Harga tiket: Rp5.000 Jam kerja: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Dempio McMur, Keck. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Dempo Park bukan satu-satunya destinasi wisata di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Namun karena keindahan dan daya tariknya, tempat ini tidak pernah sepi setiap harinya. Bahkan di akhir pekan, pengunjung datang dari berbagai daerah untuk menikmati apa yang ditawarkan.

Tempat ini semakin populer dan banyak dibicarakan oleh wisatawan, terutama mereka yang aktif di jejaring sosial. Tak heran jika para pengunjung yang datang pasti ingin memamerkan pesonanya. Taman bunga yang indah, spot foto Instagram, dan banyak wahana menjadi atraksi utama.

Berkunjung ke tempat hits di Pagar Alam sangat dianjurkan, terutama bagi anda yang sedang mencari kesembuhan. Pasalnya, pesona alam yang Anda miliki tidak akan ditemukan di tempat lain. Sebut saja sejumlah perbukitan eksotis yang kemudian dipadukan dengan taman cantik dengan warna cerah.

Landmark Taman Dempo

Atraksi di Taman Dempo
Kredit Gambar: Google Maps Adriansyah Putera

Taman Dempo merupakan taman rekreasi yang menawarkan banyak hal menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Penasaran dengan apa saja itu, simak penjelasannya berikut ini!

1. Pemandangan alam yang menawan

Seperti namanya, wisata hits di Pagar Alam ini terletak di kaki Gunung Dempo. Tak heran jika tempat ini dipenuhi dengan keindahan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan dengan ciri khas garis besarnya yang berkelok-kelok. Dari kejauhan, deretan bukit ini terlihat sangat eksotis dan indah.

Pemandangan lain dari Taman Dempo adalah hamparan kebun teh yang menghijau. Tangga tanah yang disebut terasering juga terlihat jelas, pesonanya semakin memukau. Dari segi kualitas udara, terasa sejuk dan menyegarkan. Bagi penduduk kota, ini adalah suasana santai yang pasti tidak akan Anda temukan di perkotaan.

2. Tempat bermain anak

Selain pemandangannya yang indah, wisata yang indah ini dilengkapi dengan tempat bermain anak yang luas dan aman. Keberadaan kawasan ini menjadikan alasan mengapa pengunjung berasal dari kalangan keluarga. Jadi, sebenarnya Taman Dempo ini cocok dikunjungi oleh semua wisatawan, termasuk pasangan muda yang ingin berburu tempat-tempat indah untuk foto.

Anak-anak dapat bermain dengan aman di taman bermain ini. Seperti halnya taman bermain di tempat umum lainnya, ada juga ayunan, seluncuran, jembatan gantung, ayunan dan lainnya. Meski dianggap aman, Anda tetap memperhatikan apa yang dilakukan anak saat bermain.

3. Temukan foto yang indah

Daya tarik Dempo Park selanjutnya adalah banyak tempat cantik untuk foto yang bisa kamu instagram. Bagi yang menyukai fotografi, tempat ini tidak boleh dilewatkan, artinya Anda harus mengunjunginya. Di antara banyak tempat, rumah hobbit, jembatan gantung, dan berbagai patung unik paling menarik perhatian.

Meski bukan tempat untuk fotografi, taman bunga cantik ini menjadi idola para wisatawan. Bagaimana lagi, bunga berwarna-warni membuat terpesona siapa saja yang melihatnya. Apalagi di beberapa titik menyuguhkan pemandangan indah, seperti deretan semak belukar yang menyejukkan mata.

4. Tempat rekreasi

Banyaknya atraksi hiburan atau bisa dikatakan atraksi di luar lokasi juga menjadi salah satu daya tarik Taman Dempo. Di sini terdapat flying fox yang memungkinkan pengunjung merasakan sensasi terbang di atas lembah dengan bantuan tali dan harness. Selain itu, ada pula quad bike yang bisa mengelilingi kawasan wisata dengan sepeda motor khusus off-road.

Tidak hanya wisata darat, tetapi juga wisata air. Misalnya, kolamnya cukup besar dan dilengkapi beberapa fasilitas seperti seluncuran air dan pancuran. Selain itu, terdapat sepeda air yang memungkinkan Anda menikmati segala keindahan tempat wisata sambil bersantai di danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Dempo Pagar Alam
Kredit Gambar: Google Maps oleh Tomy Herjandi

Dempo Park merupakan destinasi wisata alam yang menggabungkan wahana dan spot foto. Alamatnya terletak di Desa Dempio Makmoor, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Sangat mudah untuk mengunjungi tempat ini karena tempatnya cukup strategis meski berada di kaki gunung.

Jarak dari pusat kota atau Alun-alun Pagar Alam hanya sekitar 10 kilometer. Biasanya jarak ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 20 menit. Rute terbaik jika Anda datang dari pusat kota adalah pertama pergi ke Jalan Mayjen S Parman dan kemudian ke Jalan DI Panjaitan.

Ikuti jalan utama lurus ke depan hingga sampai di Jalan Depati Renasin. Destinasi selanjutnya adalah Jalan Sukarno Hatta, lalu lanjutkan hingga sampai di Jalan Manthung Raje. Setelah menyusuri jalur utama sekitar 500 meter, Anda akan sampai di lokasi wisata. Letaknya di sisi kanan jalan, dekat kawasan air terjun Mangkok di sisi kiri jalan.

Biaya masuk ke objek wisata

Setelah menemukan lokasi Dempo Park, silahkan cari tempat parkir yang nyaman tergantung mobil yang anda bawa. Silahkan menuju loket untuk membeli tiket, karena ada biaya untuk mengunjungi tempat wisata ini. Tapi tenang, harga tiket masuk wisata ini tidak mahal, satu pengunjung cukup membayar 5000 rupiah saja.

Seperti tempat wisata pada umumnya, parkir kendaraan tidak gratis. Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk ini, sepeda motor harganya Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Harga tiket masuk juga belum termasuk kursi foto yang harganya antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per kursi.

Acara menarik di Dempo Park

Acara menarik di Dempo Park
Kredit Gambar: Google Maps Leof Rhmn

Dempo Park merupakan tempat wisata dengan konsep taman rekreasi yang menawarkan banyak aktivitas menarik. Ini juga termasuk alasan kenapa banyak wisatawan yang mengunjunginya, selain objek wisata yang sudah dijelaskan di atas tentunya. Dari sekian banyak aktivitas, berikut rekomendasi yang tidak boleh Anda tinggalkan!

1. Mencoba wahana permainan

Kegiatan pertama yang dijamin menarik adalah menjajal permainan yang tersedia. Misalnya bersepeda, objek wisata ini memiliki jalur sepeda yang indah dan lebar bagi pengunjung untuk menikmati keindahan taman. Karena kolamnya, Anda juga bisa merasakan segarnya air yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Dua perjalanan yang disebutkan di atas tidak gratis, Anda harus membayar ekstra untuk itu. Jika Anda menginginkan sesuatu yang gratis, silakan kunjungi taman bermain. Dempo Park memiliki taman bermain anak yang lengkap. Misalnya, perosotan, ayunan, dan taman bermain lainnya sangat cocok untuk keluarga yang ingin bersantai sambil melihat anaknya bermain.

2. Berburu foto

Dengan latar belakang pepohonan hijau dan taman yang indah, tur populer ini adalah tempat foto yang sempurna. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga atau teman. Di antara sekian banyak atraksi, yang paling menarik adalah air terjun buatan, jembatan kayu, dan hamparan bunga.

3. Nikmati masakan lokal

Dempo Park memiliki berbagai kios dan warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Keberadaan toko ini juga bisa dijadikan kegiatan menarik, apalagi jika bukan berburu kuliner. Anda dapat menikmati makanan dan minuman yang lezat sambil menikmati keindahan alam.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Taman Dempo
Kredit gambar: Taman Instagram Dempo

Memadukan konsep atraksi dan zona foto, wisata alam ini menawarkan lebih dari sekedar keindahan. Selain itu, ada juga fasilitas yang dinilai cukup memadai. Memiliki tempat parkir menjadi keuntungan utama, Anda dapat memarkir mobil dengan mudah karena cukup luas. Fasilitas lain yang tersedia antara lain toilet, spot foto, gazebo, dan warung makan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Pagar Alam yaitu Taman Dempo. Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan dan belum menemukan tempat yang tepat, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Selain murah, lokasinya sangat strategis sehingga mudah ditemukan dan sangat menyenangkan.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *