BATU ( Klikbatu.id ) – Dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-78, warga masyarakat Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu menggelar kegiatan acara senam Kemerdekaan, pada Minggu (20/8/2023) pukul 14.00 WIB di RT 1-2, RW 06 Kampung Wisata Kungkuk.

Kegiatan acara senam terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Amirah Ghaida Dayanara, S.IP salah seorang anggota DPRD Kota Batu dari fraksi PDI Perjuangan, warga masyarakat setempat, para donatur dan juga sponsorship.

Panitia PHBN Desa Punten Suwito Pamungkas menjelaskan, bahwa kegiatan senam Kemerdekaan salah satu rangkaian dari PHBN Desa Punten, dimana salah satunya besok juga bakal digelar karnaval.

“Berhubung sound systemnya sudah datang, maka kami manfaatkan dengan menggelar senam Kemerdekaan, kenapa kok ada namanya Horegg, itu dengan eranya sekarang sound, jadi Horegg, bukan namanya senam Horegg, sebenarnya senam Kemerdekaan,” terang Suwito, yang juga ketua Lembaga Desa Wisata Kungkuk.

Dirinya menambahkan, jika dalam senam Kemerdekaan diikuti sebanyak 500 orang, dengan menyediakan tiket seharga Rp 10 ribu, sejumlah 500 tiket, dan terjual habis, sebagai bentuk partisipasi penyediaan welcome drink.

“Ya, jadi sebenarnya kita tidak memungut biaya, akan tetapi hanya sebagai bentuk partisipasi untuk penyediaan welcome drink bagi para peserta yang mengikuti senam Kemerdekaan,” imbuhnya.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa kegiatan acara yang dimaksud hasil dari swadaya warga masyarakat setempat.

“Itu untuk menyewa sound system, selain itu juga ada dari partisipasi para warga masyarakat disini, juga ada support dan donatur yang juga memberikan hadiah dan 100 doorprice. Hadiahnya juga terdiri dari peralatan dapur, kalau hadiah utama adalah mesin cuci,” paparnya.

Dirinya juga menguraikan, berkaitan dengan senam Kemerdekaan yang terselenggara, juga mendapatkan support dari salah seorang anggota DPRD Kota Batu.

“Jadi, dalam even ini Mbak Amirah ikut andil dengan berpartisipasi menyediakan doorprice, karena para anggota atau peserta senam ini juga banyak kenal dengan Ibu Amirah, khususnya yang berada di Dapil Kecamatan Bumiaji,” urai Suwito.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan acara senam Kemerdekaan ini, para warga masyarakat baik yang ada di lingkung RT 1 dan 2 dapat terus terjalin persaudaraan yang kuat.

“Pada intinya, kami selalu menjalin partisipasi terutama dalam hal kerukunan warga masyarakat antar komunitas, karena era zaman sekarang baik yang muda maupun yang tua wajib untuk ikut senam, jadi konteksnya orang-orang yang sudah Lansia, agar tetap selalu sehat wal Afiat,” ucap Suwito.

Sementara itu, salah seorang warga masyarakat Dusun Kungkuk, Desa Punten H. Didik Supriyadi yang mewakili RW 06 menyampaikan, dengan adanya kegiatan senam Kemerdekaan warga masyarakat RW 06 sangat mendukung sekali.

“Karena kita bisa mengadakan kegiatan bersama tentunya bertujuan untuk kesehatan individual. Selain itu, ini juga salah satu rangkaian jadi kita tidak menggandakan cek sound tapi kita mengadakan senam seperti ini. Karena sound sendiri juga dipakai untuk dari ini dan besoknya karnaval,” ujar Pak Kumis, sapaan akrabnya.

Dirinya berharap, dengan kegiatan yang dimaksud, sebagai warga, iapun sangat mendukung sekali, dikarenakan para peserta yang hadir tidak hanya meliputi dari RW 06 sendiri, akan tetapi juga diikuti dari warga masyarakat di luar desa.

“Dengan digelarnya kegiatan disini, tentunya dapat memperkenalkan Kampung Wisata Kungkuk, agar bisa dikenal oleh para wisatawan,” tandasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan acara senam Kemerdekaan tersebut menghadirkan instruktur senam Zumba Guest Star Okky Kyozha, dengan berkolaborasi bersama Arsya Putra audio dan lighting.

( Hr )

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *