Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 08.00-18.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Sampang, Kek. Bunguran Timur, taksi. Natuna, Kepulauan Riau; Map: Pemeriksaan lokasi

Alif Stone Park merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Natuna dengan pesonanya yang memukau. Destinasi wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya. Setiap harinya selalu saja ada pengunjung yang datang entah karena penasaran atau sekedar untuk menikmati panorama alam.

Tur hit ini menampilkan formasi batu granit yang berdiri vertikal di atas samudra biru, membuat pemandangan yang sangat menakjubkan. Batu granit ini memiliki bentuk yang unik dan menarik sehingga sering dijadikan sebagai bahan fotografi Instagram. Karena berada di zona pantai, tempat ini juga menawarkan panorama pantai pasir putih dan air laut yang jernih.

Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas. Misalnya, taman bermain anak, tempat perkemahan, restoran, dan toko suvenir. Wisatawan juga dapat melakukan olah raga air seperti snorkeling, diving dan memancing di kawasan wisata ini.

Landmark Taman Batu Alif

Landmark Taman Batu Alif
Kredit Gambar: Google Maps Agung Setiadi

Nama “Taman Batu Alif” bukanlah suatu kebetulan, karena ada satu batu yang menjulang di atas batu lainnya. Batu tersebut berbentuk lonjong sehingga menyerupai huruf Alif dalam bahasa Arab. Dari segi daya tarik tentunya bukan hanya formasi batuan yang unik saja, namun masih banyak lagi yang perlu anda ketahui.

1. Formasi bebatuan yang unik

Daya tarik utama mengapa wisata bahari ini banyak dikunjungi wisatawan terletak pada keunikan formasi bebatuannya. Jika dilihat dari jauh, formasi batuan tersebut berbentuk seperti pulau-pulau kecil di tengah laut. Batuan ini terbentuk akibat erosi laut yang terjadi selama ribuan tahun, menciptakan struktur yang indah dan mengesankan.

Lokasinya di tepi laut membuatnya terasa seperti dunia yang terpisah dari kehidupan sehari-hari. Bagi pecinta fotografi, wisata indah ini menawarkan banyak tempat menarik untuk berfoto. Formasi batuan yang unik dan keindahan alam yang menakjubkan akan memberi Anda pengalaman yang tak terlupakan, serta foto-foto yang luar biasa.

2. Pantai yang indah dan alami

Selain formasi batuan yang unik dan menawan, Taman Batu Alif juga menarik dengan keindahan pantainya secara umum. Air laut berwarna biru, bening, sehingga dasarnya terlihat jelas. Ombak disini cukup tenang, bahkan bisa dibilang tidak ada ombak yang tinggi sama sekali. Hanya riak-riak kecil yang perlahan menuju pantai akan menemani liburan Anda.

Karena dekat dengan pantai, airnya tidak terlalu dalam. Pengunjung tidak hanya bisa berdiri di atas bebatuan yang ditata sembarangan, tapi juga merasakan kesejukan airnya. Meski terdapat tebing yang besar dan tinggi, namun pendakiannya tidak sulit karena pengelola membuat tangga permanen dan menghubungkan tebing tersebut dengan jembatan.

3. Keindahan alam yang menawan

Tak bisa dipungkiri, semua pesona Alif Stone Park Natuna terletak pada keindahannya. Selain eksotisme bebatuan dan laut yang mempesona, tempat ini dipenuhi deretan pohon kelapa yang tertata rapi. Keberadaan pohon ini memberikan kesan kehijauan dan kesegaran. Keindahan yang Anda dapatkan selama berkunjung ke sini sangatlah lengkap.

Warna coklat tua diperoleh dari batu granit dengan berbagai ukuran, warna biru diperoleh dari air laut yang jernih, dan warna hijau menyegarkan diperoleh dari pepohonan. Mengunjungi tempat ini dijamin membuat hati Anda lebih bahagia dan berwarna. Selain itu, suasananya yang rindang, hembusan angin sepoi-sepoi membuat Anda berlama-lama mencari tempat untuk foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat taman Batu Alif
Kredit Gambar: Google Maps Eka Handa

Alif Stone Park memang terletak di pesisir pantai atau di salah satu kawasan pesisir. Namun untuk menuju lokasinya tidaklah sulit, karena pintu masuk ke rumahnya sangat bagus. Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Namun untuk menghemat waktu sekaligus menghemat biaya, lebih baik menggunakan mobil pribadi.

Wisata indah ini terletak di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Dari pusat kota Natuna Anda harus berkendara sekitar 17 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut sekitar 40 menit. Silakan ke desa Selemam jika saat ini Anda berada di pusat kota.

Kemudian ikuti jalur utama atau jalan raya yang akan membawa Anda ke Pantai Teluk Selahang. Di ujung jalan belok kanan dan ikuti jalan utama Jalan Raya Sepempang. Tempat wisata yang anda tuju berjarak sekitar 4 kilometer, lokasinya ada di kiri jalan. Jika Anda mengalami kesulitan, cari tanda-tanda yang tersebar di beberapa titik.

Biaya masuk ke objek wisata

Dikenal sebagai Taman Batu Alifa, destinasi wisata ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Situs ini awalnya gratis untuk dikunjungi saat pertama kali diperkenalkan ke publik. Tapi kali ini Anda harus membayarnya untuk menikmati semua pesona dan keindahannya. Tidak mahal, hanya 10.000 rupee untuk satu pengunjung yang berkunjung.

Dibandingkan dengan yang didapat nanti, harga tiket masuknya sangat murah. Apalagi di dalamnya Anda bisa melakukan banyak aktivitas, yang utama adalah berfoto. Selain tiket masuk, siapkan biaya parkir tambahan. Sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan mobil dikenakan biaya Rp 5.000.

Kegiatan yang menarik

Acara menarik Taman Alif Batu
Kredit Gambar: Google Maps Misuro Anwari

Alif Stone Park tidak hanya menjadi daya tarik yang menarik wisatawan. Alasan lainnya adalah banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan. Karena sebagian yang terjadi di sini berkaitan dengan keindahan, kegiatannya tidak jauh dari fotografi, juga menikmati kelezatan alam.

1. Rantai menikmati keindahan alam

Salah satu aktivitas yang paling direkomendasikan di sini adalah menikmati keindahan alam yang mempesona. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar dan menikmati pemandangan indah yang disajikan oleh alam. Selain itu, Anda juga bisa bersantai dan melepas penat di bebatuan sambil menikmati suasana tenang dan damai tentunya jika cuaca memungkinkan.

Seperti yang Anda tahu, tempat ini berada di area terbuka atau di udara terbuka. Lokasinya yang berada di pinggir pantai membuatnya semakin panas saat cuaca panas. Nikmati eksotisme komposisi bebatuan yang menarik, pemandangan hijau dari pepohonan, serta jernihnya air laut yang menyejukkan jiwa.

2. Menyusuri pantai dengan perahu

Aktivitas menarik selanjutnya di Alif Stone Park adalah berjalan kaki menyusuri area pantai. Pasir di pantai tidak banyak, hampir semuanya adalah batu dengan ukuran berbeda. Anda bisa menyusuri pantai dengan perahu yang disediakan pengelola. Tentu saja tidak gratis, Anda harus membayar sesuai kesepakatan yang telah diatur sebelumnya.

3. Berburu foto

Karena keindahan alamnya yang mengesankan, tempat ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengambil foto yang indah dan menawan. Tempat paling populer adalah akumulasi granit eksotis. Anda hanya perlu pose kecil untuk membuat bidikan yang menakjubkan, serahkan sisanya pada keindahan alam.

Layanan tersedia

Fasilitas Alif Stone Park
Kredit Gambar: Google Maps Muhammad Bayhaqi Lubis

Fasilitas di Alif Stone Park memang tidak sesempurna tempat lain yang pernah Anda kunjungi. Namun ada beberapa fasilitas penting disini, salah satunya adalah tempat parkir. Selain itu, terdapat kios-kios yang menawarkan menu makanan dan minuman yang bervariasi, meski jumlahnya sedikit. Untuk buang air besar, Anda bisa meminta bantuan pemilik toko.

Wisata yang memiliki daya tarik selalu menjadi incaran para pelancong dari berbagai daerah. Selain itu, daya tariknya terletak pada keindahan alam dan keunikan bebatuan eksotis seperti Alif Stone Park Natuna. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung, ingatlah untuk menjaga dan melestarikan alam agar generasi mendatang dapat menikmatinya.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *