Polres Batu dan Kapolsek Jajaran Polres Batu serta anggota yang terlibat dalam Operasi Ketupat Semeru 2024.

Kota Batu, Klikbatu.id – Dalam rangka kesiapan Kepolisian Resor Batu Polda Jatim menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, S.I.K., M.T., menggelar kegiatan Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2024 yang bertempat di Rupatama Polres Batu, Selasa (2/4/2024).

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Pejabat Utama (PJU) Polres Batu dan Kapolsek Jajaran Polres Batu serta anggota yang terlibat dalam Operasi Ketupat Semeru 2024.

Dalam sambutannya Kapolres Batu menyampaikan bahwa Polres Batu beserta jajarannya didukung TNI dan Instansi terkait serta Mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan Operasi dalam bentuk Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “KETUPAT SEMERU 2024” selama 13 (tiga belas) hari di seluruh wilayah hukum Polres Batu, dalam bentuk pemeliharaan keamanan yang mengedepankan giat Preemtif , Preventif yang didukung giat Gakkum, Humas dan Banops dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H.

“Kami berharap dengan adanya Operasi ini bisa menjamin rasa aman masyarakat dalam menjaalankan Ibadah Puasa dan Merayakan Idul Fitri 1445 H/2024,” harap AKBP Oskar.

“Tentu kami juga berharap agar arus mudik/balik pada lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta menurunnya jumlah pelanggaran lalu lintas dan Laka Lantas,” imbuhnya.

Saat pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024, Polres Batu menggelar 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan. Pos Pengamanan tersebut meliputi Pos Pam Soehat/Pendem, Pesanggrahan, Bendo, Pujon, Kambal, dan Kasembon. Sedangkan untuk Pos Pelayanan ditempatkan di depan Alun – alun Kota Batu.

“Kami dalam Operasi ini akan menggelar 6 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan dengan menempatkan 499 Personel gabungan dari Polri, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, PMK, Pramuka, Bankom, Banser, dan Pemuda Pancasila,” jelas Kapolres Batu.

Petugas gabungan yang terlibat Operasi ini selain mempunyai tanggung jawab untuk memberikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, Petugas juga mempunyai tanggung jawab dalam mencegah adanya tawuran, penggunaan petasan, dan pelanggaran lainnya, serta memberikan pengamanan kepada jama’ah Shalat Idul Fitri.

Kapolres Batu juga berpesan kepada anggotanya agar menghimbau kepada warga masyarakat apabila mudik bisa menggunakan jasa mudik gratis dari Polres maupun Pemkot Batu, serta pastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman (terkunci, tidak ada aliran listrik, dan gas), serta menginfokan kepada Bhabinkamtibmas setempat apabila warga meninggalkan rumahnya sementara untuk mudik demi menjamin keamanan. Kapolres Batu juga menekankan Kembali untuk Anggotanya agar meningkatkan patrol di daerah pemukiman, lokasi wisata, objek vital dan Mall, Pasar dan daerah rawan laka serta rawan pidana.

“Untuk mengantisipasi kejahatan Polres Batu juga akan membuka layanan penitipan kendaraan di Mako Polres maupun Polsek,” tutup AKBP Oskar.

( Stf)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *