Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 06.30-00.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Pahami, Kek. Sibuaya, taksi. Karawang, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Pantai Sedari bisa dijadikan tempat bersantai saat berada di Karawang. Letaknya yang strategis dekat dengan kota menjadikannya destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Pada waktu-waktu tertentu, pantai ini sangat ramai dan banyak dikunjungi pengunjung. Masih asrinya alam menjadi salah satu alasannya, tentunya masih banyak lagi yang perlu dibahas.

Karawang tidak seindah Bandung dan Jogya. Namun untuk kategori tempat wisata, kabupaten di Jawa Barat ini terbilang cukup lengkap. Sebut saja dari kategori wisata religi, atraksi permainan, wisata alam dan masih banyak lagi lainnya. Pantai juga ada di sini dan ini adalah wisata yang paling menarik untuk dikunjungi.

Pantai pasir coklat Sedari menawarkan keindahan alam yang begitu eksotis. Ada hutan bakau di dekat pantai, meski awalnya dibuat untuk menahan abrasi, keberadaan pohon bakau ini menambah pesonanya. Suasananya yang masih alami, sejuk dan asri membuat tempat ini semakin digemari wisatawan.

Daya Tarik Pantai Sedari

Objek wisata pantai Sedari
Kredit Gambar: Google Maps Kaya Sultan

Setiap wisata harus memiliki atraksi yang menarik pengunjung. Dalam hal ini, pantai umumnya memiliki daya tarik karena birunya air laut, pasir dan pemandangan di sekitarnya. Seperti halnya Pantai Sedari, sebagian besar daya tariknya tidak lepas dari semua yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Pemandangan Pantai Sedari yang unik

Pantai di Karawang ini tidak memiliki air biru jernih seperti di Bali atau tempat lain. Airnya berwarna coklat dan terlihat keruh dari kejauhan. Namun, ada banyak keseruan yang Anda dapatkan di sini. Misalnya, berenang atau bermain air di pantai. Untuk menjaga keamanan, pihak pengelola menyediakan ban, silahkan disewa.

Di sisi lain, pantai ini juga tidak memiliki pasir putih yang khas, melainkan pasir berwarna coklat. Namun kelembutan pasirnya bisa Anda rasakan saat melangkah tanpa alas kaki. Detailnya sangat kecil, yang biasanya digunakan sebagai sarana bermain bagi anak-anak dan orang tuanya.

2. Hutan bakau hijau

Daya tarik Pantai Sedari selanjutnya adalah hutan bakau atau biasa disebut hutan bakau. Tidak semua pantai memiliki mangrove yang fungsi utamanya adalah menahan abrasi. Selain itu tumbuhan pantai ini juga berperan sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh biota laut di sekitarnya.

Bagi wisatawan, keberadaan hutan bakau ini menambah keindahan, sekaligus warna hijaunya. Seperti yang Anda ketahui, sebagian besar pantai hanya ditumbuhi pohon kelapa yang merupakan tumbuhan khas mereka. Namun kali ini tidak, Anda tidak bisa menemukan pohon kelapa. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati suasana hutan bakau yang indah.

3. Gelombang tenang

Pantai Sedari bukan tanpa alasan banyak dikunjungi wisatawan, padahal banyak pantai di Karawang yang lebih indah. Salah satu alasan yang dipertimbangkan karena karakteristiknya, pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang. Praktis tidak ada ombak besar di pantai ini, hanya ombak kecil yang menyerupai riak.

Itu sebabnya keluarga datang ke sini, karena mereka bisa bermain bebas di pantai bersama anak-anak mereka. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat mengikuti langkah-langkah di sini. Apalagi jika Anda membawa anak-anak, awasi mereka dan jangan biarkan mereka lepas dari pengawasan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Sedari
Kredit Gambar: Google Maps Agil Zero

Sebelum Anda mengunjungi Pantai Sedari, Anda harus tahu di mana letaknya agar mudah ditemukan. Alamat wisata Karawang ini terletak di Desa Sedari, Kecamatan Chibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jarak dari Alun-alun Karawang atau pusat kota sekitar 47 kilometer, Anda bisa berjalan kaki dalam waktu 1 jam 30 menit.

Letaknya cukup jauh dari pusat kota namun dekat dengan pemukiman penduduk sehingga mudah ditemukan. Jika Anda sedang berada di pusat kota, silakan menuju Tugu Proklamasi terlebih dahulu. Kemudian menuju ke Jalan Raya Medangasem dan kemudian ke Jalan Raya Bolang.

Gunakan Pasar Citopeng sebagai landmark Anda selanjutnya, lalu ikuti rute utama. Selama perjalanan anda akan menyusuri sungai Chitarum, lanjutkan perjalanan hingga melewati jembatan desa Sedari. Lokasi wisata berjarak sekitar 2,5 kilometer dari jembatan ini, ikuti rambu atau gunakan peta Google.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Berkunjung ke Pantai Sedari Karawang tentunya tidak gratis, ada harga yang harus anda bayar jika ingin masuk. Namun harga tiket masuknya terbilang murah karena hanya dipatok Rp 10.000 per pengunjung. Dikatakan sangat murah karena semua keunikan dan keindahan bisa Anda nikmati dengan harga tersebut.

Biaya tambahan hanya diperlukan jika Anda datang dengan membawa kendaraan sendiri, baik itu sepeda motor atau mobil. Tentu saja, ada perbedaan harga antara keduanya terkait biaya parkir. Jika Anda datang dengan sepeda motor, biaya yang berlaku adalah Rs 5.000. Sementara jika datang dengan mobil, siapkan dana tambahan sebesar 10.000 rupiah.

Aktivitas menarik di Pantai Sedari

Aktivitas menarik di Pantai Sedari
Kredit Gambar: Google Maps Puji Lestari

Cukup banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Sedari, bahkan semuanya terbilang menarik. Misalnya bermain pasir dan merasakan kelembutannya, menikmati keindahan alam, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum langkah-langkahnya!

1. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam

Tidak seindah pantai-pantai pada umumnya, tapi setidaknya pemandangan air laut, pasir dan hijaunya tumbuhan bakau. Wisatawan yang sedang tidak mood untuk beraktivitas di luar ruangan biasanya lebih memilih untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Ditemani angin segar, istirahat di sini jadi lebih seru.

2. Naik perahu

Aktivitas menarik selanjutnya di Pantai Sedari adalah berperahu. Tempat wisata ini menawarkan banyak alat bantu, salah satunya adalah perahu. Jika Anda ingin merasakan ombak menghantam Anda, sewalah perahu. Menariknya, rute yang akan Anda tempuh akan melewati hutan bakau yang hijau dan menyegarkan pandangan.

3. Berenang dan bermain air

Tidak bisa dipungkiri bahwa aktivitas yang paling menarik dan menyenangkan di pantai adalah berenang. Apalagi di pantai eksotis di Karawang ini ada yang bercirikan ombak tenang. Namun jika masih khawatir, sebaiknya bermain air di pantai saja karena dijamin lebih aman, namun tetap menyenangkan.

4. Bermain pasir

Pantai Sedari tidak hanya cocok untuk berenang dan bermain air, tetapi juga untuk bermain pasir. Teksturnya yang lembut menjadi salah satu keunggulannya dan lebih mudah dibentuk dibandingkan butiran pasir putih. Pengunjung yang sering mengikuti kegiatan ini tidak lain adalah anak-anak, ada juga orang dewasa yang menemani.

5. Wisata kuliner

Rekomendasi menarik lainnya untuk mengunjungi pantai cantik ini adalah wisata kulinernya. Tak jauh dari pantai Anda akan menemukan banyak warung yang berjejer rapi. Sebagian besar warung yang dimaksud menawarkan menu seafood yang sangat nyaman karena letaknya di tepi pantai. Dalam hal ini, ikan yang digunakan masih segar, kebanyakan diolah dengan cara dipanggang.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Sedari
Kredit Gambar: Google Maps Lusyan Tri Kusuma

Pantai Sedari dikelola dengan sangat baik oleh pihak terkait dan warga setempat. Oleh karena itu, sarana bantu yang disediakan banyak, kondisinya memadai. Misalnya tempat parkir yang luas, bahkan bisa parkir tepat di pinggir pantai. Fasilitas lainnya meliputi toilet, mushola, gazebo, kios, dan persewaan pelampung.

Berkunjung ke tempat wisata merupakan suatu kebutuhan tidak hanya pada saat liburan saja. Bagi sebagian orang, berwisata adalah suatu keharusan untuk menyegarkan pikiran agar terasa fresh kembali. Dalam hal ini, pantai Sedari layak menjadi pilihan utama jika Anda berada di Karawang karena memiliki banyak keindahan dan daya tarik.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *