Kota Batu ; Giat dalam rangka menyambut pelaksanaan Kongres Kebudayaan Kota Batu ( K3B ) ke – 2 tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada 24 hingga 25 Juni 2023 mendatang , Dewan Kesenian Kota Batu ( Batu Arts Coucil ) mengumpulkan atau mengambil air dari sumber mata air yang ada di kota Batu ( Mendak Tirto ).

Ketua Dewan Kesenian Kota Batu ( DKKB ) Ki Sunarto menjelaskan bahwa kegiatan ” Mendak Tirto ” ini adalah pengambilan atau pengumpulan air dari sumber mata air yang ada di kota Batu. Rabu ( 21/6/2023 ) siang.

” Pengambilan atau pengumpulan air atau dalam bahasa Jawa yaitu Mendak Tirta tersebut dilaksanakan di lima sumber mata air yaitu Sumber Darmi, Pesanggrahan, Songoriti, arboretum, sumber Cinde dan sumber atau mata air yang ada di desa junrejo.

Pengambilan air yang pertama dilaksanakan di Sumber Darmi desa Oro-Oro Ombo dan lokasi sekretariat DKKB juga berada di desa Oro-Oro Ombo.
Kedua di sumber mata air di desa Pesanggrahan karena lokasi Balai Kota Among Tani juga berada di Desa Pesanggrahan.

Dimana pengambilan air di sumber mata air di candi Songgoriti , pengambilan air di sumber mata air arboretum sebagai titik nol sumber mata air yang mengaliri sungai di kota Batu, pengambile air di sumber Cinde karena sumber Cinde tersebut merupakan sumber mata air yang tidak di manfaatkan oleh kota Batu dan kota Malang.

Dari hasil pengambilan air tersebut akan dikumpulkan menjadi satu didalam gentong untuk dilakukan ritual doa lintas agama pada tgl.25 Juni 2023 sebagai air penghidupan yg suci.

” Air suci tersebut nantinya akan dimasukkan kendi dan di bagikan kepada 24 desa dan kelurahan yang ada di kota Batu dan juga diberikan kepada PJ Wali Kota Batu untuk di taruh di Balai Kota Among Tani “, ucapnya.

Ki Sunarto juga menambahkan bahwa dengan mengunakan media ” Kendi ” untuk tempat air suci tersebut ada filosofinya yaitu Kendi yang berarti Kendaline diri ( mengendalikan diri sendiri ).

” Apalagi saat ini kita menghadapi tahun politik, oleh karena itu kita semua harus mampu mengendalikan diri masing-masing “,tegasnya

( Wic )

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *