Harga tiket: Rp4.000 Jam kerja: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Prahu Dipo, Kek. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Air Terjun Indus Lematang merupakan salah satu wisata alam Sumatera Selatan yang berada di Kabupaten Pagar Alam. Tempat yang sepi dengan udara yang sejuk menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang datang ke sini. Selain itu, alasan lainnya tentunya adalah pesona air terjun itu sendiri yang sangat indah dan menakjubkan.

Seperti air terjun pada umumnya, dikelilingi oleh banyak semak belukar. Ini tidak hanya membuat lanskap lebih hijau, tetapi juga menciptakan suasana yang menenangkan. Belum lagi bebatuan yang berserakan di sekitar air terjun, terlihat begitu eksotis meski tidak tertata rapi.

Air terjun yang berada di kota Pagaralam ini memiliki sebuah kolam yang menjadi tempat penampungan aliran air. Pada titik-titik tertentu, kolam ini terlihat sangat transparan dengan semburat kebiruan. Namun saat musim hujan atau saat debit air sedang tinggi, warna kolam menjadi tidak begitu indah. Namun kesegarannya tetap sama dan pengunjung betah memainkannya.

Daya tarik Air Terjun Lematang yang indah

Daya tarik Air Terjun Lematang yang indah
Kredit Gambar: Google Maps Kenny Sudharto (pangerajayakusuma)

Disebut juga air terjun Lematang Indus, tentunya memiliki banyak keindahan. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, selain itu banyak hal menarik lainnya yang terdapat disini. Sebelum mengunjungi tempat wisata, ada baiknya Anda menyimak beberapa ulasan berikut ini untuk mendapatkan sedikit gambaran!

1. Air Terjun Lematang Indah Eksotis

Air terjun ini terkenal dengan keindahannya yang eksotis dan alami. Hal ini terlihat dari vegetasi hijau yang tumbuh subur, mulai dari semak belukar, tumbuhan liar hingga semak belukar di sekitar air terjun. Di ketinggian sekitar 40 meter, keindahannya semakin terasa seiring gemuruh air yang jatuh bak nyanyian alam.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Indus Lematang memiliki kolam alami yang bersih dan sejuk. Pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air sambil mengagumi pemandangan hijau yang mengelilinginya. Namun, kehati-hatian disarankan karena kedalaman pusat tidak diketahui.

Uniknya, air terjun ini selalu mengalir dan tidak pernah surut, bahkan di musim kemarau sekalipun. Dengan demikian, bisa diartikan wisata unik ini bisa dikunjungi kapan saja, tidak mengenal waktu. Namun waktu terbaik untuk menikmati segala pesonanya adalah musim kemarau. Mengingat perjalanannya tidak mudah, tidak disarankan untuk mengunjunginya saat musim hujan.

2. Keindahan alam yang menawan

Bukan hanya karena eksotisme alam air terjun Lematang Indus yang menjadi daya tarik tersendiri, tetapi juga karena keindahan alam sekitarnya. Ada banyak pohon dan tanaman hijau di sekitar air terjun. Vegetasi yang masih sangat alami ini membuat pemandangan di sekitar air terjun semakin indah dan menyejukkan mata.

Perpaduan pepohonan hijau dengan bebatuan yang tersebar di beberapa titik tampak tak biasa. Anda mungkin tidak melihat jenis ini di tempat lain. Apalagi suara gemercik air terdengar, suasana alam dan damai semakin terasa. Suara air terjun ini terdengar jelas meski dari kejauhan dan memberikan kesan tenang dan tentram.

3. Berkemah

Daya tarik Air Terjun Lematang Indus selanjutnya adalah adanya tempat khusus berkemah atau biasa disebut bumi perkemahan. Tempatnya cukup luas, fasilitasnya terbilang sangat lengkap. Dengan suasana alam yang masih sangat orisinil dan keindahan alam yang memukau, camping di sini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Selain itu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di malam hari di sini. Misalnya berjalan-jalan di sekitar bumi perkemahan, berenang di kolam alami atau melakukan aktivitas outdoor di kawasan wisata. Namun sebaiknya persiapkan peralatan sendiri dari rumah karena persewaan disini masih terbatas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Lematang Indah
Kredit Gambar: Google Maps Beh’Kephotermia

Air Terjun Indus Lematang terletak di Desa Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Berbeda dengan air terjun yang ada di tempat lain yang harus melawan waktu dan medan yang sulit. Wisata alam yang indah ini memiliki nilai strategis karena jarak dari pusat kota hanya sekitar 11 kilometer.

Anda bisa menempuhnya sekitar 20 menit, tergantung kecepatan dan kondisi jalan saat itu. Meski bisa dijangkau dengan transportasi umum, lebih baik datang dengan mobil pribadi. Akses jalan lebih baik, selain itu juga lebih hemat biaya. Silakan menuju Jalan Kombes H Umar jika berangkat dari Alun-alun Pagaralam.

Ikuti terus jalur utama hingga sampai di Jalan H Piagam. Rute selanjutnya adalah menuju Jalan Lintas Pagar Alam – Lahat, sekitar 2 kilometer dari titik terakhir Anda tiba. Sesampainya di tugu Besema, tujuan wisata sudah di depan mata. Jarak antara air terjun yang indah dan tugu hanya sekitar 200 meter, Anda harus berjalan kaki.

Harga tiket masuk air terjun

Air Terjun Indus Lematang, sebagai tujuan wisata dengan segudang keindahan, ternyata harganya sangat murah. Meski bisa berubah sewaktu-waktu, saat ini harga tiket satu kali kunjungan turis hanya Rp 4.000. Ada biaya tambahan untuk parkir mobil, tentunya ini juga sangat murah.

Jika datang dengan sepeda motor, siapkan biaya tambahan sebesar 2000 rupiah. Jika membawa mobil atau kendaraan roda empat lainnya, tarif parkir yang berlaku adalah Rp 5.000. Air terjun cantik ini bisa Anda kunjungi kapan saja, karena buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lematang Indus

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lematang Indus
Kredit Gambar: Google Maps Reno Freelance

Air Terjun Lematang Indus tidak hanya memiliki keindahan yang bisa dijadikan sebagai sarana penyembuhan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan wisata tersebut. Bermain air adalah salah satunya, simak ulasan selanjutnya!

1. Menikmati keindahan air terjun Lematang Indus

Karena keindahan alamnya yang luar biasa, hal pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah menikmatinya. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung terpikat oleh keindahannya yang menakjubkan. Airnya yang jernih dan hijau menambah keindahannya, terutama saat sinar matahari terpantul dari air terjun.

2. Berenang dan bermain air

Berenang di air terjun Lematang Indus akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Kolam yang terletak tepat di bawah air terjun ini menawarkan kesegaran dan keindahan yang luar biasa. Airnya jernih dan segar, sangat menyegarkan di tengah panas. Jika Anda tidak bisa berenang, pilihan lain adalah bermain air di tepi kolam renang.

3. Memancing

Aliran air terjun cantik ini langsung masuk ke sungai, tentunya setelah sebelumnya mengendap di kolam. Banyak turis pergi memancing di sungai. Ikannya memang tidak terlalu besar, namun cukup memberikan kenikmatan saat beristirahat. Apalagi bagi yang hobi memancing, Anda bisa memandunya sambil menikmati pesonanya yang indah.

4. Bermalam di tenda

Tak jauh dari air terjun Lematang Indus terdapat tempat khusus untuk berkemah. Anda bisa mencirikan tenda dan bermalam di tempat ini. Tentu tidak gratis, ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan. Selain itu, jika memungkinkan bawalah peralatan dari rumah, terutama peralatan untuk memasak dan tidur.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Lematang Indah
Kredit Gambar: Google Maps Ridho Dwi Mardyanto

Selain keindahan alamnya yang memukau, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan pengunjung untuk bersantai. Seperti tempat wisata, ada juga tempat parkir. Fasilitas lain yang tersedia antara lain kamar mandi, warung makan, tempat duduk dan pemandu.

Air Terjun Indus Lematang merupakan tempat wisata alam yang sangat populer sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini. Tidak hanya dari kota Pagar-Alam, tapi juga dari daerah lain. Dari semua ulasan yang kami berikan di atas, sepertinya tempat wisata ini layak dikunjungi untuk mengisi liburan Anda.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *