Desa wisata Kelor bisa dijadikan tempat melepas penat karena Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti jalan-jalan dan flying fox.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Kelor, Bangun Kerto, Kek. Turi, taksi. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Pemeriksaan lokasi

Jokya terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, kaya akan budaya, alam dan tempat wisata yang menarik. Salah satu rekomendasi tempat wisata menarik di Yogyakarta adalah desa wisata Kelor. Di sini wisatawan bisa menemukan pesona keindahan alam.

Tempat yang banyak menawarkan wisata budaya lokal adalah Sleman, dimana lokasi wisata ini berada. Desa wisata ini dikembangkan oleh masyarakat yang ingin mempromosikan budaya lokal penduduk setempat.

Selain itu, desa ini memang menyimpan pemandangan alam yang sangat menawan. Bisa saja ia mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya, namun lebih memperhatikan budaya yang ia miliki yaitu pariwisata Keloru.

Objek wisata desa wisata Kelor

Objek wisata desa wisata Kelor Sleman
Kredit Gambar: Google Maps Bima Saputra

Tentu penasaran dengan atraksi apa saja yang dimiliki wisata ini karena ramai pengunjung baik di hari libur maupun di hari biasa. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca penjelasan daya tariknya di bawah ini:

1. Potensi alam yang melimpah

Desa ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Bagi warga sendiri, sebagian besar berprofesi sebagai petani, peternak dan pengembang budidaya jamur. Hal ini menunjukkan bahwa potensi daerah ini sangat baik jika dikaitkan dengan sumber daya alamnya.

Bahkan di musim buah, akan banyak hasil kebun berupa buah herring. Tidak jarang wisatawan yang datang musim ini membeli salak sebagai oleh-oleh.

2. Keindahan Desa Wisata Kelor

Pemandangan desa wisata ini tidak perlu diragukan lagi. Desa yang masih asri ini memiliki keindahan pedesaan yang begitu indah sehingga jika Anda melihatnya tidak akan bosan. Menjaga udara di desa yang asri akan memberikan kesejukan dan kenyamanan.

Wisatawan betah karena merasa desanya masih segar dan hijau. Disarankan untuk datang bersama rombongan dan menyewa mobil besar agar bisa menikmati suasana di desa wisata ini.

3. Penduduk setempat yang ramah

Sambutan warga desa sangat luar biasa karena mereka bisa berbaur dan cepat beradaptasi dengan turis yang datang. Masyarakat desa ini akan sangat ramah terhadap warga desa lain yang datang dari luar desa.

4. Taman bermain

Untuk memacu adrenalin wisatawan, desa wisata ini memiliki atraksi. Wahana ini tidak lepas dari wisata alamnya yang bisa dinikmati semua orang. Flying Fox bisa dimainkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan tersendiri bagi yang mengendarainya.

Selain itu, terdapat exit zone yang cukup luas. Biasanya ruang ini digunakan oleh organisasi atau kelompok orang untuk berkumpul.

5. Rumah Joglo

Budayanya masih bisa dirasakan, misalnya daya tariknya bisa dilihat di rumah Joglo. Bisa dikatakan Rumah Joglo ini dijadikan sebagai situs heritage untuk memperkenalkan budaya Jogya kepada para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

Menariknya, Rumah Joglo ini tidak hanya dijadikan pajangan, karena wisatawan bisa menginap di sana. Menyenangkan bukan? Usai mengunjungi desa wisata Kelor, Anda juga bisa menginap di rumah Joglo yang unik dan estetis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat desa wisata Kelor, Sleman
Kredit Gambar: Google Maps Bima Saputra

Akses menuju desa wisata Kelor cukup mudah dan dekat dengan desa wisata lainnya. Alamat lengkap: Dusun Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kecamatan Kelor, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Rutenya sendiri sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Namun, jalan yang harus dilalui cukup berliku dan menanjak. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 20 menit dengan mobil.

Biaya masuk ke objek wisata

Siapapun bisa bebas masuk ke desa wisata ini karena tidak dipungut biaya masuk. Namun, biaya parkir kendaraan yang dibawa tetap dikenakan, yakni Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Namun, jika wisatawan ingin menggunakan atraksi yang disediakan, seperti Flying Fox, outing atau camping, akan dikenakan biaya tersendiri. Tarif akan disesuaikan dengan pilihan paket yang Anda pilih. Dan harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Aktivitas menarik di desa wisata Kelor

Liburan di desa wisata Kelor di Slemana
Kredit Gambar: Google Maps Ahmad Sediq

Jangan lewatkan kelas-kelas menarik. Jika wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini, maka kegiatan untuk menikmati liburan yaitu:

1. Berjalan kaki melewati desa wisata Kelor.

Yang tidak boleh ketinggalan saat berkunjung ke kawasan wisata ini adalah jalan-jalan keliling desa sampai puas. Wisatawan yang berkunjung ke desa ini memberikan kesan tersendiri karena dapat merasakan keindahan desa yang masih sangat alami.

Banyak pohon yang masih rindang, tanaman berbagai jenis, bahkan bisa dipanen pada musimnya. Buah yang paling banyak dipanen adalah buah salakka, sehingga banyak wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh khas kelor.

2. Menginap di Rumah Joglo Desa Kelor atau homestay.

Kesempatan terbaik untuk merasakan menginap di rumah Joglo yang merupakan rumah tradisional dari Yogyakarta. Kegiatan ini dapat dilakukan apabila wisatawan memiliki waktu liburan yang cukup lama sehingga dapat menghabiskan waktu liburannya di desa wisata Kelor.

Namun, jika rumah Joglo sudah penuh, tersedia lebih banyak pilihan homestay untuk menginap. Sehingga Anda akan merasakan kesejukan pagi hari yang akan memberikan kesan liburan yang menyenangkan dan berbeda dengan kota yang padat.

3. Berkemah dan api unggun

Ingin merasakan aktivitas menarik dengan mendirikan tenda dan menyalakan api di malam hari? Padahal, tempat wisata alam ini menyediakan tempat berkemah yang bagus. Bahkan sering digunakan untuk acara organisasi, anak sekolah, dll untuk camping.

4 Outbound dan Flying Fox

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kegiatan ini sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan. Outbond dan Flying Fox merupakan kegiatan outdoor seru yang dapat memberikan pengalaman terbaik sehingga Anda dapat merasakan keseruan tempat wisata tersebut.

Mengapa? Kegiatan ini bisa menyegarkan pikiran, dan setelah liburan selesai bisa jadi lebih produktif kan? Adapun kesenangannya sendiri, itu akan mengesankan dan membangkitkan lebih banyak antusiasme.

5. Abadikan momen dengan foto

Berfoto-foto momen terbaik desa wisata Kelor. Anda bisa selfie atau berfoto bersama rombongan saat menuju kawasan wisata ini. Hal itu kemudian bisa dibagikan ke media sosial sehingga setiap orang yang melihatnya akan merasakan kesejukan desa wisata ini.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Jasa desa wisata Kelor Sleman
Kredit Gambar: Google Maps Surya Dayan Oktora

Ada berbagai macam objek yang bisa dirasakan pengunjung untuk membuat mereka merasa nyaman. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan untuk membuat liburan Anda di desa wisata ini menjadi lebih menyenangkan, yaitu:

  • Tempat parkir yang luas bahkan dapat digunakan untuk kendaraan besar seperti bus.
  • Area outdoor untuk olahraga outdoor.
  • Berkemah jika Anda ingin berkemah.
  • Masjid.
  • Penginapan.
  • Toilet dan lainnya

Mempersiapkan liburan bisa menjadi hal yang menyenangkan jika memilih tempat yang tepat, seperti desa wisata Kelor. Tempat wisata yang memiliki kesejukan dan kenyamanan untuk bersantai dan membuat anda menanti hari esok dengan penuh semangat.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *