7 Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan yang Wajib DiKunjungi

Solo dikenal sebagai daerah yang menawarkan banyak pilihan destinasi wisata. Maka dari itu, tak heran jika Solo kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju Solo, salah satunya adalah kereta api. Tak jauh dari stasiun Solo Balapan, Anda bisa mengunjungi beberapa wisata cantik. Penasaran? Berikut daftar 7 tempat wisata di dekat Stasiun Solo Balapan yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Kampung Batik Laveyan

Kampung Batik Laveyan
solo.co.id

Kampung Batik Laweyan mungkin bisa menjadi rekomendasi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari wisata di dekat Stasiun Solo Balapan. Seperti namanya, tempat ini merupakan kampung batik yang kini banyak dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Daerah ini juga dikenal sebagai salah satu kampung batik tertua di Indonesia.

banner 728x90

Kampung Batik Laveyan bisa Anda kunjungi di Jalan Dr. Rajaman No. 521. Dari stasiun Solo Balapan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai kampung batik ini. Pengunjung tidak hanya bisa membeli batik dengan berbagai motif, tapi juga melihat dan mencoba proses pembuatannya. Bukankah itu sangat keren?

Kampung Batik Laweyan menawarkan beberapa teknik membatik seperti batik tangan dan batik cap. Pengunjung akan merasa seperti di rumah sendiri dengan keseruan yang ditawarkan di kampung batik ini. Menghabiskan waktu liburan mencicipi nuansa batik di Kampung Batik Laweyan tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba.

2. Pasar Semanggi

pasar semanggi
bolatimes.com

Selain menjelajahi batik di Kampung Batik Laweyan, Anda juga bisa berbelanja di pasar populer Solo, Pasar Klewer. Mall ini juga sering dikenal sebagai salah satu tempat wisata di dekat stasiun Solo Balapan yang sering menjadi tujuan wisata. Untuk mengunjunginya, Anda bisa langsung menuju Jalan Dr Radjiman No. 5A, Gajahan, Pasar Klivon, Solo.

Pasar ini dikenal menawarkan barang-barang jadi. Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh seperti batik, kaos, blangkon dan aksesoris lainnya. Ada beragam motif dan jenis batik yang bisa Anda pilih sesuai selera. Anda juga bisa membeli batik sebagai kain atau siap pakai. Selain kelengkapan, harga barang yang ditawarkan di Pasar Klewer juga dikenal terjangkau.

Pasar ini tidak hanya dikunjungi oleh banyak penduduk setempat, tetapi juga oleh wisatawan dari berbagai daerah. Pasar Semanggi ada dan diresmikan sejak tahun 1970 oleh presiden pertama Indonesia, Sukarno.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat
sanjayatour.com

Tidak perlu jauh-jauh, Anda bisa mengikuti tour di dekat stasiun Solo Balapan yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat. Tur ini sangat ideal untuk pecinta tempat wisata sejarah. Selain dikenal sebagai Keraton Surakarta Hadiningrat, keraton ini juga dikenal sebagai Keraton Solo.

Kawasan yang telah menjadi situs cagar budaya ini didirikan oleh Pakubuwana II pada tahun 1744. Memadukan gaya Eropa dan Jawa, Keraton Surakarta Hadiningrat menarik perhatian wisatawan. Keraton ini juga memiliki perpaduan warna yang khas, yaitu biru dan putih.

Meski bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat sudah ada sejak lama, namun masih megah dan terawat. Anda juga bisa menemukan museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah. Selain traveling, kamu juga bisa belajar banyak hal baru. Jaraknya yang dekat dengan Stasiun Solo Balapan juga membuat wisata sejarah ini sayang untuk dilewatkan.

4. Alun-alun Selatan Surakarta

alun-alun
Travel.kompas.com

Tak jauh dari kompleks keraton Surakarta Hadiningrat, Anda juga bisa mengunjungi Alun Alun Kidul. Kawasan ini juga menjadi salah satu objek wisata di dekat stasiun Solo Balapan yang menarik untuk Anda kunjungi. Selain area yang luas, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai pilihan aktivitas dan permainan di Alun Alun Kidul.

Mengajak keluarga, sahabat, dan anak-anak untuk berlibur di Alun Alun Kidul Surakarta tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Selain bersantai dan bermain game, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner dan jajanan di sekitar Alun Alun.

Surakarta Kidul Alun bisa Anda kunjungi di Jalan Gading, Gajahan, Pasar Kliwon. Salah satu hal menarik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah naik andong di sekitar Alun Alun. Tidak ada salahnya berkunjung ke Solo jika Anda memutuskan untuk berlibur dan bersantai di Alun Alun Kidul.

5. Taman Srivedari

taman srivedari
Yogyakarta.kompas.com

Ada banyak pilihan wisata menarik di dekat Stasiun Solo Balapan, salah satunya adalah Taman Srivedari. Taman ini sudah lama dibangun, tepatnya pada tahun 1899. Sebelumnya, taman ini hanya berupa taman kota. Pada tahun 1901, Taman Srivedari berubah menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Taman Srivedari juga merupakan kawasan bersejarah, dulu dikenal sebagai Taman Raja. Untuk mengunjungi taman ini, Anda bisa menuju Jalan Slamet Riyadi No. 275, Laveyan, Kota Surakarta.

Di taman ini Anda juga bisa mengunjungi Museum Radya Pustak, gedung Wayang Orang, gedung teater wayang kulit dan kebun binatang mini. Penuh kan?

6. Benteng Wastenburg

benteng Westenburg
kompas.com

Namun, soal tempat bersejarah, wisata dekat stasiun Solo Balapan berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Benteng Wastenbug. Benteng ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun sejak tahun 1745. Sebelumnya, benteng ini digunakan Belanda untuk mengawasi keraton Surakarta Hadiningrat.

Benteng Wastenbug yang terbengkalai pada awal abad ke-20, kini aktif kembali setelah dilakukan renovasi pada tahun 2010. Benteng Wastenbug juga masuk dalam daftar situs cagar budaya. Bentuk bangunannya yang unik dan megah membuat benteng ini sukses menarik perhatian para wisatawan.

Untuk mengunjungi Benteng Wastenbug, Anda hanya perlu berkendara sekitar 2,5 kilometer dari stasiun Solo Balapan. Benteng ini terletak di kecamatan Kedung Lumbu, kecamatan Pasar Kliwon, kota Surakarta.

7. Museum Batik Danara Hadi

Museum batik Danar Hadi
kompas.com

Rekomendasi wisata dekat Stasiun Solo Balapan lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Batik Danar Hadi. Museum ini sudah ada sejak tahun 1967 dan dikenal menyajikan berbagai koleksi batik dengan kualitas terbaik. Selain itu, batik yang ditampilkan di museum ini juga berasal dari berbagai daerah. Anda bisa menemukan batik asli Keraton, batik Cina, batik Jawa Hokokai, batik Sumatera dan masih banyak lagi.

Museum Batik Danara Hadi telah terdaftar di MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak, dengan 1.000 benang. Motif dan warna yang berbeda juga menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, itulah daftar 7 wisata populer dekat stasiun Solo Balapan yang bisa kamu kunjungi. Saat Anda berkunjung ke Solo, wisata mana yang paling Anda inginkan?

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *