesin juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain enak, Anda juga bisa merasakan sensasi nikmat dan aroma khas dari jajanan ini.

Tepung homak bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kepulauan Riau. Pakan ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5000 per biji. Tepung gomak juga sangat cocok untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena kegunaan dan bentuknya yang unik, tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mencobanya.

4. Billis Roll

uang kertas yang digulung
dapur-teh-enur.blogspot.com

Saat berlibur di kepulauan Riau, tak ada salahnya berburu oleh-oleh sebelum pulang. Gulungan merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Jajanan ini juga dikenal dengan sebutan angko bilis atau bilis tertutup.

Saat mencoba jajanan ini, Anda akan dimanjakan dengan tekstur renyah dan renyah di luar. Rasanya yang lezat juga akan membuat Anda ketagihan dan tidak bisa berhenti menggunakannya. Salah satu daya tarik utamanya adalah gulungan yang dibuat dengan cara tradisional tanpa menggunakan mesin. Jajanan ini juga dibuat menggunakan racikan santan asli sehingga Anda tidak perlu lagi membuat suguhan.

Roll beater biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 60.000 per kilo. Jajanan ini bisa Anda cari di berbagai toko kue dan oleh-oleh yang ada di kepulauan Riau.

5. Kerupuk atom

kerupuk atom
jiansedap.grid.id

Pernahkah Anda mendengar tentang kerupuk atom? Kerupuk atom merupakan jajanan yang juga banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh khas Kepulauan Riau. Jajanan ini diolah dengan menggunakan bahan utama berupa ikan tongkol yang tumbuh di pulau Anambas, dipadukan dengan tepung dan bumbu lainnya. Setelah mencicipinya, Anda akan dimanjakan dengan rasa gurih dan aroma khas ikan.

Baca juga:

11 wisata kepulauan Riau yang salah satunya menampilkan ribuan arca

Cemilan ini tidak hanya cocok untuk dikonsumsi langsung, namun sering dijadikan sebagai lauk saat makan. Anda bisa membeli kerupuk atom dari beberapa supermarket dan toko oleh-oleh di kepulauan Riau. Kemasannya yang praktis dan menarik juga membuat makanan ringan ini wajib Anda bawa pulang.

6 Lopek Boogie

lopec boogie
tribunpekanbarutravel.tribunnews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Kepulauan Riau selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah lopek boogie. Lopek Bugi merupakan makanan dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang akan membuat Anda ketagihan setelah mencobanya. Makanan ini dibuat dengan bahan utama beras ketan, sehingga tidak heran jika teksturnya sedikit lengket.

Baca juga:

10. Wisata Alam di Riau Mantranya Menakjubkan

Lopek Bougie memiliki tampilan yang sangat khas, dibungkus dengan daun pisang. Seiring berjalannya waktu, boogie lopec yang dibungkus plastik kini dapat ditemukan. Karena diolah dengan cara tradisional, makanan ini dikenal cukup tahan lama.

Baca juga:

Ayo! Jelajahi 10 pulau cantik di kepulauan Riau

Makanan tradisional ini menawarkan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 3.000 per biji. Tertarik untuk berbelanja sambil mengunjungi kepulauan Riau?

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *