SOLO, Klikbatu.id (28/04) – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada Jumat (28/04) pagi secara serentak melepas keberangkatan sebanyak 126 bus balik gratis dari 8 kota yakni Surabaya, Madiun, Wonogiri, Solo, D.I. Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, dan Cirebon. Total sebanyak 5.544 orang untuk arus balik telah diberangkatkan untuk kembali ke Jabodetabek. Selain itu juga sebanyak 15 truk digunakan mengangkut 450 unit motor khusus untuk program balik gratis ini yang telah diberangkatkan sehari sebelumnya pada Kamis (27/04) kemarin.

“Keberangkatan masyarakat peserta mudik gratis ini kami lepas dari 8 terminal di Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Barat yakni Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, Terminal Purboyo Madiun, Terminal Giri Adipura Wonogiri, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, dan Terminal Harjamukti Cirebon,” kata Direktur Angkutan Jalan, Suharto yang melepas rombongan dari Terminal Tirtonadi.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Suharto berharap bahwa kegiatan mudik maupun balik gratis dengan bus yang diselenggarakan Kemenhub dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Saya juga berharap saudara sekalian dapat tetap mematuhi protokol kesehatan agar setibanya di Jakarta dapat beraktifitas kembali. Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan kepada Walikota Surakarta maupun seluruh Pemerintah Daerah di kota lainnya yang turut membantu terselenggaranya kegiatan mudik gratis ini. Semoga apa yang telah kita upayakan bermanfaat bagi masyarakat,” urai Suharto.

Arus balik mudik gratis ini merupakan bagian dari rangkaian keseluruhan kegiatan mudik gratis dari Kemenhub. Sebelumnya pemberangkatan penumpang mudik gratis telah dilakukan pada tanggal 18-19 April 2023 dari 5 terminal di Jabodetabek dengan menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor.

Di waktu yang sama, juga dilakukan pelepasan mudik gratis di Terminal Giwangan Yogyakarta oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah dan di Terminal Purboyo Madiun oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Popik Montanasyah, dalam sambutannya ketika melepas keberangkatan bus di Terminal Giwangan Yogyakarta mengatakan, “Dengan menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor diharapkan kegiatan ini berjalan dengan aman dan berkesan bagi masyarakat sebagaimana tema mudik tahun ini yaitu Mudik Aman Berkesan.”

Sementara itu, Sesditjen Perhubungan Darat Amirulloh yang hadir di Terminal Purboyo Madiun mengatakan, “Ini adalah bagian dari program pemerintah bagaimana kita mengurangi kepadatan lalu lintas, bagaimana kita menjaga kelancaran lalu lintas, bagaimana kita menjaga keselamatan dalam arus mudik Lebaran tahun ini.” Menurutnya ada hampir 360-an lebih warga Madiun yang akan kembali ke tempat bekerjanya baik di Surabaya maupun di Jabodetabek. ( Red )

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *