Pantai Bosur adalah nama lain dari Pantai Inda Pandan. Pesonanya sangat epik dengan banyak fasilitas yang memadai. Sebelum ke sana, simak dulu reviewnya!

Harga tiket: Rp 5.000 Jam kerja: 08.00-17.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Diantaranya, Kek. Pandan, taksi. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Map: Pemeriksaan lokasi

Indonesia adalah negara maritim dengan banyak pantai yang menakjubkan. Ada satu di Tapanuli Tengah yang menjadi tujuan wisata unggulan yaitu Pantai Bosur. Namanya bisa sangat aneh. Tapi jangan tersanjung, ternyata banyak turis yang datang ke sini, baik domestik maupun mancanegara.

Mereka biasanya memadati pantai pada hari libur nasional dan akhir pekan. Memang masih banyak tempat wisata di Tapanuli Tengah yang bertema gunung, perbukitan dan lain sebagainya, namun pantai ini tetap menjadi idola.

Panorama alam yang disajikan dijamin tidak mengecewakan pengunjung. sebaliknya, mereka akan dimanjakan dengan suasananya yang worth it dan bisa menyegarkan pikiran. Dan inilah ulasan lengkapnya!

Daya Tarik Pantai Bosur

Objek wisata pantai Bosur
Kredit Gambar: Google Maps Usman Riau

Jika seseorang sedang berlibur, tentu ingin bersantai dan mencari ketenangan. Sayangnya, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Destinasi wisata alam yang banyak dipilih selain pegunungan adalah pantai karena dipercaya dapat meningkatkan mood dan pikiran.

Sekarang setiap pantai harus memiliki daya tarik tersendiri, yang terletak pada keunikan atau orisinalitas tempat tersebut. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bosur:

1. Menyimpan cerita yang menarik

Ada satu fakta menarik kenapa pada akhirnya pantai ini diberi nama Bosur. Bosur sendiri merupakan nama yang diambil dari gabungan nama bupati Tapanuli Tengah yaitu Bondara Situmeang, dan wakil bupatinya yaitu Sukran Tanjung.

Saat pilkada digelar, nama mereka memang disingkat menjadi Bosur. Namun, karena masa mereka berakhir dan masyarakat setempat ingin memperbaikinya, nama tersebut dihapus dan diubah menjadi Pantai Indah Pandan atau PIP.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengubah nama tersebut sebagai jawaban atas aspirasi masyarakat setempat. Saya berharap pantai ini lebih dikenal luas dengan nama yang indah.

Jadi sebelum bernama Bosur dan berganti nama, pantai ini bernama Pantai Kahona dan akhirnya berganti nama pada tahun 2019.

2. Pantai Bosur menarik perhatian khusus

Pantai Bosur atau PIP mendapat perhatian khusus baik dari pemerintah maupun masyarakat setempat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme perubahan nama yang telah dijelaskan di atas.

Pantai ini terbilang cukup muda karena baru dibuka pada tahun 2013 lalu. Seiring berjalannya waktu, pihak Dinas Pariwisata terus melakukan pembenahan dan pemeliharaan fasilitas agar wisatawan dapat merasa nyaman saat berada disini.

Kabar yang terdengar adalah bahwa pemerintah setempat rela mengeluarkan dana sekitar $12 miliar untuk membuat tampilan browser menjadi lebih sempurna. Fasilitas tambahan termasuk taman bermain anak-anak, perahu, jet ski, banana boat, pujasera dan lainnya.

Selain itu, dibangun masjid terapung yang juga melengkapi jajaran masjid lainnya, misalnya di pantai Losari Makassar. Pemerintah juga memasang tanda besar “Saya cinta Tapeng” di Bosur. Ini menegaskan bukti bahwa pantai menawan ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

3. Panorama alam yang indah

Pantai ini terkenal dengan panoramanya yang indah. Namun, Pantai Bosur memiliki nilai plus. Pasir putih yang terbentang dari ujung ke ujung. Dan pantai ini dekat dengan rumah penduduk, sehingga di sepanjang garis pantai pengunjung akan melihat banyak penduduk yang menjalankan bisnisnya sehari-hari.

Air lautnya sangat biru. Jika cuaca cerah, pemandangan awan dan air akan menyatu, yang akan sangat menyegarkan mata siapapun yang melihatnya.

Meski pantai ini sudah berganti nama, namun tidak membuat wisatawan menolak untuk mengunjunginya. Apalagi sekarang masih ada renovasi yang membuat pantai lebih nyaman untuk dikunjungi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Tiket masuk pantai Bosura
Kredit Gambar: Kura-kura Bersayap Google Maps

Pantai Bosur, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terletak di utara Sumatera. lebih tepatnya di Sibolga Kabupaten Tapanuli Tengah. Tempat ini memang dikelilingi oleh koordinat penting yang sangat strategis. Kawasan ini juga dikelilingi oleh beberapa pulau yang indah.

Contohnya Pulau Sarudik, Ponkan, Mursala dan masih banyak lainnya. Tak heran jika pantai ini disebut Bali Sumatera Utara karena keindahannya dan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjunginya.

Oleh karena itu, untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus mengarahkan mobilnya ke desa Kalangan, kecamatan Pandan. Ada tiga jalur yang bisa ditempuh yaitu jalur darat, udara dan laut:

1. Garis tanah

Wisatawan dapat memulai perjalanannya saat berada di kawasan Tapanuli Utara. Arahkan mobil ke arah Sibolga, lalu ke arah Barus. Lanjutkan hingga bertemu Jalan Ade Irma Suryani dan keluar di Jalan Sutoyo Siswomiharjo.

Lokasi pantai ini sangat dekat dengan jalan raya. Wisatawan biasanya menggunakan fitur Google Maps di ponselnya dan tentunya sangat mudah dikenali.

2. Jalur udara

Yang kedua adalah saluran pernapasan. Wisatawan dapat berhenti di Bandara Kuala Namu kemudian melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum untuk langsung sampai ke tempat tujuan.

3. Jalur laut

Yang ketiga adalah jalur laut. Wisatawan harus terlebih dahulu tiba di pelabuhan Belawan. Lanjutkan ke Terminal Amplas dan naik bus ke Terminal Tarutung. Bus akan membawa wisatawan ke pintu masuk ke pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket masuk yang dinilai setibanya di tempat ini adalah:

Informasi Harga
Tiket masuk Rp 5.000
parkir roda dua Rp3.000
Parkir roda empat Rp 5.000

Harga tiket di atas cukup murah jika dibandingkan dengan panorama bagus yang Anda dapatkan. Pastikan untuk menyiapkan budget tambahan untuk menikmati kuliner di pantai.

Aktivitas menarik di pantai Bosur

Aktivitas menarik di pantai Bosur
Kredit Gambar: Google Maps Vendrick Pangaribuan

Mengetahui ulasan di atas, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Bosur? Mempertimbangkan daya tariknya, ini luar biasa:

1. Bepergian dengan perahu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah berkeliling pulau dengan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata. Wisatawan akan melihat Batu Gaja dan Batu Lubang yang terletak di ujung teluk.

2. Kenikmatan matahari terbenam

Sudah bukan rahasia lagi kalau pantai adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset. Di sini juga pengunjung bisa melihat indahnya proses sunset.

Penampilan warna kuning keemasan dan jeruk berpadu dengan segarnya udara memang tak boleh dilewatkan.

3. Bermain air dan berenang

Mengingat ombak di Pantai Bosur cukup landai, wisatawan diperbolehkan untuk berenang dan bermain air. Tapi tetap safety, terutama bagi yang mengajak anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Bosur
Kredit Gambar: Google Maps Mel Sagala

Pengelola pantai cantik ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Parkir luas untuk roda dua dan empat.
  • Ada gazebo tempat Anda bisa makan dan bersantai.
  • Toilet bersih dan memadai.
  • Pakaian.
  • Kursi santai di pantai.
  • Olahraga Air
  • Berbagai tempat kuliner seperti restoran dan warung makan sederhana.

Pantai Bosur memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi saat ini pemerintah dan masyarakat setempat sudah banyak melakukan renovasi dan peningkatan untuk memudahkan pengunjung dalam berwisata.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *