Google Cloud adalah salah satu layanan komputasi awan paling populer di kalangan pengembang dan perusahaan. Layanan ini menyediakan banyak fitur termasuk web hosting, aplikasi dan database hosting. Hosting di Google Cloud bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda membutuhkan lebih banyak fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda tentang cara memulai Google Cloud Hosting.

Cara Menghosting di Google Cloud

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

Buat akun Google Cloud

Langkah pertama untuk memulai hosting Google Cloud adalah membuat akun. Anda dapat membuat akun secara gratis menggunakan tautan berikut: https://cloud.google.com/. Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda akan diminta untuk membuatnya terlebih dahulu. Setelah membuat akun, Anda dapat masuk ke konsol Google Cloud.

Buat Proyek Google Cloud

Langkah selanjutnya adalah membuat project Google Cloud. Project ini akan menjadi ruang kerja virtual Anda di Google Cloud. Untuk membuat proyek, buka Google Cloud Console dan klik tombol “Buat Proyek”. Beri nama proyek dan klik tombol “Buat”. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke dasbor proyek Anda.

Mengaktifkan layanan Compute Engine.

Untuk dapat menghosting di Google Cloud, Anda perlu mengaktifkan layanan Compute Engine. Layanan ini adalah layanan infrastruktur cloud yang menyediakan mesin virtual dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi. Untuk mengaktifkan layanan Compute Engine, klik Menu Navigasi di pojok kiri atas konsol dan pilih Compute Engine. Kemudian klik tombol “Aktifkan” untuk mengaktifkan layanan.

Buat instance Compute Engine

Setelah layanan Compute Engine diaktifkan, langkah selanjutnya adalah membuat instance. Instance adalah mesin virtual yang menjalankan aplikasi Anda. Untuk membuat instance, klik menu “Navigation Menu” dan pilih “Compute Engine” lagi. Kemudian klik tombol Buat Instance. Beri nama instance dan atur sumber daya dan jaringan. Setelah itu, klik tombol “Buat” untuk membuat instance.

Instal dan konfigurasikan server web

Setelah instance dibuat, langkah selanjutnya adalah menginstal dan mengonfigurasi server web. Server web adalah perangkat lunak yang menjalankan situs web Anda. Di Google Cloud, Anda dapat memilih dari berbagai jenis server web, seperti Apache atau Nginx. Untuk menginstal dan mengonfigurasi server web, buka instance Anda dan masuk ke konsol SSH. Kemudian ikuti petunjuk untuk menginstal dan mengkonfigurasi web server sesuai dengan jenis web server yang Anda pilih.

Unduh file situs

Setelah menginstal dan mengkonfigurasi web server, langkah selanjutnya adalah mengupload file website. File situs web dapat diunggah melalui FTP atau SFTP. Anda juga dapat menggunakan Google Cloud Storage untuk menyimpan file situs web. Setelah mengunggah file, pastikan untuk mengonfigurasi server web agar dapat mengakses file tersebut.

Manajemen domain

Langkah terakhir adalah menyiapkan domain. Domain adalah alamat situs web Anda di Internet. Untuk menyiapkan domain, buka Layanan Domain.

kesimpulan

hosting di Google Cloud dapat memberikan manfaat yang signifikan, termasuk fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan yang lebih besar. Proses hosting Google Cloud memerlukan beberapa langkah, termasuk membuat akun Google Cloud, membuat project, mengaktifkan layanan Compute Engine, membuat instance, menginstal dan mengonfigurasi server web, mengupload file situs web, dan menyiapkan domain. Namun, dengan panduan yang tepat, proses hosting Google Cloud dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Dengan memilih Google Cloud sebagai penyedia hosting, Anda dapat yakin bahwa situs web atau aplikasi Anda dihosting di infrastruktur cloud terbaik yang tersedia saat ini.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *