Jakarta ( Klikbatu.id ) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, melepas keberangkatan para peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kemenhub Tahun 2023 menggunakan KM. Dobonsolo tujuan Jakarta – Semarang, di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (15/4).

Pada program mudik gratis naik kapal tahun ini, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut melaksanakan empat kali keberangkatan kapal, yaitu untuk arus mudik rute Jakarta – Semarang pada 15 dan 17 April 2023 dan untuk arus balik rute Semarang – Jakarta pada 25 dan 28 April 2023. Adapun total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut yaitu 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang.

Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan sepeda motor di jalan, program ini juga dilakukan sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut dapat menjadi pilihan angkutan yang baik untuk mudik lebaran.

Menko Muhadjir menilai, penyelenggaraan program mudik gratis naik kapal pada tahun ini telah dipersiapkan dengan baik. “Tahun depan saya sarankan penambahan kapasitas supaya yang lewat jalur laut semakin banyak, untuk mengurangi resiko kendaraan roda dua. Mudik dengan kapal laut ini sangat besar artinya untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengatakan program yang sudah dilaksanakan Kemenhub sejak 6 tahun lalu, telah dipersiapkan dengan matang. “Alhamdulillah saya melihat ekspresi kegembiraan dari para peserta. Semoga perjalanannya lancar dan sampai di tempat tujuan dengan selamat,” ujar Menhub.

Menhub menjelaskan, selain dua keberangkatan kapal dari Kemenhub, masih ada dua kapal perang yang akan diberangkatkan yaitu program mudik gratis dari TNI AL.

Lebih lanjut, Menhub berpesan kepada peserta mudik gratis agar tidak memaksakan diri untuk langsung melanjutkan perjalanan setelah sampai di tujuan. “Bagi yang mau melanjutkan perjalanan ke Boyolali, Sragen, Grobogan, dan lainnya agar jangan memaksakan diri jika merasa lelah. Ingat, keselamatan nomor satu, ” ujar Menhub.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Laut, antusiasme masyarakat untuk mengikuti program mudik gratis naik kapal ini cukup tinggi. Untuk keberangkatan pertama KM Dobonsolo tujuan Jakarta – Semarang pada 15 April 2023 jumlah yang terdaftar sebanyak 756 motor dan 1.634 orang.

Sedangkan berdasarkan data sementara, untuk keberangkatan kedua pada 17 April 2023 jumlah yang terdaftar sebanyak 1.091 motor dan 2.496 orang. Kemudian untuk arus balik, keberangkatan pertama tujuan Semarang – Jakarta pada 25 April 2023 sebanyak 746 motor dan 1.719 penumpang. Selanjutnya, untuk keberangkatan kedua pada 28 April 2023 sebanyak 1.122 motor dan 2.497 penumpang.

Turut hadir Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Dirut PT Pelni Tri Andayani dan Direksi. PT Prlindo.

( Red )

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *