Pengembangan Website Sebagai Sarana Informasi di Kampung 1001 Malam Surabaya

Surabaya ( Klikbatu.id ) – Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga kembali menggelar rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat 1001 Malam, rangkaian acara kali ini yaitu acara Peluncuran Resmi Website 1001 malam, yang dapat diakses di website 1001malam.net.

Kegiatan ini diwakili oleh tiga dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan, yaitu Ragil Tri Atmi selaku ketua Pengabdian Masyarakat, Fitri Mutia selaku Sekretaris Departemen juga turut hadir dan mengisi materi bersama Imam Yuadi. Kegiatan Pengmas ini juga melibatkan partisipasi aktif dari 6 mahasiswa selaku Panitia Pengmas yang turut serta menyukseskan peluncuran Website 1001 Malam.

banner 728x90

Acara peluncuran ini juga dihadiri 3 tamu undangan dari DPRKPP (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Pertanahan), salah satunya yaitu Adinda Setioningrum, ST selaku Kepala UPTD Rumah Susun Kota Surabaya. Acara peluncuran website ini dilakukan di Gedung C FISIP UNAIR.

Acara peluncuran website tidak hanya memperkenalkan website kepada warga dan tamu undangan, tapi juga memberikan pembekalan mengenai bagaimana cara mengelola website, serta memberikan strategi yang efektif untuk membagikan informasi yang ada dalam kampung 1001 alam ke public dalam bentuk artikel.

Beberapa strategi yang efektif untuk membagikan informasi melalui media yaitu (1) Membagikan konten yang relevan, (2) mengorganisasikan konten, (3) Menyunting kontenn, (4) Memperbarui konten secara rutin, (5) Promosi di berbagai sosial media, (6) Mengevaluasi konten, (7) Hak Cipta konten pada Website. Dalam acara ini juga memberikan pembekalan mengenai bagaimana cara mempromosikan karya atau produk yang dimiliki oleh warga 1001 malam dalam website.


Fitri Mutia selaku Sekretaris Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan memberikan tanggapan positif dalam penciptaan website kampung 1001 malam “Merupakan suatu kegiatan yang sangat positif dan saya yakin hasilnya data dirasakan oleh masyarakat tidak hanya di kampung 1001 malam tapi juga untuk masyarakat yang lebih luas, karena salah satu luaran yang dihasilkan yaitu mempromosikan hasil produk ekonomi masyarakat di kampung 1001 malam, yang dalam hal ini mereka juga dibekali ilmu pengetahuan bagaimana mempromosikan karya mereka di media sosial, hal ini tidak terlepas dari kondisi masyarakat yang sangat berkembang terutama di pemanfaatan teknologi digital.”

Harapan dan respon positif ini tentu juga sama dirasakan oleh warga Kampung 1001 malam.
Warga yang datang juga turut aktif dan kolaboratif menyampaikan tanggapan dan juga harapan atas peluncuran website 1001malam.net. Acara peluncuran Website 1001 Malam mengundang 12 warga kampung 1001 malam yang berusia produktif. Salah satunya ibu Purwanti selaku salah satu warga kampung 1001 malam “Tanggapan saya tentang website 1001malam ini sangat membantu, terutama bagi warga yang telah dipindahkan ke rusunawa benowo-pakal. Bagi mereka, website ini dapat membantu menjaga hubungan dengan kampung tersebut dalam segala aspek, baik sosial maupun kehidupan warga yang telah dipindahkan. Saya berharap website ini akan memberikan informasi tambahan tentang apakah 1001 malam masih ada atau tidak? Jawabannya masih ada, dan saya berharap juga bahwa ini akan memberikan dampak positif bagi semua kegiatan warga 1001 malam di rusunawa Benowo-Pakal serta menjadi platform untuk ibu-ibu untuk berkreasi di sana”.

Kepala UPTD Rumah Susun Kota Surabaya, Adinda Setioningrum juga memberikan kesan pesan terhadap peluncura website 1001 malam

“Terima Kasih atas Pengabdian Masyarakat ini sehingga dapat menciptakan website khusus untuk warga ex kampung 1001 malam yang sudah dipindahkan ke Rusunawa Benowo – Pakal, semoga adanya website ini bisa mengenalkan bagaimana kehidupan warga setelah berpindah, dapat terlihat bagaimana sejarah warga kampung 1001 malam sampai saat ini, dan semoga website ini bisa memberikan semangat dan manfaat kedepannya untuk warga”

Berbagai respon positif yang ada tentunya juga membantu berlangsungnya acara peluncuran website 1001 malam. Sehingga, diharapkan kedepannya website 1001malam.net dapat terus memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat luas sesuai dengan yang diharapkan oleh berbagai pihak.

( Efn )

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *