Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 07.00-18.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Chikutamahi, Kek. Cariou, Cub. Bogor, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Tempat wisata yang selalu ramai pengunjung tentunya memiliki segudang daya tarik. Misalnya saja Kurug Chomas yang keindahan alam dan suasananya yang asri menjadi daya tarik utamanya. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung yang biasanya datang berombongan. Saat liburan, tempat ini tak disangka ramai karena dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Kurug atau yang dikenal dengan air terjun termasuk dalam wisata alam. Air terjun yang kita bicarakan kali ini terletak di kedalaman hutan, sehingga keadaannya masih alami. Meski menempuh perjalanan yang panjang, hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung. Terletak di kaki Gunung Sanggabuana, Anda pasti akan mendapatkan suasana yang alami, asri, dan udara yang sejuk.

Sebelumnya, air terjun yang banyak menarik wisatawan dari berbagai daerah ini merupakan sebuah bendungan. Fungsinya untuk mengairi sawah dan ladang penduduk sekitar. Namun karena pesona sekitar yang sangat indah, kini berhasil menjadi salah satu tempat wisata Bogor yang layak untuk dikunjungi.

Daya Tarik Air Terjun Chiomas

Air terjun Chiomas
Kredit Gambar: Google Maps Hardy Ancia

Curug Ciomas atau dikenal dengan Green Canyon Cariu Bogor memiliki banyak daya tarik yang membuatnya selalu ramai pengunjung. Sebelum berkunjung, ada baiknya mencari tahu apa yang menarik di sini untuk mendapatkan sedikit gambaran.

1. Keindahan air terjun Chiomas

Daya tarik pertama tentu saja keindahan air terjun itu sendiri. Ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan air terjun pada umumnya yang bahkan mencapai puluhan meter. Air terjun ini tingginya hanya 10 hingga 12 meter. Namun aliran air yang mengalir cukup deras sehingga menimbulkan aliran air yang agak deras.

Sedangkan jenisnya diperoleh dari berbagai tumbuhan yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Selain Kurug Chomas sendiri, di sini banyak terdapat tanaman hijau yang terdiri dari lumut dan tumbuhan merambat. Seringkali akar pohon tinggi menuju dinding air terjun, pemandangannya bahkan lebih eksotis.

2. Batuan eksotis

Seperti air terjun pada umumnya, terdapat juga tebing batu yang mengapit. Garis batu yang khas menjadi daya tarik tersendiri, membuat pemandangannya semakin eksotis. Dinding batunya sebagian besar ditumbuhi lumut, yang menandakan bahwa area di sekitarnya lembap atau sering tergenang air.

Selain bebatuan yang berfungsi sebagai penahan, sekaligus tempat mengalirnya air, banyak juga batu-batu kecil yang tersebar di sekitar Air Terjun Chomas. Bebatuan ini membuat pemandangan semakin indah, banyak wisatawan yang menggunakannya sebagai batu loncatan. Bagi yang suka fotografi selfie, batu ini sangat cocok untuk lokasi dengan latar air terjun.

3. Air bersih dan menyegarkan

Bagi yang sering mengunjungi air terjun, mungkin sudah diketahui bahwa setiap air terjun memiliki kolam. Fungsi kolam ini tidak lebih dari tempat aliran air yang kemudian diarahkan ke hulu sungai. Ini juga memiliki kolam di mana pengunjung biasanya bermain air atau mandi dan berenang.

Meski kolamnya tidak terlalu besar, namun sangat bersih dan jarang mampet. Air yang bersih dan menyegarkan di kolam membuat wisatawan semakin nyaman, meski harus menahan sedikit kedinginan. Pinggirannya tidak terlalu dalam, tapi harus hati-hati jika ingin berenang ke tengah, karena bisa jadi cukup dalam disana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kurug Chomas
Kredit Gambar: Google Maps Sarkija

Air Terjun Chiomas terletak di Desa Chikutamahi, Kecamatan Kariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat wisata di Bogor ini letaknya jauh di dalam hutan, butuh waktu lama untuk mencapainya. Jarak dari pusat kota Bogor sangat jauh, sekitar 75 kilometer.

Dengan jarak tersebut, Anda membutuhkan setidaknya 2 jam lebih jika terbang dari pusat kota. Namun perjuangan anda dijamin worth it, karena di lokasi anda mendapatkan banyak keindahan. Selama perjalanan pun, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah pepohonan yang hidup di sekitar air terjun.

Rute terbaik menuju Kurug Chomas adalah terlebih dahulu melintasi kawasan Sitereup kemudian kawasan Chileungsi. Dari sini lanjut ke Alun-alun Jongol, lalu silahkan lanjut ke Pasar Karyu. Perjalanan Anda semakin dekat, gunakan SMP 2 Cariu sebagai referensi Anda selanjutnya.

Dari sini, Anda hanya perlu mengikuti jalur utama dengan melihat rambu-rambu yang tersedia. Setelah kurang lebih 3 kilometer Anda akan sampai di tempat tersebut, lewati Jalan Mayor Oking agar lebih mudah. Jika Anda masih kesulitan dengan rute yang kami sarankan, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi peta digital atau Google Maps.

Harga tiket masuk ke alam

Wisatawan yang berkunjung ke Kurug Chomas ini tentunya tidak gratis, harus membeli tiket masuk. Harganya standar, seperti saat berkunjung ke air terjun pada umumnya. Hanya dikenakan biaya 10.000 rupiah per wisatawan yang masuk, namun belum termasuk biaya parkir, serta beberapa layanan berbayar.

Biaya parkir disesuaikan dengan kendaraan yang dibawa, baik itu mobil atau motor. Jika membawa sepeda motor, maka siapkan dana tambahan sebesar 5000 rupiah. Hal lain, jika Anda datang dengan mobil, Anda membutuhkan dana tambahan sebesar 8.000 rupee untuk menyewa tempat parkir dan keamanan.

Aktivitas menarik di air terjun Siomas

Aktivitas menarik di air terjun Siomas
Kredit Gambar: Google Maps Hamonangan Siregar

Saat mengunjungi suatu destinasi wisata, tidak hanya daya tariknya saja yang harus diperhatikan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kegiatan apa saja yang cocok dan menyenangkan di sana. Ini juga berlaku untuk air terjun Chiomas, berikut beberapa saran untuk dilakukan!

1. Nikmati pemandangan alam

Keindahan alam yang bisa Anda lihat di sini tidak bisa ditemukan di tempat lain. Meski mengunjungi objek wisata yang sama, namun memiliki karakteristik yang berbeda dari segi pesona. Di sini, keindahannya didominasi oleh semak-semak hijau yang mengelilingi air terjun. Belum lagi susunan alam tebing bebatuan yang terlihat cukup eksotik.

2. Berenang dan bermain air

Setiap mengunjungi wisata air pasti ingin berendam bukan? Begitu pula di Curug Ciomas, tentunya ada keinginan untuk berenang karena jernihnya air di kolam tersebut. Selain itu, airnya juga menyegarkan, meski bisa jadi agak dingin bagi sebagian orang. Namun, seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda harus berhati-hati saat melakukan tindakan ini.

3. Melompat dari tebing

Jika berenang saja tidak cukup, ada kegiatan lain yang sangat seru yaitu lompat tebing. Tidak semua wisatawan memutuskan kegiatan ini, karena ketinggian tebingnya cukup lumayan. Namun jika Anda berhati-hati, aktivitas ini dijamin akan membuat Anda senang. Jika ingin lebih aman sebaiknya menggunakan pelampung yang bisa disewa di lokasi.

4. Berburu foto

Keindahan Kurug Chomas secara keseluruhan memang cocok tidak hanya untuk menikmati panorama alam. Kami menyarankan Anda juga mengambil fotografi. Bagi yang suka fotografi, pastikan untuk mengambilnya jika berkunjung ke sini. Bagaimana tidak, hampir semua titik dan sudut lokasi cocok dijadikan background foto, hasilnya menyenangkan.

Layanan tersedia di area air terjun

Air terjun Chiomas
Kredit Gambar: Google Maps Asam Wisnu

Air terjun umumnya minim fasilitas, tapi bukan yang kita bahas kali ini. Bisa dibilang fasilitas disini cukup lengkap dibandingkan dengan tempat lain. Tempat parkirnya luas, bahkan untuk pengunjung yang datang dengan bus. Fasilitas lainnya meliputi toilet, ruang ganti, warung makan, dan musholla yang dekat dengan pemukiman penduduk.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai wisata alam Bogor bernama Kurug Chomas. Berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan membosankan, karena memiliki banyak daya tarik. Selain itu, ada banyak kegiatan menyenangkan yang lebih baik lagi jika Anda datang bersama rombongan.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *