Resmi Di Lantik Pengurus Harian IWO Malang Raya Periode 2023 – 2028

Malang – Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD-IWO) periode 2023 – 2028 Malang Raya berlangsung hikmat, bertempat di Grand Ballroom Atria Hotel Kota Malang, Senin (20/03/2023).

Hadir pula perwakilan Kapolresta Malang  dan Kapolres Malang, Tokoh Agama Malang, aktivis serta lainnya.

banner 728x90

Kegiatan dihadiri Ketua Umum IWO Jodhi Yudono, Wakil Walikota Malang Ir. H. Sofyan Edi Sujarwo, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, Korem 083 Baladhika Jaya, Letkol Czi Simon Mangampa S.T selaku Kasiter Korem (083), Lanal Malang, Wadan Pelaksana Letkol Laut (P) Thomas Aquinas Dhamang Suprayogi S.E.

Dalam sambutannya Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono mengatakan bahwa, dirinya meminta kepada anggota IWO Malang Raya agar dalam pemberitaan bersikap adil, alias tidak memihak dan bersikap independen dan memperhatikan kode etik jurnalistik.

“IWO adalah bagian dari gerakan budaya. Membangun peradaban dan kemanusiaan. Bangun ahlak yang baik. Diri kita memiliki kasih sayang. Wartawan diharapkan bisa membuka sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung dan terlibat dalam pembangunan dengan program-program yang disusun yang semuanya untuk kesejahteraan masyarakat,’’ kata Jodhi.

Sementara ditempat yang sama, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Sujarwoko, mengatakan bahwa Wartawan mempunyai peran besar dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Wartawan sebagai garda terdepan senantiasa diharapkan memberikan informasi terpercaya serta akurat kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham apa yang harus dilakukan dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

“Harapannya, dimana negara Indonesia dengan salah satu dengan penduduk terbesar di dunia, diharapkan peran media mampu menjadi mata, telinganya dalam menyajikan pemberitaan bagi masyarakat luas secara global yang berimbang serta  bisa berkontribusi bagi pembangunan daerah khususnya Malang Raya,” terang Bung Edi sapaan akrab Wakil Walikota Malang.

Sementara Ketua IWO Malang Raya, Rudi Harianto, C.STMI berharap dengan adanya pelantikan ini, para jurnalis yang tergabung dalam IWO Malang Raya mampu menempatkan tugas kesehariannya sebagai jurnalis yang profesional, bisa membangun sinergitas, sebagai alat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat maupun lainnya, serta mampu menjaga kebersamaan, persatuan dan kekompakan didalam keorganisasian.

“Dalam konsep pembangunan bahwa yang namanya kolaborasi tentu yang menjadi hal utama, dimana tidak mungkin pembangunan berjalan dengan baik ketika tidak ada kolaborasi setiap stakeholder,” ujar sapaan Sam Idur.

Menurut pria yang berdomisili di Kecamatan Bareng, Kota Malang, bahwa IWO Malang Raya berkewajiban memiliki tekad dan komitmen memperjuangkan kebebasan pers dan hak publik untuk memperoleh informasi yang akurat, akuntabel, berimbang serta tidak mengandung unsur fitnah, bohong, provokasi dan sara. Dalam eksistensinya, lanjut Sam Idur, secara masif IWO Malang Raya meningkatkan profesionalisme wartawan online yang memiliki jati diri, integritas dan citranya.

“Secara keseluruhan wartawan atau insan pers harus benar-benar bangga memiliki profesi wartawan, karena profesi ini terbilang mulia, penting dan strategis dalam berjuang dan berkarya untuk masyarakat, bangsa dan negara, sekaligus mengawal kebebasan demokrasi serta empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” jelas ketua IWO Malang Raya.

Perlu diketahui, bahwa selain digelar acara pelantikan pengurus daerah dalam kegiatan tersebut,  juga dilaksanakan Anugerah IWO Award 2022, di penghujung acara. Merupakan ajang pemberian penghargaan yang diberikan oleh Ikatan Wartawan Online Malang Raya, kepada figur pemimpin publik di daerah.

Selain itu, IWO Award ini juga diberikan kepada pimpinan instansi pemerintah maupun non pemerintah, serta tokoh organisasi maupun kelompok masyarakat atas dedikasi dan konsistensi dalam membangun Malang Raya. { Red }.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *