Kalimantan Utara adalah nama salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Saat berlibur di kawasan Kalimantan Utara, Anda tidak hanya bisa mengunjungi banyak tempat wisata, tetapi juga memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum meninggalkan rumah. Ada banyak ragam oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang harus Anda ketahui. Penasaran? Ini daftarnya.

1. Ikan asin pipih

ikan asin pipih
selebriti.id

Saat berlibur di daerah Kalimantan Utara, tak ada salahnya berburu oleh-oleh sebelum pulang. Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang bisa dibawa pulang adalah ikan asin pipih. Seperti namanya, ikan ini diawetkan dengan cara pengasinan. Bentuk ikannya yang khas, pipih, juga unik.

Ikan asin pipih terbuat dari ikan pepia, sejenis ikan duri lunak yang digemari masyarakat Kalimantan Utara. Selain diburu untuk kesenangan langsung, ikan asin pipih juga diburu sebagai oleh-oleh.

Ikan ini diyakini bisa disimpan dalam waktu lama dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp25.000. Anda bisa memasak ikan asin pipih dan menyajikannya dengan nasi hangat. Sekali coba dijamin ketagihan.

2. Kepiting Kaltara Goreng

kaltara kepiting goreng
fr.foursquare.com

Jika sebagian dari Anda familiar dengan istilah ayam goreng, pernahkah Anda mendengar jajanan kepiting goreng? Kepiting goreng merupakan makanan ringan yang juga banyak dicari sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara. Seperti namanya, hidangan pembuka ini adalah olahan kepiting lunak yang digoreng.

Anda bisa menikmati olahan jus kepiting beserta cangkangnya. Sebelum digoreng, kepiting terlebih dahulu dibersihkan dan ditaburi tepung yang dicampur dengan biji wijen. Untuk menikmatinya, Anda perlu menyiapkan biaya kurang lebih Rp 90.000. Harga ini tergolong murah, mengingat bahan baku kepiting soka sudah sangat mahal.

Anda bisa membeli kepiting goreng dari berbagai toko oleh-oleh dan pedagang asongan di Kalimantan Utara. Kepiting goreng biasanya dijual setengah matang dan bisa digoreng kembali hingga empuk sebelum dikonsumsi. Produk ini juga dapat disimpan di dalam freezer sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan kepiting goreng favorit anak-anak maupun orang dewasa.

3. Dodol rumput laut

dodol rumput laut
ntb.idntimes.com

Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, Anda akan menjumpai beragam olahan rumput laut yang bisa disantap, salah satunya adalah dodol rumput laut. Makanan ini juga banyak diminati sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Utara untuk dibawa pulang. Dodol rumput laut dikenal tidak hanya enak, tetapi juga kaya nutrisi sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Meskipun ganggang dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kalimantan Utara. Biasanya jajanan ini dikemas dalam kemasan yang praktis dan menarik. Anda juga bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau.

Dodol rumput laut sangat cocok sebagai oleh-oleh yang bisa dipersembahkan untuk kerabat dan teman di rumah. Rasanya yang manis dan tampilannya yang berwarna-warni membuat dodol ini sayang untuk dilewatkan.

4. Sate Temberd

sate burung
idntimes.com

Diantara sekian banyak oleh-oleh khas Kalimantan Utara, sate temberd memang unik dan menarik untuk Anda. Sate ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa kerang yaitu hewan laut seperti kerang.

Yang membedakan kayu dengan moluska lainnya adalah bentuk cangkangnya yang bulat menyerupai pipa. Selain cocok untuk dikonsumsi langsung di Kalimantan Utara, tusuk sate temburan juga banyak dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Rasanya yang lezat dan tekstur daging yang khas akan membuat Anda ketagihan setelah mencobanya.

Sate Tembi biasanya disantap saat malam tahun baru. Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, tak ada salahnya menghabiskan waktu berburu dan mencicipi kelezatan burung yang satu ini.

5. Jus Kepiting Abon

jus kepiting yang dihancurkan
shopee.co.id

Selain diolah menjadi rajungan goreng, rajungan juga diolah menjadi rajungan dengan rasa yang nikmat dan gurih. Serbuk sari kepiting merupakan salah satu bahan makanan, juga oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang banyak diminati wisatawan. Betapa tidak, makanan ini memiliki rasa dan kelembutan yang berbeda dari daging cincang pada umumnya.

Jus kepiting tumbuk sangat cocok untuk dikonsumsi langsung atau sebagai lauk saat makan. Abon kepiting soka biasanya dijual dalam kemasan yang praktis dan menarik, sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang memilihnya sebagai oleh-oleh. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kalimantan Utara. Ingin mencoba?

6. Bandeng Amlang

ikan bandeng
directenak.com

Amlang merupakan makanan yang tidak terpisahkan dari daerah Kalimantan. Banyak jenis amplang yang ditawarkan, salah satunya adalah amplang bandeng. Amlang bandeng dapat dengan mudah ditemukan di Kalimantan Utara. Salah satu oleh-oleh khas dari Kalimantan Utara ini dikenal memiliki tekstur yang renyah serta rasa dan aroma yang khas.

Ikan bandeng amplung bisa Anda temukan dengan mudah di toko oleh-oleh khas Kalimantan Utara. Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini hadir dalam kemasan yang praktis dan menarik. Amlang bandeng bisa dijadikan camilan saat santai atau sebagai pendamping saat makan.

Saat berkunjung ke Kalimantan Utara, jangan lupa berburu ikan bandeng amlang sebelum pulang.

7. Udang kering

udang kering
tokopedia.com

Selain ikan asin pipih, udang kering juga menjadi salah satu oleh-oleh menarik dari Kalimantan Utara yang bisa Anda bawa pulang. Karena dijual kering, makanan ini bisa disimpan cukup lama. Tidak hanya sangat dicari oleh penduduk setempat dan wisatawan, udang kering juga merupakan bahan makanan yang diekspor ke luar negeri. Sangat menarik bukan?

Udang kering bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dibuat berbagai masakan lezat dari udang kering tersebut. Tekstur dan rasanya yang khas pasti bikin ketagihan.

8. Sate ikan pari

sate ikan pari
cookpad.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Kalimantan Utara lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sate ikan pari. Seperti namanya, sate ikan pari dibuat dengan menggunakan ikan pari sebagai bahan utamanya. Ikan ini banyak dijumpai di daerah aliran sungai Sesayap yang merupakan sungai utama di bagian utara Kalimantan Timur.

Olahan sate ikan pari terbuat dari daging ikan pari tanpa kulit. Sajian dengan bumbu dan rempah spesial ini pasti bikin ketagihan. Selain populer di kalangan warga sekitar, sate ray juga banyak diminati wisatawan.

Nah, itulah daftar 8 oleh-oleh khas Kalimantan Utara yang harus kamu tahu. Dari rekomendasi di atas, oleh-oleh mana yang paling ingin kamu bawa pulang saat berkesempatan datang ke Kalimantan Utara?

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *