Kota Batu ( Klikbatu. id) ; Ratusan orang dalam Himpunan Spiritual Jawa Timur gelar tumpengan dan doa bersama di padepokan citra yang berada di Gunung Banyak Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sabtu ( 25/01/2024) malam.

Kegiatan tersebut yang dihadiri oleh puluhan dari Jawa Timur maupun dari berbagai spiritual yang ada di Indonesia.

Guna menunggu waktu pelaksanaan tumpengan dan doa bersama, salah satu tokoh spiritual Jawa Timur Mbah Gimbal memberikan pembelajaran terkait menyatu dengan alam salah satunya untuk mengusir hawa dingin.

Yang Mulia Jovan sebagai Pembina Himpunan Spiritual Nusantara menyambut positif kegiatan yang diinisiasi ini, menurutnya, berbagai ikhtiar lahiriah untuk mewujudkan pemilu damai, harus diiringi pula dengan ikhtiar spiritual.

“Jadi harus seiring sejalan. Tidak bisa dipisahkan antara doa dan ikhtiar,” kata Jovan

Perhimpunan Spritual Nusantara ini dari berbagai daerah di Jawa Timur, dan merekapun sudah melaksanakan kegiatan serupa belum lama ini di berbagai daerah. Ikhtiar lahiriah dan spiritual, diharapkan akan membantu melahirkan pemimpin bangsa yang amanah dan membawa kemajuan bagi bangsa.

“Kita akan melaksanakan pesta demokrasi, pesta dalam rangka untuk memilih para pemimpin bangsa Indonesia. Kalau pesta kan hendaknya bahagia, bukan kemudian menimbulkan suatu konflik,” ujar Robian selaku Ketua

Menurut Robian Jumlah penduduk di Jawa Timur ini banyak merupakan tantangan tersendiri. Pemerintah bersama stakeholder terkait harus betul-betul mengawal, agar berbagai kerawanan, seperti provokasi, hoaks dan ujaran kebencian, bisa diminimalisasi.

Oleh karena itu, baik pemerintah daerah, TNI/ Polri, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat, perlu melakukan kolaborasi.

“Kita perlu suatu kebersamaan untuk menciptakan suasana pelaksanaan pemilu dan pilkada ini, dapat berjalan dengan baik, supaya pemilu ini dapat berjalan dengan sejuk, damai, dan kondusif,” terang dia.

Jovan menambahkan Indikator lain yang menjadi penanda kesuksesan pemilu, menurut Yang Mulia Jovan adalah tidak terjadi konflik yang merusak persatuan, dan roda pemerintahan dari pusat sampai daerah, berjalan dengan baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

( Wic)

Editor Irfan hadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *