Kota Batu, Klikbatu.id – Ada hal menarik tampak dalam momentum pelantikan KPPS Pemilu 2024. Selain pelantikan, KPU bersama badan ad-hoc pemilu melakukan penanaman 5.709.898 bibit pohon di seluruh Indonesia secara serentak.

KPU menilai penanaman bibit pohon sangat penting, sebab pemenuhan kebutuhan logistik Pemilu Serentak 2024 berbahan baku kertas telah memberikan dampak seignifikan terhadap kelestarian alam.

“Penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan,” ungkap Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Total kebutuhan bahan kertas untuk berbagai jenis logistik, sebut Hasyim, mencapai 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilogram kertas. Oleh karena itu, sebagai upaya menjaga lingkungan alam maka lembaganya menginisiasi penanaman bibit pohon secara serentak pada momentum pelantikan KPPS.

“Maka diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11,6 kilogram kertas,” kata Hasyim sembari menyebut bahwa Rekor MURI telah didapatkan oleh KPU atas kegiatan ini.

Sementara, penanaman bibit pohon di Kota Batu tersebar pada 611 lokasi TPS di desa/kelurahan se-Kota Batu. Berbagai jenis pohon, seperti mangga, rambutan, dan lainnya ditanam serentak.

“Ini adalah komitmen bersama untuk menjaga lingkungan alam. Tentu, penanaman pohon di Kota Batu makin penting sebab berdampak pada keberlanjutan sebagai kota wisata yang sejuk,” ungkapnya.

Secara teknis, kata Marlina, bibit pohon diperoleh KPU Kota Batu dari Dinas Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup, lalu didistribusikan ke masing-masing desa/kelurahan secara langsung.

“Terima kasih tak terhingga atas dukungan yang diberikan Dinas Pertanian dan DLH. Hal ini adalah bukti bahwa kita semua ingin lingkungan Kota Batu tetap lestari,” kata Marlina.

( Stf)

Editor Irfan Hadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *