Air Terjun Banyunibo menjadi pilihan terbaik untuk wisata alam merasakan kesegaran dan kesejukan perpaduan antara air terjun dan hutan yang asri.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00-16.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Sanggrakhan II, Muntuk, Kek. Panjang, taksi. Bantul, D.I. Yogyakarta; Map: Pemeriksaan lokasi

Keindahan wisata air terjun tidak ada salahnya untuk menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di Bantul, Yogyakarta ada wisata menarik yaitu air terjun Banyunibo. Wisata ini cukup terkenal dengan keindahan air terjunnya yang tidak biasa.

Karena keindahannya tersebut, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Itu dimuat tidak hanya pada hari libur, tetapi juga pada hari kerja. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang memberikan sensasi berbeda dari biasanya.

Wisata air terjun dengan pesonanya yang memikat ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta. Cari tahu lebih banyak tentang wisata alam ini sehingga wajib Anda kunjungi saat berada di Yogyakarta.

Atraksi Air Terjun Banyunibo

Air Terjun Banyunibo
Kredit Gambar: Catur Google Maps Supriyanto

Tempat yang terkesan asri dengan air terjunnya akan memberikan perasaan segar sekaligus tenang. Dan masih banyak lagi objek wisata yang membuat para wisatawan terpesona yaitu :

1. Keindahan air terjun

Air terjun yang berada di kawasan Bantul Yogyakarta ini bisa dibilang sangat menawan, sehingga siapapun yang melihatnya pasti akan penasaran. Banyak wisatawan melihat air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena berbeda dengan kawasan wisata alam lainnya.

Menariknya, bentuk dari air terjun ini bukan sekedar air terjun, karena air yang jatuh akan terlihat seperti sedang melewati bebatuan yang sangat indah.

2. Terletak di tengah hutan yang asri

Air Terjun Banyunibo terletak di tengah hutan yang asri. Kesejukan pepohonan akan sangat menyenangkan. Bahkan wisatawan yang datang ke sini pagi-pagi atau bermalam di sini pun bisa merasakan kesejukan embun pagi.

Dikelilingi pepohonan rindang membuat nuansanya sangat menarik dan membuat Anda ingin berlama-lama di kawasan wisata ini. Karena tempatnya jauh di dalam hutan, jauh dari polusi dan udaranya sangat segar.

3. Lokasi foto alam terbaik

Perpaduan antara air terjun dan pepohonan hutan sungguh sangat indah dan menawan. Wisatawan akan mendapatkan zona foto natural terbaik dengan warna kontras pepohonan hijau dan cokelat dengan air seputih salju dari air terjun.

Pilih sudut yang tepat untuk mendapatkan foto yang bagus. Jangan lupa bagikan hasil jepretannya di media sosial agar banyak orang terkagum-kagum melihat foto-foto cantik tersebut.

4. Ada warung sederhana

Menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun memang sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda melakukannya sambil bersantai dan minum kopi panas atau teh panas di warung-warung setempat. Warung-warung tersebut menambah daya tarik karena wisatawan merasa betah berlama-lama di tempat ini.

5. Menjaga kebersihan

Meski merupakan kawasan alami, namun kebersihan tetap terjaga di sini, karena penduduk setempat sangat menjaga kawasan wisata ini. Oleh karena itu, pilihan terbaik jika wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini adalah merasakan kesegaran air terjun dan nuansa hutan yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Banyunibo
Kredit Gambar: Google Maps Susilo Samuan

Tempatnya sendiri berada di kawasan pajangan Bantul Yogyakarta yaitu Kabrokan Kulon desa Sendangsari. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Kurug Banyunibo dan Candi Banyunibo.

Rute yang bisa anda tempuh jika ingin ke tempat wisata ini dimulai dari kota Jogya kemudian menuju ke arah Jalan Wonosari lalu ke Bukit Bintang kemudian sesampainya di perempatan polsek Patuk anda tinggal mengikuti jalan tersebut. Kemudian tiba di desa wisata Bobung dan ikuti petunjuk arah sampai tujuan.

Atau, jika tidak ingin salah jalan, Anda bisa memanfaatkan bantuan Google Maps. Caranya dengan mengetik Air Terjun Banyunibo dan kemudian Anda akan diberikan rute tercepat dan terbaik menurut versi Google Maps.

Harga tiket masuk ke alam

Tak perlu bingung dengan budget yang dikeluarkan untuk masuk ke kawasan wisata ini. Wisata ini tidak memiliki tiket masuk atau gratis, sehingga wisatawan dapat mengunjungi kawasan tersebut kapan saja tanpa mengeluarkan budget.

Hanya saja ada biaya parkir yang bisa disebut normal dan wajar. Parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10.000.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Banyunibo

Aktivitas Menarik di Air Terjun Banyunibo
Kredit Gambar: Rizal Bulug Google Maps

Berkunjung ke kawasan wisata alam memiliki keseruan tersendiri karena Anda benar-benar bisa merasakan kesegaran dan keindahannya. Jadi jangan lewatkan aktivitas seru yang bisa dilakukan di air terjun ini, seperti:

1. Bermain air di air terjun

Di kaki air terjun, Anda bisa bersenang-senang bermain air. Bahkan wisatawan pun bisa berenang di sini. Jika Anda melakukannya dalam kelompok, itu akan sangat menyenangkan. Tak hanya itu, bermain air di cuaca yang hangat akan menyegarkan tubuh Anda.

Untuk bermain air di air terjun memang harus aman dan nyaman. Kenakan pakaian yang layak dan setelah selesai, segera bilas dengan air bersih. Anak-anak dan orang dewasa pasti akan menikmati kegiatan ini.

2. Perjalanan yang menyenangkan

Lokasi air terjun memang tidak dekat dengan tempat parkir yang disediakan sehingga harus berjalan kaki beberapa meter. Namun, di Air Terjun Banyunibo jaraknya yang terbilang dekat hanya membutuhkan 100 meter saja.

Perjalanan ini akan sangat menyenangkan, karena Anda bisa melihat rerimbunan pepohonan yang rindang. Ditemani angin sepoi-sepoi yang sangat menyegarkan, Anda bisa mengikuti jalan setapak yang bisa menuju ke air terjun cantik ini.

3. Melacak, lalu lintas roaming dan keluar

Kawasan Air Terjun Banyunibo ternyata banyak digunakan wisatawan untuk aktivitas menarik seperti trekking, cruise dan outing. Memang, venue untuk acara ini sudah disiapkan dengan baik oleh manajemen.

Namun, karena ini adalah hutan belantara, wisatawan bebas melakukan apa yang mereka sukai. Anda tetap harus berhati-hati saat melakukan aktivitas berisiko ini.

4. Santai

Berkat alamnya yang indah, Anda bisa menghilangkan penat dan bersantai di pinggiran air terjun ini. Atau bisa juga bersantai di warung-warung kecil sambil menikmati kopi panas atau teh hangat. Menyaksikan kehebohan yang dilakukan wisatawan di kawasan air terjun.

5. Ambil gambar

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di kawasan wisata alam ini. Tentu saja latar belakang air terjun dengan hutan rindang membuat foto semakin estetik. Mengapa? Tempat di air terjun ini sangat indah dan bagus, bahkan berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan Air Terjun Banyunibo
Kredit Gambar: Google Maps FT17B_ Asep Pujangga

Air terjun cantik di Yogyakarta ini memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk kenyamanan wisatawan. Meski ini wisata alam, namun kebersihannya tetap terjaga dan pelayanannya cukup lengkap, seperti:

  • Kamar Mandi (CUP)
  • Parkir mobil yang luas
  • Musholla
  • Zona istirahat
  • warung makan
  • Dan banyak lagi.

Jika Anda mengikuti wisata Air Terjun Banyunibo, jangan lupa untuk menyiapkan barang-barang pribadi seperti obat-obatan, baju ganti, makanan, dan gunakan sandal dengan sol anti slip. Kenyamanan saat bepergian sangat penting untuk pengalaman yang menyenangkan.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *