Air Terjun Kali yang dingin di Luu Timur menciptakan suasana santai dengan pemandangan hutan hijau dan desain eksotis dari air terjun buatan manusia yang unik.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 08.00-17.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Tabarano, Keck. Vasuponda, Kab. Luvu Timur, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Masih banyak tempat wisata di Indonesia yang tergolong tersembunyi atau sedikit diketahui. Alhasil, kondisinya masih sangat bersih dan asri, jauh dari kerusakan. Di Luvu Timur, Sulawesi Selatan, ada sebuah air terjun dingin bernama Kali permata tersembunyi keindahannya yang tak terbantahkan.

Bagi yang membutuhkan tempat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, ditemani keindahan alam dan suara air terjun yang menyejukkan hati, rasanya perlu mencoba berwisata ke salah satu ikon baru Luu Timur ini.

Apa saja daya tarik objek wisata ini, dimana lokasinya, berapa harga tiket yang harus disiapkan untuk fasilitasnya? Bagi yang berminat, berikut informasi lengkapnya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat ke sana.

Daya tarik air terjun Kali yang dingin

Atraksi Air Terjun Dingin Cali
Kredit Gambar: Google Maps Ikhwan Mahmood

Air terjun ini mengalir dari sungai yang berada di atas bukit, bentuknya sangat eksotik dan pastinya berbeda dengan air terjun biasa di daerah lain. Berikut beberapa daya tarik Air Terjun Kali dingin yang akan mengejutkan pengunjung.

1. Pemandangan alam yang hijau

Di sekitar wisata yang mempesona ini terdapat pemandangan hijau dari berbagai jenis pohon yang sudah ada sejak lama. Tempat ini dulunya adalah sebuah perkebunan yang pemiliknya “mengubahnya” menjadi tempat wisata dengan tampilan yang berbeda, terutama di bagian air terjunnya.

2. Air terjun bertingkat

Pada tempat Air Terjun Kali yang dingin terlihat seperti bebatuan yang dipenuhi lumut, diciptakan khusus untuk menciptakan aliran air terjun yang indah. Bebatuannya berlapis-lapis seperti kepala jamur, lalu air mengalir dengan kecepatan yang cukup tinggi dari sungai di atasnya.

Aliran air terjun membentuk tontonan yang menakjubkan, dipadukan dengan suara gemuruh air yang menenangkan.

Ketinggian air terjun buatan ini sangat bervariasi, kebanyakan hanya 0,5 hingga 1 meter, yang kemudian menyatu menjadi kolam di bagian bawahnya.

3. Air murni

Arus air terjunnya masih sangat jernih, bahkan di kolam yang berada di dasar, pengunjung dapat dengan mudah melihat dasar kolam.

4. Tur Keluarga

Tempat ini memiliki banyak tempat menarik bagi keluarga untuk bersantai, apalagi bagi yang memiliki anak kecil terdapat kolam khusus yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas bermain.

5. Penyembuhan Vasuponda

Tidak sulit untuk mencapai Air Terjun Kali yang dingin, jadi ini untuk warga Luvu Timur yang menginginkannya menyegarkan Anda bisa datang kapan saja tanpa harus mencari liburan panjang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun dingin Kali
Kredit Gambar: Google Maps Angler Boncosan

Berada di Desa Tabarano, Vasuponda, Kabupaten Luu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, tempat ini berada di tempat wisata. Pasalnya, letaknya di dekat ibu kota Luvu Timur, yakni Malili.

Jika dihitung, Anda bisa sampai ke tempat ini hanya dalam waktu 52 menit atau sekitar 37,4 km. Bisa menggunakan kendaraan roda dua, jika ingin berkendara sendiri juga bisa mengendarai mobil.

Untuk menuju air terjun Kali yang dingin itu memang perlu banget upaya karena ada ruas jalan yang berbatu, ditambah ada hutan di kiri kanan jalan. Namun semuanya akan terbayar setelah anda sampai dan melihat langsung betapa indahnya air terjun tersebut.

Jika datang dari Malili, wisatawan bisa menyusuri jalan utama dari Wewang Ryu Malili menuju Sorovako. Lalu belok kanan menuju Jalan H Abdullah sekitar 1 km, lalu belok kanan lagi menuju Jalan Dr. Sam Ratulangi atau Jalan Poros yang menghubungkan Malili dengan Tabarano.

Setelah menempuh jarak 31 km, tinggal belok kiri dan ikuti jalan lurus ke depan sejauh kurang lebih 2,1 km hingga sampai di air terjun cantik ini. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan di sepanjang jalan yang pastinya cukup mengesankan dan pastinya masih alami.

Harga tiket masuk air terjun

Satu pertanyaan yang selalu muncul sebelum mengunjungi sebuah tempat wisata adalah berapa harga tiketnya. Khusus untuk kawasan wisata air terjun ini, tiket masuk untuk orang dewasa sekitar Rp10.000, dan untuk anak-anak sekitar Rp5.000.

Harga ini dapat berubah atas kebijaksanaan administrator situs, jadi pastikan untuk melakukannya update jaga harga tiket terbaru agar Anda bisa menyiapkan dana yang cukup untuk menghabiskan waktu Anda di sana.

Aktivitas menarik di air terjun Kali yang dingin

Aktivitas menarik di air terjun Kali yang dingin
Kredit Gambar: Google Maps Sita Hadilang

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat tiba di wisata seru ini, sehingga sering disebut sebagai full package hidden tour. Dimulai dengan relaksasi, menikmati pemandangan dan diakhiri lintas alam jelajahi objek wisata dari pintu masuk hingga ujung dalam tempat air terjun Kali yang dingin berada.

1. Nikmati pemandangannya

Ini adalah kegiatan gratis di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sampai puas. Dimulai dengan mengamati ruang pepohonan hijau dan bunga-bunga cerah. Hingga anda yakin akan keunikan dan nilai seni yang tinggi dari pemandangan air terjun tersebut.

Siapa pun akan bosan saat menjelajahi air terjun dan berbagai hal lainnya. tempat unggul di bidang itu. Misalnya pemandangan bebatuan berlumut yang dilalui air mengalir membentuk air terjun.

2. Berenang

Beberapa kolam disediakan pengelola, mulai dari yang dangkal untuk anak-anak hingga yang besar untuk dewasa. Di kolam dangkal, orang tua dapat menggunakannya sebagai sarana untuk mengajari anak gaya berenang dan mencegah anak berenang. fobi air.

Uniknya, kolam ini tidak menggunakan keramik modern, melainkan terbuat dari lapisan semen agar terlihat lebih menyatu dengan alam. Aliran air sungai yang keluar masuk cekungan juga sangat bersih, sehingga kemurnian air di cekungan selalu terjaga.

3. Foto selfie

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di kawasan wisata Air Terjun Dingin Kali adalah fotografi, selain untuk mengabadikan momen, juga dengan cara berjejaring sosial. Jangan khawatir, tempat wisata tersebut memiliki banyak spot menarik untuk selfie, wafel, atau sekedar berfoto pemandangan alam.

Beberapa dari mereka sedang dalam perjalanan ke tempat yang dibuat khusus. gaya jalan di drama korea romantis. Ada hamparan bunga di kiri dan kanan yang menambah suasana mesra.

itu sama tempat terbaik di bawah air terjun, dengan latar belakang komposisi batu lumut hijau yang indah.

Jika Anda menginginkan pemandangan hutan hijau, Anda dapat menemukannya tempat di sejumlah paviliun gratis. Sehingga memberikan perasaan unik saat memotret dengan kamera.

4. Istirahat di gazebo

Setelah puas jalan-jalan, berenang, dan fotografi, saatnya bersantai di gazebo kecil dengan desain alami. Terdapat beberapa gazebo bertebaran di lokasi-lokasi strategis di dalam kawasan wisata air terjun, tinggal pilih sesuai keinginan selagi tidak ditempati pengunjung lain.

5. Mendaki

Jika ingin merasakan sensasinya lintas alam dengan jarak yang tidak terlalu jauh, anda bisa mencoba menelusuri jalan menuju lokasi wisata Air Terjun Dingin Kali dengan berjalan kaki Kamu tahu. Hitung aktivitas olahraga Anda sebelum bersantai sambil melihat pemandangan air terjun yang memesona.

Layanan tersedia di area air terjun

Air Terjun Kali Dingin
Kredit Gambar: Google Maps Air Terjun Cali Dingin

Di tempat wisata permata tersembunyi yang merupakan milik Luwu Timur, juga menyediakan beberapa fasilitas untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, seperti:

1. Kafe

Terdapat sebuah kafe yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman bagi pengunjung yang tidak membawa makanan sendiri.

2. Toilet

Toilet juga tersedia bagi pengunjung, terutama bagi yang ingin membersihkan badan sebelum dan sesudah berenang.

3. Parkir

Tersedia tempat parkir yang luas bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan sendiri atau berkelompok.

Karena Air Terjun Kali merupakan salah satu destinasi utama di Luvu Timur, tidak ada salahnya untuk memasukkannya ke dalam daftar tempat liburan Anda di Sulawesi Selatan.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *