Sidoarjo, Klikbatu.id ,- Tradisi rutin tahunan acara ritual pantai yang sering disebut warga dengan tradisi petik laut kembali digelar warga Dsn. Gisek Kidul, Ds. Tambak Cemandi, Kec. Sedati, Sidoarjo. Tradisi petik laut tiap tahunnya rutin digelar warga dalam rangka menguncapkan rasa syukur atas limpahan rejeki yang telah diberikan Sang pencipta kepada warga.

Acara petik laut yang berlangsung pada minggu (25/02/24) sekitar pukul 08.00 WIB turut dihadiri oleh Kepala Desa Tambak Cemandi Khoirudin. Selain itu dalam pelaksanaan acara yang diikuti dan disambut antusias oleh warga masyarakat setempat juga dihadiri oleh anggota BPD, LPMD beserta perangkat Desa Gisik Kidul.

Pada pelaksanaan tradisi petik laut, H. Tohir selaku ketua panitia dalam kegiatan tersebut mengatakan tradisi petik laut rutin diadakan setiap tahunnya. Acara tersebut diadakan sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas limpahan rejeki sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

“Bahwa tradisi ritual pantai ini adalah salah satu tradisi yang rutin dilakukan oleh seluruh warga Dusun Gisek Kidul setiap tahunya. Yaitu sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT, untuk kesejahteraan masyarakat nelayan Dusun Gisek Kidul”, jelas H. Tohir.

Acara petik laut yang dimulai dari pagi hingga siang hari berjalan dengan lancar tanpa ada halangan, dengan lancarnya pelaksanaan acara tersebut masyarakat Desa Tambak Cemandi khususnya masyarakat nelayan Dusun Gisek Kidul berharap semoga kedepannya rejeki yang di dapat semakin melimpah.

Adi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *