Wisatanews.id,- Salah satu kekayaan wisata Kalimantan adalah wisata alamnya yang menakjubkan. Hutannya yang asri dan alami kerap menjadi tempat favorit para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Salah satu tempat favorit yang biasa dikunjungi adalah Taman Wisata Alam Bukit Tankiling di Palangkaraya. Taman Wisata Alam Bukit Tankiling mencakup semua kawasan perbukitan antara lain Bukit Tankiling, Bukit Baranahu, Bukit Buhis, Bukit Liau, Bukit Kitabala, Bukit Bulam, Bukit Tisin, Bukit Kalalawit dan Bukit Tunggal.

Destinasi wisata ini dikelola oleh Badan Perlindungan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kementerian Lingkungan Hidup Divisi Kalimantan Tengah. Kawasan wisata ini sangat luas, sekitar 2000 kilometer persegi.

Daya tarik wisata Taman Wisata Alam Tankilin yaitu ekosistem alam flora dan fauna hutan tropis, perbukitan, gudang jamu/obat, kolam dengan buaya, beruang, gudang anggrek, panjat tebing, jalan meditasi, trekking hutan dan pohon lindung (tengkawang, pohon besi) dan lebah madu.

Taman Wisata Alam Bukit Tankiling merupakan salah satu tempat wisata alam di Palangka Raya.

Wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas terkait. Mulai dari tempat parkir mobil, kamar mandi/toilet/toilet, alat keamanan, air bersih, penerangan/listrik, tempat sampah, papan informasi wisata, tempat hiburan, gazebo, bumi perkemahan, tempat ibadah dan berbagai fasilitas lainnya.

Harga tiket masuk tempat wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 pada akhir pekan. Sedangkan untuk turis asing Rp 150.000 per hari. Tarif parkirnya sekitar Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat termasuk bus wisata.

Alamat objek wisata ini adalah: Jalan Wisata RT 05/03, Desa Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Dapat ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan umum seperti mobil, sepeda motor dan bus wisata dengan jarak sekitar 34 km yang membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dari pusat Kota Palangka Raya.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *