Keju termahal di dunia “Biasanya orang membuat pilihan tentang melakukan sesuatu. Misalnya, ketika mereka menyukai makanan, orang terbagi menjadi dua jenis: mereka yang menyukai makanan hanya untuk menikmatinya, dan mereka yang menyukai makanan menjadi gila karenanya.

Jika sudah gila, orang ini pasti akan melakukan sesuatu untuk mendapatkan apa yang disukainya. Bahkan membayar sesuatu dengan harga tinggi pun tidak menjadi masalah bagi mereka. Sekarang pecinta makanankali ini GoTravelly kembali membahas tentang keju termahal di dunia yang mungkin akan mengejutkan kantong dan perut Anda.

Seperti yang kita tahu, keju yang merupakan produk makanan olahan yang berasal dari susu merupakan makanan yang populer. Selain jenisnya yang berbeda, keju ini juga hadir dengan harga yang meroket setiap gigitannya.

Jika Anda sangat menyukai keju, sepertinya ulasan ini akan cocok untuk Anda. Ingin tahu jenis keju apa saja yang termahal di dunia? Yuk, simak terus pembahasan selanjutnya.

Keju termahal di dunia:

1. Keju pule

keju pule
thecheeseatlas.com

Keju yang biasanya terbuat dari susu sapi atau kambing berbeda dengan pule yang terbuat dari susu keledai. Pule adalah keju yang hanya diproduksi di satu tempat, yaitu Cagar Alam Zasavica di Serbia.

Namun, meski dikatakan terbuat dari keledai, keju pule ini sebenarnya tidak seluruhnya terbuat dari susu keledai. Tapi 40% dari semua keju pule adalah campuran dari susu kambing. Pencampuran dilakukan karena susu keledai tidak mengandung kasein yang cukup untuk membuat keju.

Yang menarik dari Pule adalah harganya $600 per pon. Bukankah itu harga yang fantastis untuk 500 gram keju yang dibayar hampir 10 juta rupiah? Mahalnya harga keju ini karena sumber produksi keju pule tidak semudah keju susu sapi pada umumnya.

Pemerahan keledai jauh lebih sedikit daripada pemerahan sapi. Jika 20 keledai menghasilkan 5 liter per hari, seekor sapi dapat menghasilkan 60 liter. Tentu saja hal ini membuat keju pule menjadi salah satu varietas termahal di dunia karena proses produksinya lambat dan langka. Luar biasa, bukan?

2. Keju Cabral

keju cabrales
flickr.com

Keju termahal di dunia berikutnya adalah Cabrales. Pada tahun 2018, keju ini masuk dalam Guinness Book of Records sebagai keju termahal yang dijual di lelang. Keju seberat lebih dari 2 kg itu dijual dengan harga pukulan terakhir yang mencapai 16.000 dollar AS atau setara dengan Rp 242.112.000.

Keju super mahal ini dibuat dari susu kambing dan domba dengan cara tradisional yang berasal dari Spanyol. Jadi, apakah Anda tertarik membayar mahal saat menonton lelang keju seperti Cabrales?

3. Keju rusa

keju rusa
atlasobscura.com

Keju termahal di dunia selanjutnya adalah Moose. Moose adalah keju dengan harga fantastis yang hanya dibuat di Elk House, Bjurholm, Swedia. Seperti namanya, keju ini sebenarnya terbuat dari rusa, rusa. Sebagai fasilitas manufaktur, Elk House memproduksi 4 jenis moose cheese, yaitu white mould cheese, blue cream cheese, dry blue moose cheese, dan feta cheese.

Diantara 4 keju tersebut banyak yang memilih keju feta karena memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus serta rasa asam yang tidak terlalu kental. Moose Cheese adalah keju mahal dengan harga $500 per pon.

4. Keju putih Stilton Gold

Keju putih Stilton Gold
prestigeonline.com

Dalam sejarah, keju termahal di dunia adalah White Stilton Gold, yang dijual seharga $400 per pon. Berbeda dengan keju sebelumnya yang menggunakan susu hewan selain sapi atau kambing.

Stilton Gold White Cheese adalah keju yang terbuat dari susu sapi. Diproduksi di desa Long Clawson di Inggris, keju ini pernah menjadi favorit para tokoh besar di seluruh dunia. Jika Anda memperhatikan penampilan keju ini, Anda akan melihat lapisan kertas emas tersebar di dalam keju. Itulah yang membuat keju sangat berharga.

5. Keju dari peternakan Vayk

Keju Peternakan Wyke
pabrik keju sg

Sebagai pecinta keju, pernahkah Anda mendengar salah satu merek Wyke Farms ini? Ini adalah salah satu produsen keju terbesar di Inggris dan telah melegenda sejak tahun 1950-an. Tertawa terbahak-bahak. Keju Wyke Farms dibuat dari susu sapi dan disiapkan menggunakan metode rahasia perusahaan.

Apalagi Wyke Farm sudah memiliki brand sendiri dan cukup terkenal di dunia. Jadi bukan khayalan mereka bisa memasang harga yang cukup tinggi untuk produksi kejunya. Keju Wyke Farm, yang memiliki umur simpan lebih lama, akan berharga hingga $200 lebih. Pada saat yang sama, keju dengan usia lebih muda harganya lebih murah.

Baca juga:

Keju terkenal di Spanyol

Keju populer dari Belanda

6. Keju bitto ekstra tua

Bitto keju ekstra tua
dopitalianfood.com

Extra Old Bitto adalah keju yang dijual seharga $150 per pon. Seperti namanya, keju termahal di dunia ini memiliki usia yang sangat tua. Sebelum keju ini dijual, keju ini berumur 18 tahun.

Ada fakta menarik tentang keju Extra Old Bitto ini. Tertawa terbahak-bahak! Keju dari Italia ini merupakan salah satu jenis keju tertua yang bisa dimakan dalam sejarah pembuatan keju. Apa pendapat Anda tentang keju Extra Old Bitto? Apakah Anda ingin mencoba keju kuno ini?

7. Keju Biru Sungai Nakal

mengembara keju sungai dengan jamur
thecheeseatlas.com

Keju termahal di dunia selanjutnya adalah keju Rogue River Blue. Keju yang dinamai sesuai tempat asalnya di Oregon ini merupakan produk susu sapi yang dibuat setahun sekali pada musim gugur.

Satu hal yang membuat keju Rogue River Blue ini unik adalah proses pembuatannya, yaitu membungkus keju dengan daun anggur yang direndam dalam alkohol pir pada usia 11 bulan. Proses ini menciptakan rasa keju yang unik.

Jika Anda ingin mencoba Rogue River Blue, Anda harus membayar $75 per pound. Bagaimana Anda ingin mencicipi? Itu terlihat enak!

8. Keju Caciocavallo Podolico

keju caciocavallo podolico
castagnasrl.com

Caciocavallo Podolico adalah keju berbentuk unik yang dijual seharga $50 per pon. Nama yang digunakan untuk keju ini merupakan istilah yang digunakan sebagai simbol untuk proses pengangkutan produk keju yang diangkut oleh kuda (cavallo). Sedangkan kata Podolico mengacu pada jenis ternak yang berkembang di Italia Selatan.

Keju Caciocavallo Podolico memiliki bentuk yang berbeda dengan keju pada umumnya, bentuknya seperti bola kecil berisi air, atau seperti kantong. Selain bentuknya yang unik, keju ini juga dijemur dan dibiarkan matang hingga tiga bulan saat musim dingin.

Dari 8 keju termahal di dunia yang sudah GoTravelly cantumkan di atas, mana yang menarik minat Anda? Tentunya makan keju sangat enak jika dipadukan dengan masakan lainnya. Anda bisa menikmati keju dengan banyak pilihan menu lainnya, baik berupa makanan maupun minuman seperti wine. Bukankah itu akan membuat keju lebih enak?

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *