Sidoarjo, Klikbatu.id ,- Guru memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak, kepribadian anak penting disiapkan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) kedepannya. Guna mendapatkan SDM yang berkualitas, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengajak para tenaga pengajar untuk berperan aktif mencetak SDM yang unggul.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali pada acara pelantikan pengurus Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Sidoarjo tahun 2024 – 2029 di Pendopo Delta Wibawa menyampaikan pembangunan SDM yang berkualitas dan unggul harus dilakukan oleh seluruh elemen, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat.

“Jika hanya pemerintah daerah saja, maka tidak akan tercapai. Saya ucapkan terimakasih atas partisipasi Pergunu yang selama ini telah membantu pemerintah dalam uapaya mencerdaskan anak bangsa”, jelas Ahmad Muhdlor Ali pada Selasa (27/2/24).

Bupati muda Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor mengatakan Pergunu merupakan organisasi jejaring NU yang berpotensi besar mampu mencentak SDM berkualitas dan unggul. Karena lembaga pendidikan berbasis islam tersebut sudah tersebar ke berbagai pelosok wilayah dan desa, sehingga memiliki jangkauan yang sangat luas.

“Jejaring yang luas inilah yang menjadi kunci untuk memperkuat SDM. Bahkan, rapot Bupati yaitu IKI atau Indikator Kinerja Individu pada penilaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) mampu mencapai nilai yang ditargetkan di tahun 2026 yaitu 81,88 point”, ungkap Gus Muhdlor.

Dari data tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo akan terus mensuport dan berkomitmen dalam upaya peningkatan SDM guru yang akan amencetak generasi cerdas dan berakhlak. Selain itu guru juga memiliki peran dalam membentuk karakter anak, sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang inspiratif.

Respon baik ditunjukkan ketua pimpinan cabang Pergunu Sidoarjo Ahmad Anwar, bahwasannya pihaknya telah siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat. Selain itu untuk lebih meningkatkan SDM guru, Pergunu juga telah bekerjasama dengan beberapa universitas swasta lainnya, dalam hal ini terkait pelatihan guru.

“Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sidoarjo, bersama-sama kami akan mengembangkan metode pembelajaran inovatif dan memastikan para guru terus meningkatkan kompetensinya. Dengan perkembangan teknologi yang canggih saat ini, perlu diikuti juga skill guru yang sesuai zamannya sehingga kami terus mengasaha hal itu”, ujarnya.

Nhadi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *