Malang ( Siaptv.com ) – Keren, Kedungkandang, Kota Malang, berasal dari sampah anorganik yang tidak lagi bisa dipakai, dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Tak hanya mengurangi jumlah sampah di daerahnya, wanita tersebut juga ikut serta mendorong perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Efrida Hartini akrap dipangil, ditangan warga Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang inilah, sampah anorganik yang tidak lagi bisa dipakai, dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Tak hanya mengurangi jumlah sampah di daerahnya, wanita tersebut juga ikut serta mendorong perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Ia pelaku usaha dan Penguatan yang peduli lingkungan, Efrida Hartini mengatakan, tak hanya mendaur ulang limbah anorganik tersebut, dirinya juga aktif budidaya hasil pertanian dengan memanfaatkan lahan kosong. Ide kreatif tersebut juga ditularkan kepada ibu-ibu yang berada di sekitar daerahnya.

Pada awak media siaptv.com Ia menyapaikan : “ Nah awalnya kami mencoba untuk menggerakkan masyarakat untuk menyetorkan sampahnya ke bank sampah, kita kelola sehingga dapat menghasilkan rupiah, dan berhasil dari aktivitas kita ini seperti, seperti baju daur ulang, rajutan dari kantong kresek, ecoprint, hingga limbah kain. kita biasanya membutuhkan 3 cara untuk mengolah limbah-limbah tersebut, yakni  dengan cara dipilah, kompos dan daur ulang.”

Uniknya untuk pemasarannya, dirinya memanfaatkan media sosial dan menawarkannya dari mulut ke mulut, untuk menjajakan hasil produksi mereka. Tak hanya itu, para wanita kreatif ini juga menyediakan persewaan sehingga barang kreasi mereka bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.Sungguh luar biasa bukan

( Wic )

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *