Kota Batu ( Klikbatu.id ) ; Pemkot Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup gelar pelatihan dan sosialisasi pengelolaan sampah dengan tema ” Kunci Sukses Mengelola TPST3R dan Maggot BSF Solusi Atasi Sampah Organik Tahun 2023 di gedung Srikandi desa Tlekung kecamatan Junrejo kota Batu. Rabu (31/5/2023 ).

Kegiatan yang diinisiasi dan dibuka langsung oleh Agung Sugiono anggota DPRD kota Batu Daerah Pilihan kecamatan Junrejo ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) yang di oleh Sekretaris Drs Parman, Kepala Desa Tlekung Mardi, kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Batu Pepeng, Anggota Bank Sampah desa Tlekung, dan masyarakat desa Tlekung.

Selain itu, guna memberikan pelatihan penangan sampah di desa Tlekung ini juga menghadirkan narasumber Yusuf Karyawan dari Bank Sampah Eltari M-230 kota Malang Jawa Timur dan Rohman Mulyoadi pengelolaan TPST3R dari Tumpang yang sukses membudidaya maggot.

Agung Sugiono anggota DPRD kota Batu menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk penanganan sampah di kota Batu.

” Saat ini di kota Batu sampah menjadi perhatian khusus, maka dari itu perlu penanganan yang khusus pula.

 

Perlu adanya tindakan alternatif, salah satunya dengan diadakannya pelatihan dan sosialisasi pengelolaan sampah seperti saat ini.

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber yang sudah berkompeten menangani sampah, salah satunya dengan budidaya maggot yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

Dan budidaya maggot ini membutuhkan sampah organik, dengan harapan masyarakat desa Tlekung bisa memilah sampah organik dan organik karena dengan memilah sampah tersebut bisa memiliki nilai jual. Dengan kata lain merubah sampah menjadi berkah “, jelasnya

Selain itu untuk penangan sampah, Agung juga menyampaikan bahwa melalui pokir dirinya akan menyediakan TPST3R.

” Tadi setelah saya berdiskusi dengan kepala desa Tlekung ternyata di desa Tlekung ini belum memiliki TPST3R untuk itu melalui pokir saya pada tahun 2024 nanti saya akan anggarkan untuk pengadaan TPST3R “, tegasnya.

Disampaikan oleh Kepala DLH kota Batu melalui Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) kota Batu Drs Parman bahwa kegiatan ini merupakan inisiasi dari bapak Agung Sugiono anggota DPRD kota Batu.

Melalui Pokirnya, bapak Agung mengusulkan terkait Pelatihan Dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah di desa Tlekung ini.

” Dalam kegiatan pada hari ini, khususnya penanganan sampah organik.

Karena sampah organik sangat mengganggu terutama dengan masalah bau dan air lidinya.

Dan ternyata sampah organik ini sebenarnya bisa di olah untuk budidaya maggot, dan maggot ini memiliki nilai jual tinggi karena dibutuhkan para peternak ikan maupun hewan unggas untuk proses pengemukan.

Dengan menghadirkan narasumber ini diharapkan masyarakat desa Tlekung bisa ikut membudidayakan maggot.

Para narasumber yang dihadirkan pada pelatihan ini sukses membudidayakan maggot dengan memanfaatkan sampah organik”, tegasnya.

( Hr )

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *