PTPN XII Bersama Polres Polres Malang Serahkan Sumur Bor Ke Warga

Kabupaten Malang | PTPN XII Malang bersama Polres Malang menyelenggarakan kegiatan serah terima Sumur Bor beserta Fasilitas Air bersih kepada Masyrarakat di sekitar desa Tegal Rejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang pada hari Rabu 23/08/2023.

Dalam rangka mengantisipasi krisis air terutama pada saat musim kemarau yang ada di wilayah malang selatan tepatnya di kecamatan Sumbermanjing Wetan desa Tegal Rejo, Pihak PTPN XII Malang bersama Polres Malang menyelenggarakan acara penyerahan sumur bor beserta fasilitas air bersih kepada masyarakat sekaligus juga penanaman bibit pohon secara serentak.

banner 728x90

Dengan tingkat kedalaman 55 meter dan dapat memenuhi keperluan air bersih bagi 500 KK. Yang tinggal di sekitar area sumur bor di desa tegal rejo dan juga sekaligus untuk keperluan 50 karyawan yang bekerja di PTPN XII malang.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Wibi Rikananto, S.P selaku Manager PTPN XII Malang, Kejari Malang, Dandim, Babhinkamtibmas, Babinsa, Kepala dinas Cipta Karya Kabupaten Malang, Kepala Desa Tegal Rejo beserta jajaranya dan juga linmas.

AKBP Putu Kholis Aryana S.I.K. Menyampaikan Tujuan sumur bor ini adalah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih agar tidak ada lagi krisis air bersih di wilayah tersebut.

” Kegiatan penanaman pohon secara serentak di seluruh wilayah di kabupaten malang kurang lebih ada dua ribu bibit pohon salah satunya ada di kecamatan sumbermanjing wetan karena kami melihat kecamatan ini yang punya potensi bencana, oleh kaerna itu kami ingin berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam, harapanya ke depan bisa bermanfaat untuk keberlangsungan serta punya manfaat bagi masyrakat kecamatan sumbermanjing wetan” Jelasnya.

Selain menanam pohon juga membuat sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga masyarakat sumbeanjing wetan.

“Kemudian kami juga bersama-sama bahu membahu dengan seluruh elemen dan komponen membantu sumur bor dan pompa air di fase musim kemarau ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat di sekitar sini ada 500 KK. Bisa mengambil manfaat air dari sumur bor, di satu sisi kami juga memberikan bantuan peralatan sekolah dan buku-buku bagi sekolah SD dan SMP di desa Tegal Rejo Ini dengan harapan bisa memberi manfaat bagi adik-adik yang sedang menimba ilmu di sekolahan sini, yang kami kerjakan ini sebagai wujud cinta kami serta kepedulian kami pada kabupaten malang dan semua elemen masyarakat dapat bersatu dan bersinergi dalam menjaga kondusifitas situasi di kabupaten malang untuk membangun bangsa dan negara”. Tegas AKBP Putu Kholis Arya.

Dalam kesempatan yang sama Wibi Rikananto S.P Selaku Manager PTPN XII juga menyampaikan bahwa sumur bor tersebut dapat mengeluarkan debit air hingga sekitar 2000 liter per jam.

“Sumur bor ini di peruntukan guna memenuhi kebutuhan air bersih ada 50 Karyawan di sini dan 500 KK. Warga yang tinggal di sekitar sini, di tahun ini ada dua titik unit dengan debit air sekitar 2000 liter per jam dengan diameter sumur bor 20-30 Centi Meter.
Dan saat ini yang sudah terealisasi sudah kami salurkan ke sekolah dan masjid dan seterusnya akan kami salurkan ke wilayah-wilayah di sekitarnya, harapanya agar warga tidak lagi kesulitan untuk memenuhi keperluan air bersih khususnya pada saat musim hujan tiba”. Jelas Wibi Rikananto Yang juga banyak memiliki gagasan Inovasi dalam pemajuan program.

Dengan adanya sumur bor serta penanaman bibit pohon di PTPN XII Masyarakat desa tegal rejo dan sekitarnya dapat memanfaafkan sebaik-baiknya dan juga tidak perlu lagi khawatir akan krisis air bersih di desanya.

( Hr )

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *