Hosting PostgreSQL Gratis adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional sumber terbuka paling populer di dunia. Seiring meningkatnya permintaan akan aplikasi dan situs web berkualitas tinggi, kebutuhan akan layanan hosting PostgreSQL yang andal dan terjangkau juga meningkat.

Namun, ada berbagai layanan hosting PostgreSQL gratis yang dapat Anda gunakan untuk menghosting database Anda.

Opsi Hosting PostgreSQL Gratis

Berikut ini beberapa opsi:

Opsi Hosting PostgreSQL Gratis

1. Heroku

Heroku adalah platform cloud yang menyediakan layanan hosting PostgreSQL gratis. Selain itu, Heroku juga menyediakan add-on yang bisa Anda gunakan untuk menyempurnakan fitur-fitur PostgreSQL seperti monitoring, caching, dan sinkronisasi data.

Untuk memulai dengan Heroku, Anda perlu membuat akun gratis dan mengikuti panduan instalasi PostgreSQL mereka. Setelah itu, Anda dapat mengakses database Anda melalui konsol atau menggunakan antarmuka baris perintah.

2. ElephantSQL

ElephantSQL adalah penyedia cloud hosting PostgreSQL yang menawarkan paket gratis hingga 20MB. Paket gratis juga memungkinkan Anda untuk menggunakan koneksi sebanyak yang Anda butuhkan, dengan batas waktu 20 menit per koneksi.

ElephantSQL juga menawarkan paket berbayar dengan kapasitas lebih besar dan fitur tambahan seperti sinkronisasi data antar cloud. Meskipun paket gratis mereka memiliki keterbatasan, ElephantSQL masih merupakan pilihan yang baik untuk aplikasi atau situs web dengan basis data yang relatif kecil.

3.Google Cloud SQL

Google Cloud SQL adalah layanan hosting basis data yang ditawarkan oleh Google Cloud Platform. Paket gratis juga menyediakan 20 koneksi simultan dan fitur pencadangan dan pemulihan otomatis.

Untuk memulai Google Cloud SQL, Anda perlu membuat akun Google Cloud Platform gratis dan membuat instance database PostgreSQL. Setelah itu, Anda dapat mengakses database Anda melalui konsol Google Cloud Platform atau menggunakan antarmuka baris perintah.

4. Pergeseran terbuka

OpenShift adalah platform cloud yang menawarkan layanan hosting database PostgreSQL gratis. Paket gratis juga memungkinkan Anda untuk menggunakan koneksi sebanyak yang Anda butuhkan dan fitur penskalaan otomatis.

Untuk memulai dengan OpenShift, Anda perlu membuat akun gratis dan mengikuti panduan instalasi PostgreSQL mereka. Setelah itu, Anda dapat mengakses database Anda melalui konsol OpenShift atau menggunakan antarmuka baris perintah.

5.Amazon RDS

Amazon RDS adalah layanan hosting basis data yang ditawarkan oleh Amazon Web Services (AWS). Paket gratis juga menyediakan fitur pencadangan dan pemulihan otomatis, pemantauan kinerja, dan skalabilitas otomatis.

Kesimpulan

Heroku, ElephantSQL, Google Cloud SQL, OpenShift, dan Amazon RDS menawarkan paket gratis dengan berbagai pilihan dan fitur. Namun, Anda perlu mempertimbangkan batasan ini sebelum memilih hosting yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Sebelum Anda mulai menggunakan layanan hosting PostgreSQL gratis, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh penyedia layanan. Selain itu, cadangkan database Anda secara teratur dan lakukan tindakan keamanan yang sesuai untuk melindungi database Anda dari ancaman keamanan.

Kesimpulannya, di antara sekian banyak host PostgreSQL gratis yang tersedia, Anda dapat dengan mudah menemukan host yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan batasan dan memahami persyaratan sebelum memilih hosting yang tepat untuk database Anda.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *