Tidak hanya pemandangannya yang indah, pemandian Kali Biru Kendari juga gratis sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke sana.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Bungkutoko, Kek. Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Map: Pemeriksaan lokasi

Sulawesi merupakan pulau di luar Jawa yang memiliki sejuta pesona. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, yang menarik banyak wisatawan ke sini. Salah satu daya tarik utama pulau eksotis ini adalah Sungai Kendari yang biru.

Kali Biru adalah tujuan wisata terkenal yang terletak di Kendari, di tenggara Sulawesi. Kota ini sudah ada sejak abad ke-19 dan menjadi ibu kota kerajaan Laivoi. Kota Kendari sendiri disebut dengan kota Lulo. Nama tersebut berasal dari nama tarian tradisional suku Tolaki.

Kota Kendari memiliki banyak wisata yang membuat ramai dikunjungi orang. Tak heran kota ini disebut jendela Sulawesi. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas salah satu keunggulan Kendari yaitu Sungai Biru yang terletak di Bungkutoko.

Daya Tarik Kali Biru Kendari

Objek Wisata Sungai Biru Kendari
Kredit Gambar: Google Maps Ahmad 47

Tempat ini merupakan tujuan wisata paling terkenal di Kendari. Banyak orang telah menikmati tur. Ternyata, beberapa atraksi berikut membuat tempat ini semakin diminati wisatawan.

1. Air asin

Atraksi pertama yang dimiliki wisata ini adalah air asin. Alasannya berbeda dengan pemandian lainnya yaitu pemandian air tawar. Nah, jika Anda ingin merasakan bermain air atau berenang di air asin selain air laut, Kali Bira bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Pemandangan alam yang indah

Kali Biru merupakan pemandian air laut yang selalu ramai dikunjungi. Pasalnya, selain airnya yang menyegarkan, tempat ini juga dikelilingi pemandangan alam yang indah dan sejuk, serta kebersihan kawasannya juga sangat terjaga.

Tentu saja, ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, air laut yang hijau dan deretan pohon bakau terlihat di sekitarnya, yang membuatnya semakin menarik. Tentunya lebih nyaman bagi wisatawan untuk menginap di sana.

3. Fasilitas yang memadai

Fasilitas yang disediakan di pemandian Kali Biru Kendari juga sangat baik. Tempat di sana cukup lengkap dan bisa digunakan. Ada beberapa paviliun tempat pengunjung bisa bersantai. Gazebo-gazebo ini merupakan benda milik warga yang disewakan.

Tak hanya sebagai tempat bersantai, gazebo-gazebo di kawasan tersebut juga dilengkapi dengan area bilas untuk memudahkan pengunjung yang selesai mandi. Tentunya pengunjung harus membayar untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut.

Biaya penggunaan tempat pembilasan Rp 5.000 per tabung dan Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk menyewa gazebo. Harga sewa ditentukan berdasarkan ukuran gazebo.

Namun, tidak hanya gazebo, tetapi juga struktur lainnya. Tersedia kamar kecil, tempat ibadah, tempat duduk dan persewaan ban yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pengunjung selama berlibur.

Bahkan ada papan lompat dengan dua tingkat. Tingkat pertama cukup rendah, sehingga cocok untuk orang yang takut ketinggian. Sedangkan level kedua adalah papan loncatan yang dibuat cukup tinggi. Level ini bisa digunakan oleh orang yang ingin terjun ke air dari ketinggian.

4. Harga makanan dan minuman yang murah

Kendari Blue River terkenal tidak hanya karena keindahannya, tetapi juga karena harga makanan dan minumannya yang murah. Hal ini membuat banyak pengunjung lebih betah ketika berada di sana karena biaya yang dikeluarkan untuk menikmati berbagai kuliner tidak bertambah.

Contohnya adalah harga satu cangkir kopi yang dijual hanya Rp 5.000 per gelas. Harga snack dan makanan disana juga sangat terjangkau. Jadi ini adalah tempat menginap terbaik bagi pengunjung dengan anggaran kecil.

5. Menjaga kebersihan

Kali Biru juga terkenal dengan kebersihan wilayahnya yang selalu terjaga kondisinya. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas yang tertata rapi. Tempat wisata ini juga aman untuk anak-anak.

Tentunya hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan, karena mereka dapat menikmati keindahan pemandangan dan kuliner tanpa merasa risih di tempat yang kotor. Hal ini juga menunjukkan bahwa pengelola tempat wisata ini telah berusaha keras untuk menarik wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sungai Biru Kendari
Kredit Gambar: Google Maps Ahsan Hidayat Setiadi

Keindahan eksotik Kali Biru menjadikannya tempat wisata favorit di Kendari. Kawasan wisata tersebut sebenarnya merupakan kawasan milik PT Pelindo IV yang dikelola oleh penduduk setempat.

Jika ingin ke sana, wisatawan bisa memilih dua jalur, yakni jalur kota lama dan jalur Anduonokhu. Pengunjung hanya perlu berkendara 27 menit dari kota Kendari jika menempuh jalur kota tua sepanjang 14 km.

Pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat wisata tersebut menggunakan Google Maps. Alamatnya sendiri terletak di Bungkutoko, kota Kendari, provinsi Sulawesi Tenggara. Akses ke sana juga mudah, karena bisa dijangkau dengan sarana transportasi apa saja.

Harga tiket masuk ke alam

Salah satu faktor yang membuat tempat wisata Kali Biru Kendari begitu ramai adalah gratisnya tiket masuk dan biaya parkir. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menikmati pemandangan dan berenang di sana.

Namun, pengunjung tetap harus membayar sewa gazebo. Harga berkisar dari Rs 50.000 hingga Rs 100.000, tergantung ukuran gazebo. Area pembilasan juga dikenai biaya Rp 5.000 per tabung.

Aktivitas menarik di Sungai Biru Kendari

Aktivitas menarik di Sungai Biru Kendari
Kredit Gambar: Google Maps Ahmad 47

Nah, setelah mengetahui tentang atraksi dan manfaat Wisata Pemandian Kali Biru Kendari, kita akan membahas beberapa aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan di sana. Kegiatannya tidak jauh berbeda dengan kelas di pemandian lainnya.

1. Nikmati pemandangan alam

Salah satu hal yang menarik untuk dilakukan di Kali Biru adalah mengagumi pemandangan alam dan menikmati suasana yang sejuk. Karena masih dikelilingi pepohonan, lingkungan di sekitarnya masih asri.

2. Berenang

Karena Kali Biru merupakan wisata pemandian, kebanyakan orang yang datang ke sana sangat ingin berenang. Air di wisata berasa asin karena merupakan air laut. Tapi tenang saja karena airnya masih aman untuk berenang.

3. Nikmati memasak

Selain berenang, sebagian besar pengunjung yang datang ke sini juga menyempatkan diri untuk berburu kuliner. Banyak banget warung di sekitar Kali Biru yang menawarkan aneka makanan dan minuman yang menggugah selera. Pengunjung bisa menyantapnya sambil bersantai di sana.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Sungai Biru Kendari
Kredit Gambar: Google Maps Ahmad 47

Terdapat beberapa fasilitas seperti warung makan, gazebo, tempat bilas, tempat parkir, tempat ibadah, dan papan loncat. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyewa pelampung atau ban.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan anak muda, Kali Biru Kendari juga cocok untuk wisata keluarga. Biasanya saat musim liburan sangat ramai. Jadi, jika ingin merasakan suasana tenang, datanglah ke sini di luar musim liburan.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *