Jika Anda berada di jalur Kolaka-Kendari, ada baiknya berhenti di Moveve Peak untuk beristirahat dan menikmati pemandangan yang indah. Seperti apa panoramanya?

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Poros Kolaka – Kendari km. 30 Mowewe, Horodopi, Kec. Pindah, taksi. Colaka Timur, Sulawesi Tenggara; Map: Pemeriksaan lokasi

Indonesia tidak pernah kekurangan tempat wisata. Pengunjung dapat dengan mudah menemukannya di berbagai penjuru nusantara. Salah satunya adalah Puncak Mouewe. Keindahan tempat wisata ini tentunya tidak boleh dilewatkan.

Wisata ini terletak di tenggara Sulawesi yaitu di Kolaka Timur. Wisata ini dioperasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Colaka Timur. ada banyak tempat Kira-kira apa saja yang bisa dijadikan tempat berfoto di sana.

Bahkan, sedikit orang yang tahu tentang wisata ini karena kurangnya proses pemasaran. Jika Anda mencari di Internet, tidak banyak ulasan. Oleh karena itu, penjelasan berikut ini akan sangat membantu.

Daya Tarik Puncak Mouewe

Puncak Mouewe
Kredit Gambar: Google Maps Alva Noviantono

Meski masih sedikit dikenal di Indonesia, puncak ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Kolaka. Hal ini dikarenakan tempat wisata tersebut memiliki beberapa objek wisata yang layak untuk dikunjungi.

1. Temukan tempat untuk selfie

Tempat wisatanya berada di pinggir jalan, sehingga mudah dijangkau. Daya tarik utamanya adalah tempat selfie yang membuat banyak pengunjung ingin datang ke sana. Ada banyak tempat Foto selfie yang menarik.

Latar belakang pemandangan yang indah juga akan membuat foto yang diambil di sana menjadi lebih menonjol. Instagram. Jadi bagi yang suka berfoto dan bermain di Instagram, wisata ini tidak boleh dilewatkan.

2. Dikelilingi pepohonan dan sawah

Moveve Peak, Colaka Timur, memiliki tampilan yang luar biasa. Manifestasi alam yang indah dapat dilihat hampir di seluruh wilayah. Di sekitar kawasan ini terdapat hamparan sawah hijau yang indah.

Tidak hanya itu, pepohonan rindang di sekitarnya juga membuat tempat ini sangat asri. Tentunya hal ini sangat ideal bagi pengunjung yang ingin rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

3. Banyak tempat menginap

Tidak hanya lanskap tempat selfie Tentunya di tempat wisata ini juga terdapat tempat untuk liburan santai. Pengunjung dapat memilih dari beberapa tempat untuk beristirahat setelah berkeliling kawasan.

Biasanya tempat untuk foto selfie jjuga sering digunakan sebagai tempat peristirahatan. Ini karena suasana di sekitar sangat sejuk.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat puncak Mouewe
Kredit Gambar: Google Maps Harseto Batty

Kolaka Timur atau disebut juga Koltim adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara. Terdapat 17 kabupaten di provinsi ini, namun Colaca Timur merupakan daerah yang cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Di antara banyak tujuan wisata di timur laut Kalimantan, Puncak Mouewe adalah yang paling terkenal di kalangan penduduk setempat. Meski hanya sedikit orang di luar Sulawesi yang mengetahui tempat ini, namun puncaknya sudah menjadi indah permata tersembunyi pastikan untuk mengunjungi.

Alamat: Jalan Poros Kolaka, Kendari, km. 30 Movewe, Kabupaten Colaka Timur, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan berbagai moda transportasi karena berada di pinggir jalan utama.

Jika Anda terbang keluar dari Kota Colaca, pengunjung harus berkendara selama 45 menit untuk sampai ke sana. Tempatnya juga berada di pinggir jalan penghubung antar provinsi, sehingga akses menuju kesana juga sangat mudah.

Sehingga pengunjung dapat mencari lokasinya di Peta Google mudah untuk sampai ke tempat wisata ini. Biasanya pengendara beristirahat di tempat ini, mengikuti jalur poros Kolaka-Kendari. Mereka beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan lagi.

Harga tiket masuk ke alam

Walaupun ini merupakan wisata ikonik Sumatera Utara, namun pengunjung tidak dipungut biaya alias tidak dipungut biaya untuk masuk ke destinasi wisata ini.

Nah, bagi pengunjung yang suka selfie tentunya tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkan foto terbaik.

Kegiatan menarik di Moueve Peak

Kegiatan menarik di Moueve Peak
Kredit Gambar: Google Maps Ilham Chanif

Setelah mengenal pesona dan manfaat tempat wisata Puncak Moveve, kini wisatawan juga harus mengetahui hal-hal yang harus dilakukan saat berkunjung.

1. Melihat lanskap sekitarnya

Hal utama yang biasa dilakukan pengunjung saat tiba di sana adalah mengagumi pemandangan sekitar. Dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi, tentunya suasana disana bisa lebih damai.

Bagi pengunjung yang ingin melepaskan diri sejenak dari rutinitas, tempat ini wajib dikunjungi. Kapan lagi bisa melihat panorama indah dari puncak Kolaka yang terkenal itu kan?

2. Istirahat

Sebagian besar pengunjung yang tiba di puncak adalah para pengendara yang beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di jalur lintas provinsi.

Jadi pengunjung yang datang ke Colaka dan mengikuti jalur Kolaka ke Kendari atau sebaliknya sebaiknya istirahat terlebih dahulu di kawasan tersebut.

Nikmati pemandangan yang mempesona sambil bersantai. Wisatawan juga bisa menyantap makanan atau minuman sambil duduk di area tempat duduk yang ada di area tersebut.

3. Mencari anggrek

serat anggrek atau utilitas Dendrobium merupakan jenis anggrek yang mudah ditemui di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kolaka. Anggrek lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai sorum.

Anggrek tidak tumbuh di tanah, melainkan di pohon yang tinggi. Warnanya juga kuning keemasan yang membuat tanaman ini lebih unik dari yang lain. Itulah mengapa disebut tanaman Tuhan.

Biasanya penduduk setempat memanfaatkan tumbuhan tersebut sebagai bahan baku pembuatan produk anyaman. Beberapa di antaranya adalah songkok, tikar tradisional, dan kalosar atau tikar persegi yang dianyam. Kepang digunakan dalam upacara adat.

4. Ambil gambar

Banyak tempat selfie yang dapat ditemukan di kawasan wisata. Tidak hanya tempat untuk foto, bintik-bintik itu juga digunakan oleh pengunjung untuk bersantai atau melepas lelah sambil mengagumi pemandangan sekitar.

Nah, jika ingin rehat sejenak dari kota dengan suasana alam yang sejuk, maka tak ada salahnya berkunjung ke sana. Dengan cara ini, pengunjung dapat bersantai dan mendapatkan foto yang bagus untuk diunggah ke jejaring sosial.

Pengunjung juga dapat menikmati kopi atau makanan ringan sambil menikmati pemandangan sawah yang luas di sekitarnya.

Namun, tetap jaga tempat wisata tersebut agar tetap dalam kondisi yang baik. Jangan meninggalkan sampah di sana dan jangan merusak benda, karena akan sangat mempengaruhi daya tarik kawasan tersebut.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Layanan Puncak Mouewe
Kredit Gambar: Google Maps Harseto Batty

Padahal, tempat wisata tersebut masih membutuhkan perhatian lebih dari pihak berwenang setempat agar lebih banyak orang yang mengenalinya. Layanan yang tersedia di sana juga belum lengkap seperti wisata lainnya yang kondisinya lebih baik.

Terdapat beberapa fasilitas umum seperti area tempat duduk, toilet dan kios. Jadi bersantailah di sana dengan nyaman sambil menikmati jajanan yang dijual penduduk setempat.

Diharapkan pemerintah mampu merevitalisasi Puncak Mouewe agar lebih menarik bagi wisatawan. Areal perlu diperluas agar dapat dibangun fasilitas yang lebih lengkap. Jika wisatawan sedang melewati Kolaka Kendari, wisatawan tidak salah jika singgah di tempat wisata tersebut.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *