Deep web juga sering dikaitkan dengan aktivitas hacker atau peretasan.  Ada banyak data pribadi di web dalam yang merupakan rahasia Darknet Tor

Mendengar kata “deep web” tentu bukan hal baru. Banyak persepsi dan informasi tentang Deep Web yang beredar atau hanya dari mulut ke mulut. Seperti namanya, deep web adalah web dalam yang hanya bisa diakses melalui metode atau sarana tertentu.

Deep web juga sering dikaitkan dengan aktivitas hacker atau peretasan. Ada banyak data pribadi sensitif di web yang dalam seperti; nama pengguna, kata sandi, enkripsi, kotak masuk email, PayPal, perbankan, perbankan internet, dll. Data tidak tersedia dari Google atau mesin pencari mana pun. Data pribadi ini mungkin hanya dapat diakses oleh pemiliknya masing-masing, tetapi juga dapat diketahui dan diakses jika seseorang atau peretas berhasil mendapatkan data ini dari kedalaman Internet atau web yang dalam.

Di bawah ini adalah ilustrasi web permukaan, web dalam, dan web gelap:

sebenarnya kita browsing deep web setiap hari, jika isi inbox anda, isi whatsapp anda atau isi dm instagram anda ada di web permukaan, sehingga masuk ke pencarian google bisa diakses oleh semua orang, maka itu adalah sangat berbahaya dan melanggar privasi

Sumber Gambar: Universitas Chiputra.

Jadi sebenarnya kita jelajahi deep web setiap hari, tapi mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya. Bayangkan saja jika isi inbox, konten whatsapp atau konten DM Instagram ada di permukaan web sehingga masuk ke pencarian Google bisa diakses oleh semua orang, maka itu akan sangat berbahaya dan melanggar privasi. Oleh karena itu, data pribadi dan sensitif ada di web yang dalam.

Selain itu, dark web adalah sisi gelap dari internet, seperti parit laut yang merupakan dasar laut terdalam. Namun, betapapun gelapnya tempat itu, kita masih bisa melihat tempat ini jika ada cahaya sekecil apa pun. Dengan cahaya inilah kita bisa menyelami internet terdalam dan tergelap, yang disebut web gelap. Web Gelap, juga dikenal sebagai Web Gelap, memiliki kesamaan dengan Web Permukaan dan Wikipedia, itulah sebabnya Web Gelap memiliki Wiki Tersembunyi.

Hidden wiki berisi beberapa situs atau website mulai dari petunjuk cara menyelami dark web, wiki tersembunyi, bitcoin anonim, apotek ilegal, obat-obatan, pekerjaan hack, akun ebay, akun PayPal, rekening bank internasional, alat seks, paspor. , identitas palsu, kartu kredit, layanan peretasan, perdagangan manusia, dan lainnya. Ada juga foto dan video yang sebenarnya tidak layak untuk dikonsumsi.

Untuk mengakses dark web, Anda perlu menggunakan browser khusus bernama Tor Browser. Jika biasanya kita mengenal website/situs dengan domain .com, .co.id, .org, sedangkan dark web menggunakan domain .onion dengan logo cacah bawang, karena cocok dengan database dark web yang bentuknya seperti bawang cacah, yang sangat sulit bahkan untuk ditembus oleh polisi. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Tor Browser di Proyek Tor | Anonimitas di web. Untuk mengakses melalui Android, Anda dapat menggunakan Tor Browser atau Orbot: Tor for Android yang dapat Anda temukan di Play Store.

Sangat disarankan untuk tidak tertarik dengan konten darknet karena sangat berbahaya bagi perangkat dan data pribadi yang tersimpan di ponsel atau laptop/komputer Anda. Nanti bisa dicuri oleh hacker karena situs disana tidak seaman https. Jika Anda masih menggerutu dan ingin tahu, lakukan dengan risiko Anda sendiri, karena saya sudah memperingatkan Anda.

Demikian artikel tentang Darkness of the Deep web, Dark web dan Tor Browser, ingatlah untuk selalu memastikan bahwa data pribadi Anda terlindungi sebaik mungkin agar tetap aman dan jangan membuka deep web dengan seenaknya. .

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *