Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 06.00-18.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kek. Panjang, taksi. Bantul, D.I. Yogyakarta; Map: Pemeriksaan lokasi

Bagi para backpacker yang ingin berburu spot foto kekinian, cobalah menuju kawasan Longgo Bantul. Salah satu yang direkomendasikan adalah hutan pinus Asri. Ada banyak tempat di tempat ini yang jika diabadikan menjadi sangat indah.

Letak geografis wisata yang indah, dilengkapi dengan banyak pepohonan dan pemandangan gunung membuat suasana semakin asri. Belum lagi pesona hutan pinus yang menghiasi foto-foto wisata.

Tak heran, aktivitas anak muda saat ini adalah mengabadikan momen di akun media sosial. Lebih banyak suka dan komentar jika foto terlihat bagus. Banyak yang pergi ke tempat ini hanya untuk selfie atau menikmati pemandangan.

Atraksi Hutan Pinus Asri

Daya tarik hutan pinus yang indah
Kredit Gambar: Biografi Google Maps Asih

Perlu diketahui, wisata yang diberi nama Tempat Pandang Pinus Asri ini tergolong baru karena baru dibuka pada tahun 2017 kemarin. Tempat ini terletak di kawasan hutan yang indah, yang terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan dan dikagumi oleh semua orang yang berkunjung.

1. Banyak Tempat untuk Foto Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak tempat untuk foto di Instagram. Pertama kita akan bahas area spot yang menghadap ke hutan pinus. Wisata ini sebelumnya dikenal dengan nama Hutan Pinus Mangunan.

Berkunjung ke sini, wisatawan tidak hanya mendapatkan foto yang bagus, tetapi juga merasakan suasananya, seperti di hutan Pacific Northwest. Hal ini disebabkan keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi dan diselimuti kabut tipis.

Jadi jangan heran kalau suasana di sini agak dingin. Disarankan untuk membawa pakaian hangat atau jaket.

2. Pemandangan matahari terbit yang luar biasa

Selain zona foto Instagram, wisatawan juga akan disuguhkan tempat unik untuk bertemu matahari terbit. Pengembang pariwisata menyebutnya platform tontonan. Tempat ini diberi sentuhan artistik untuk menonjolkan nuansa alam dan klasik.

Pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit dari atas hanya dengan duduk. Jangan khawatir, karena bangunan Jaga Hutan Pinus Asri terbuat dari kayu jati asli, sehingga sangat awet dan memberikan rasa aman bagi wisatawan.

Banyak wisatawan yang menangkap pesona keindahan alam dari gardu pandang ini. Tidak hanya untuk berswafoto dengan latar belakang hutan dan dataran tinggi, tetapi juga untuk melihat hamparan cakrawala matahari yang luar biasa.

Namun, disarankan untuk tidak berlama-lama di sana! karena pasti banyak turis lain yang mengantre untuk berfoto. Jika ingin lebih puas, maka datanglah di saat sepi pengunjung. Contohnya adalah hari kerja.

3. Cocok untuk anak-anak

Meski kawasan wisata Hutan Pinus Asri mengusung konsep alam dan berada di dataran tinggi, namun tetap cocok untuk anak-anak. Wisatawan bisa membekali mereka dengan pakaian tebal atau pakaian hangat agar tetap hangat.

Hati-hati dan selalu perhatikan gerakan bayi Anda! terutama di dek observasi, karena penghalang rendah dan anak-anak dapat mencapainya.

Berikut adalah beberapa atraksi yang akan ditemui wisatawan saat pergi ke sana. Berkat atraksi ini, masih banyak turis yang datang ke sini, terutama di akhir pekan. Jadi mengantri untuk foto di beberapa lokasi itu wajar, bukan!

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat hutan pinus asri
Kredit Gambar: Google Maps Ibrohim Hanafi

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Hutan Pinus Asri perlu mengetahui dimana tempat atau lokasi sebenarnya. Jangan pergi jauh dari kota, ternyata Anda tersesat dan tidak tahu harus kemana.

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Raya Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda bertanya, jam berapa tempat ini buka? Jawab: 06.00 WIB – 18.00 WIB. Dengan demikian, pengunjung tetap bisa melihat matahari terbit dan terbenam.

Rutenya, jika wisatawan berada di pusat kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 22 km untuk mencapai tempat ini. Waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Jika Anda pernah ke Bukit Mojo, rute melewati hutan pinus hampir sama dengan lokasi wisata.

Tinggal mengarahkan mobil ke arah selatan menuju terminal Giwangan, lalu lurus melewati Jalan Imogiri ke arah timur. Nah, sesampainya di pasar Imogiri, belokkan mobil ke kiri. Nanti, makam para raja akan bertemu.

Namun sebelum sampai di makam belok kanan lebih tepatnya ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan beraspal hingga menemukan kawasan proyek budaya Mangunan. Belok kiri dan hutan pinus Asri akan sangat dekat.

Kabar baiknya, pengelola wisata tidak merinci harga tiket masuknya. Di satu sisi, itu masih gratis. Namun setiap wisatawan yang datang akan dikenakan biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.

Harga sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 10.000. Sangat murah bukan?

Aktivitas menarik di Hutan Pinus Asri Bantul

Aktivitas menarik di Hutan Pinus Asri Bantul
Kredit Gambar: Google Maps Lia 2019

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada bagian tempat wisata, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang menarik untuk dilakukan, antara lain:

1. Ambil selfie

Banyak spot foto yang menarik seperti pemandangan alam, pegunungan, hutan pinus menjelang matahari terbit, tentunya sayang untuk dilewatkan. Selain itu, semuanya sangat instagrammable dan cocok untuk diunggah ke jejaring sosial mana pun.

Wisatawan bisa berswafoto, selfie, atau berduaan dengan orang tersayang. Lebih bagus lagi jika ada kabut tipis. Hasil fotonya akan membuat siapapun yang melihatnya tertarik untuk mengunjungi hutan pinus asri ini.

2. Bertemu matahari terbit

Matahari terbit atau sunrise, bagi sebagian orang ini adalah fenomena biasa. Namun jika dilihat lebih dalam, jika dilihat dari atas, pemandangan benda bulat di sebelah timur ini menjadi sangat indah.

Apalagi bagi mereka yang ingin mencari inspirasi, entah itu mencari jalan keluar dari suatu masalah, mengerjakan disertasi, tugas, atau proyek lainnya, menikmati matahari terbit adalah pilihan yang tepat.

3. Lihat rumah SpongeBob

Tempat wisata alam ini kabarnya memiliki lokasi baru yaitu rumah tokoh kartun favorit anak-anak SpongeBob. Tapi bukan bentuk aslinya ya, tapi hanya replika.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Hutan Pinus Asri
Kredit Gambar: Google Maps Ethan Connor155

Jangan khawatir tentang fasilitas. Memang tempatnya berada di tengah hutan dan kebun buah-buahan, namun pihak pengelola telah menyediakan sarana dan prasarana agar pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan nyaman dan aman. Berikut beberapa di antaranya:

  • Gazebo tempat wisatawan bersantai, berkumpul dan menyantap bekal yang dibawa dari rumah.
  • Tempat untuk foto di Instagram.
  • Akomodasi bagi mereka yang berasal dari kota lain dan tetap ingin menginap di lokasi wisata.
  • Tempat ibadah adalah Kapel.
  • Tempat sampah yang memadai.
  • Membersihkan toilet umum.

Nah itulah gambaran lengkap tentang Kawasan Wisata Hutan Pinus Asri di Bantul. Tidak ingin pergi ke sana? Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam di sini!

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *