Wisatanews.id, – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, sebagian masyarakat khususnya masyarakat Sudan biasanya dikenal dengan budayanya yang disebut Muntungan. Yakni, ada makanan khas untuk menyongsong bulan Ramadan.

Hidangan khas ini biasanya disajikan saat sahur. Bongkar muat bersama kerabat dan tetangga biasanya sering dilakukan.

Saat mempersiapkan puasa, tak ada salahnya untuk mengenal beberapa buah yang ampuh menjaga stamina. Buah-buahan ini harus ada dalam makanan Anda.

Menurut situs seharq.com, produk-produk berikut bisa menjadi sumber energi:

  1. pisang

Buah berwarna kuning ini bisa menjadi sumber energi, tidak perlu dimasak, bisa langsung dimakan. Buah kaya potasium ini mengandung karbohidrat kompleks, potasium, dan vitamin B6. Kombinasi nutrisi ini bisa menjadi sumber energi.

2. Apel

Jika Anda sedang mencari buah yang bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat, apel ada di daftar teratas. 1 buah apel ukuran sedang mengandung 14 g karbohidrat, 10 g gula, dan 2,1 g serat terutama pada bagian kulitnya.

Tak hanya itu, apel juga merupakan sumber antioksidan. Saat dikonsumsi, proses mencerna karbohidrat melambat, sehingga suplai sumber energi bertahan lebih lama.

3. Alpukat

Sumber lemak baik ini tentunya layak masuk dalam daftar makanan sebagai sumber energi. Ini mengandung vitamin B dan serat. Faktanya, sekitar 84% lemak baik dapat mengoptimalkan lemak darah agar tetap optimal.

Dengan demikian, meningkatkan penyerapan nutrisi. Padahal, lemak baik ini juga bisa disimpan di dalam tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Jangan khawatir energi cepat hilang karena kandungan seratnya mampu menjaga energi tetap stabil dalam waktu yang lama.

4. Jeruk

Makan satu buah jeruk saja memberikan 106% dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan. Belum lagi, jeruk mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, suatu kondisi yang membuat tubuh terasa lesu.

Studi tersebut menunjukkan bahwa 13 wanita yang mengonsumsi 500 ml jus jeruk dan berolahraga 3 kali seminggu merasa otot mereka membaik. Hal ini terlihat setelah masa penelitian selama 3 bulan. Tak hanya itu, performa fisik mereka juga meningkat.

5. Stroberi

Buah merah ini juga bisa menjadi sumber energi berkat kandungan karbohidrat, serat, dan gula alaminya. Satu cangkir stroberi mengandung 13 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada strawberry juga dapat memberikan asupan energi tanpa membuat tubuh terasa loyo.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *