Kota Batu ( Klukbatu.id ) – Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah mitra sejajar Kepala Desa, bukan saingan, oleh karena itu diperlukan sinergitas sehingga pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat memberikan arahan kepada Ketua dan Anggota BPD se-Kota Batu (29/12) yang berlangsung di Pendopo Balaidesa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Oleh karena itu, Pj Aries meminta agar BPD merefleksi kembali tugas dan tanggung jawabnya, untuk terus membangun desa dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat. “Ini kuncinya, BPD dan Kepala Desa harus nyambung dan menghasilkan program kegiatan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Nanti, masyarakat akan menilai sendiri apakah ada sinergitas antara BPD dan Kepala Desa, bukan jalan sendiri-sendiri,” ungkapnya.

Ia mengaku sangat senang dengan forum seperti ini. Dengan diskusi dan masukan yang diberikan, baik dari BPD dan Camat, maka akan terbangun komunikasi yang baik dan ditindaklanjuti dengan langkah-langkah perbaikan sehingga ke depan semakin memperkuat langkah-langkah desa dalam membangun desa lebih mandiri.

Ke depan, Pj Aries berharap ke depan forum ini akan menjadi forum yang sangat strategis dalam penguatan-penguatan program yang dilaksanakan masing-masing desa. Termasuk diskusi capaian-capaian yang dilakukan masing-masing desa dan kendala yang dihadapi, sehingga terbangun sinergitas antar desa dan memajukan Kota Batu.

Salah satunya, adalah keinginan desa untuk membangun destinasi wisata. Ia memberikan arahan agar desa tidak membangun destinasi wisata yang sudah ada di desa lain. “Destinasi wisata desa harus berbeda dengan yang lain, jangan sama. Kalau sama maka salah satu akan mati dan tidak berkembang,” tutur pria asal Makassar ini yang berjanji akan membantu perijinan jika pengajuan destinasi wisata sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Antara lain, ia mencontohkan ke depan Desa Junrejo akan menjadi destinasi wisata UMKM dan Desa Beji sebagai Destinasi Wisata Tempe. Ia berharap wisatawan akan datang dan melihat proses produksi, turut serta membuat produk dan juga bisa membeli produknya secara langsung.

Sebagai pamungkas, Pj Aries berjanji akan melakukan kajian terkait dengan beragam masukan yang diusulkan dalam forum ini, antara lain, besaran tunjangan BPD, kerjasama desa dengan pihak ketiga dan optimalisasi pengawasan pemerintahan desa. Kajian akan dilakukan, berdasarkan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Aditya Prasaja, Kepala Desa Pendem, Wahyuwono Efendi dan Ketua Asosiasi BPD Kota Batu.

( Wic )

Editor Irfan hadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *