Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. PLTA Saguling, Liontin Rajamandala, Kek. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Sangyang Tikoro merupakan tempat wisata yang unik dan menarik di Bandung Barat. Wisata alam ini memiliki banyak cerita yang kental. Mulai dari terbentuknya goa dan diakhiri dengan berbagai mitos di dalamnya. Bentuk destinasi memang berbentuk goa yang menjadi media mengalirnya air mengalir ke dalam.

Yang menarik dari tempat ini adalah pemandangan indah di sekitarnya. Selain itu, masih ditumbuhi pepohonan rindang, menambah kesegaran. Destinasi berupa goa melengkapi pemandangan eksotis dengan berbagai bebatuan. Tak ada salahnya beberapa wisatawan mampir sejenak untuk melihat pesona alam yang ditawarkannya.

Sanghyang Tikoro mungkin bisa menjadi pilihan untuk singgah di Bandung Barat. Meski dikenal mistis, pemandangan alam yang disajikan sangat menarik. Selama kunjungan Anda, Anda akan menikmati perjalanan yang mengasyikkan. Studi geologi juga dapat diterapkan saat mengunjungi destinasi.

Daya Tarik Sangyang Tikoro

Daya Tarik Sangyang Tikoro
Kredit Gambar: Google Maps Agus Jaya Saputra

1. Nama yang unik

Nama Sangyang Chikoro cukup unik. Ada sebuah nama yang dianggap keramat bagi masyarakat Sudan. Seperti pada kata “Sanghyang” yang memiliki makna sakral. Sedangkan kata “ticoro” berarti kerongkongan. Jadi, nama keduanya yang sering disebut masuk akal.

Jika dicermati arti namanya, artinya adalah kerongkongan alami tempat air mengalir ke tempat yang sempit dan gelap. Banyak ilmuwan telah mencoba mencari tahu ke mana air akan kembali untuk mengarahkannya. Namun masih belum ada jawaban tegas atas pertanyaan arah aliran air.

2. Gua batu alam

Toh, landmark alam ini sarat dengan daya tarik yang sangat menarik. Ini adalah gua yang berasal dari alam, di mana berbagai batu muncul. Keberadaan bebatuan yang banyak justru menambah eksotisme pemandangan. Tidak ada salahnya pengunjung penasaran untuk melihat langsung pemandangan tersebut.

Sanghyang Tikoro adalah gua kapur yang menerima sebagian air yang mengalir dari Sungai Chitarum. Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tentang alasan menelan air mengalir. Namun, fenomena ini sebenarnya mewakili sudut pandangnya sendiri. Jika dilihat dari jauh, pemandangannya cukup menarik.

3. Terkenal Misterius

Wisata Sanghyang dikenal penuh dengan nuansa misterius. Bahkan seringkali terdapat berbagai mitos. Misal ada turis menitipkan barang atau apalah pasti ada yang teriak-teriak. Namun, ini hanyalah mitos yang berarti bahwa wisatawan harus menjaga kebersihan tempat tujuan mereka.

Sarankan gua dengan bebatuan yang indah begitu memanjakan. Namun, sebagian masyarakat memanfaatkan wisata alam ini untuk hal-hal yang kerap berbau mistis. Misalnya bermeditasi di atas batu karang atau di dekat suatu tempat tujuan. Bahkan ada yang datang untuk melakukan aksi semacam uji nyali.

4. Menjadi tempat yang sempurna untuk sembuh

Padahal ia dikenal penuh teka-teki dengan berbagai mitos. Itu tidak membuat keindahan daya pikat yang Anda miliki hilang begitu saja. Menginap di Sanghyang Tikoro tentunya akan membuat siapapun yang berkunjung merasa seperti di rumah sendiri. Selain itu, Anda akan dimanjakan dengan bebatuan yang menawan dan eksotik ditumbuhi banyak pepohonan yang menyegarkan.

Tidak salah jika wisata alam ini menjadi tempat yang tepat untuk penyembuhan. Rasa penat akibat bekerja akan hilang seketika, menikmati pemandangan alam yang ada. Bukannya sebagian besar pengunjung akan benar-benar bersenang-senang selama kunjungan mereka. Jika Anda datang bersama kolega atau teman, liburan akan semakin seru.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sangyanga Tikoro
Kredit Gambar: Google Maps Ayi Sopandi

Bisa dibilang mengunjungi Sangyang Tikoro tidaklah mudah. Daerah tujuan tidak boleh menjadi tujuan wisata. Selain itu, Sangyan berada di kawasan PLTA Saguling, sehingga wisatawan dilarang terlalu lama mengunjunginya. Karena di beberapa daerah ada kebutuhan akan pabrik yang bisa berbahaya.

Wisata alam berupa goa ini berada di kawasan Chipatata, yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Butuh perjalanan yang cukup sulit untuk sampai ke sini. Karena Anda harus berjalan beberapa langkah sebagai akses sebelum mencapai tujuan.

Pengunjung yang akan datang disarankan untuk menggunakan transportasi sendiri. Hal ini dikarenakan tidak adanya transportasi untuk menuju Sanghyang Tikoro. Hanya ojek yang bisa antar yang diperhitungkan. Jadi, sedapat mungkin bawalah kendaraan sendiri seperti mobil atau motor agar tidak kesulitan.

Untuk pintu masuknya bisa dibilang sangat bagus. Anda dapat menggunakan Google Maps sebagai panduan. Meski ada beberapa rambu yang bisa digunakan pengunjung.

Biaya masuk ke objek wisata

Tidak semua tempat wisata alam mengenakan biaya masuk yang tinggi. Karena beberapa destinasi menawarkan keindahan alam yang menarik tetapi tidak dengan harga yang melambung tinggi. Misalnya, Sanghyang Tikoro tidak memungut biaya masuk. Pengunjung dapat langsung mengakses untuk melihat keindahannya secara langsung.

Namun, ada tarif yang berlaku untuk parkir kendaraan. Mengingat Anda harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, Anda harus meninggalkan kendaraan pribadi Anda. Beruntung, ada petugas yang siaga menjaga mobil tetap aman. Biaya parkir tergantung jenis mobil yang dibawa. Misalnya, sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000 dan mobil dikenakan biaya Rp 10.000.

Namun, harganya cukup murah. Selain itu, wisatawan dapat merasa lebih nyaman selama kunjungan mereka. Disarankan agar pengunjung membawa perbekalan yang cukup saat tiba. Mengingat ini akan menjadi perjalanan yang panjang, maka diperlukan bekal. Selain itu, tidak ada objek berupa warung makan di sekitarnya.

Kegiatan menarik di Sanghyang Tikoro

Atraksi yang dimiliki oleh Sangyang Tikoro
Kredit Gambar: Google Maps Mohammed Robit Farhan

1. Pendakian yang menyenangkan dan menantang

Saat mengunjungi Sangyang Tikoro, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Untuk lebih mengenal keindahan goa, Anda perlu berjalan kaki menuju tempat tujuan. Namun, jangan terburu-buru, karena akses jalan dibuat nyaman. Terdapat struktur berupa tangga yang memudahkan pergerakan.

Apalagi selama perjalanan, pemandangan sekitar yang mempesona terbuka. Nuansanya kini semakin menyegarkan di antara banyaknya pepohonan. Ada juga pipa besar di sekitar tujuan. Hal ini mengingat wisata alam berada di kawasan PLTA. Jadi, biasanya pengunjung tidak bisa berlama-lama di tempat tujuan.

2. Lihat pemandangan yang indah

Setelah perjalanan yang cukup panjang. Kelelahan perjalanan bisa langsung hilang setelah jalan-jalan. Meski destinasi sering dianggap misterius, namun hal ini tidak bisa menyembunyikan pesonanya. Gua kapur ditutupi dengan banyak bebatuan di sekitarnya, menambah pengalaman eksotis.

Kunjungan wisatawan akan semakin dimanjakan. Namun, pastikan Anda ada di sekitar. Mengingat medan yang curam, kedekatan dengan tujuan dianggap berbahaya. Toh ternyata ini sudah lebih dari cukup untuk menikmati pemandangan yang masih terjaga dengan sangat baik.

3. Wisata edukasi

Ada manfaat positif dari Sanghyang Tikoro. Salah satunya adalah melihat keindahan alam saat berwisata edukasi. Aneka bebatuan yang muncul membuat Anda mengikuti wisata edukasi. Beberapa pengunjung bahkan sengaja datang untuk melihat dan mengamati bebatuan yang ada.

Wisata edukasi berupa geologi benar-benar merupakan kegiatan yang bisa dilakukan. Dari situ, pengunjung bisa mengamati langsung bebatuan disekitar yang terdapat di tempat tujuan. Tentunya akan sangat menarik untuk bisa menikmati keindahan alam, menambah ilmu pengetahuan. Jadi jangan ragu lagi jika ingin datang.

4. Ambil selfie

Berkunjung ke Sangyang Tikoro dengan pemandangan indah belum lengkap tanpa selfie. Selain itu, destinasi tersebut menampilkan banyak spot foto menarik yang bisa Anda pilih. Diselimuti goa yang menarik dengan berbagai macam bebatuan, pemandangan alam yang indah tersaji.

Tinggal di lokasi yang indah juga menjamin bidikan yang lebih menakjubkan. Dengan cara ini, Anda juga bisa menghias umpan media sosial Anda. Selain itu, pengalaman selama liburan akan terekam lebih manis. Berwisata bersama keluarga atau rekan kerja akan menambah keseruan saat mengunjungi destinasi.

5. Santai sejenak

Untuk sampai ke Sanghyang Tikoro, Anda perlu melakukan banyak upaya. Oleh karena itu, tenaga pengunjung juga akan terkuras. Jangan paksakan keinginanmu untuk terus berjalan. Tidak masalah jika Anda ingin beristirahat. Karena di sekitar destinasi terdapat beberapa tempat liburan yang cocok untuk dikunjungi.

Beberapa tempat tersedia di lokasi. Pemandangan alam di sekitarnya juga terlihat unik. Wisatawan akan melihat banyak pipa besar di sekitarnya. Hal ini tampaknya masuk akal mengingat tujuannya berada di dalam zona PLTA Saguling.

6. Nikmati kesegaran alam

Sesampainya di tempat tujuan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar. Eksotisme bebatuan dengan beragam pepohonan sangat memanjakan mata. Apalagi kesegaran destinasinya begitu menyenangkan untuk dinikmati. Jangan lupa untuk membawa perbekalan selama liburan.

Wisatawan bisa membawa makanan untuk dinikmati sambil menikmati kesegaran alam sekitar. Membawa makanan dan minuman merupakan kebutuhan penting mengingat tidak ada warung di sekitar. Karena dekat dengan pembangkit listrik tenaga air, berbagai fasilitas belum tersedia di tempat tujuan.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Harga tiket masuk Sangyang Tikoro
Kredit Gambar: Google Maps Mohammed Robit Farhan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Sanghyang Tikoro tidak memberikan syarat yang semestinya. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan utama. Misalnya karena memang bukan tujuan wisata. Mengingat kawasan ini berada di kawasan PLTA Sagulingskaya.

Berada di sekitar pembangkit listrik, seringkali ada beberapa objek proyek yang lewat. Ini mengutamakan keselamatan pengunjung. Bahkan pengunjung disarankan untuk tinggal lebih lama. Tidak heran mereka percaya bahwa keselamatan harus didahulukan.

Meskipun beberapa objek pembantu belum tersedia. Beberapa fasilitas umum, tapi sudah ada di sini. Misalnya, ada tempat parkir luas yang dijaga petugas jaga. Bahkan ada dua tempat parkir mobil yang bisa diakses. Tempat pertama terasa di pos terdekat. Sedangkan dua berada di kawasan PLTA Saguling.

Beberapa fasilitas lain yang tersedia antara lain toilet, mushola, dan lain-lain. Ada juga kebutuhan akan tempat tinggal. Misalnya dengan beberapa tempat duduk yang ideal untuk bersantai saat berkunjung. Sayangnya warung makan terdekat masih belum tersedia, jadi Anda harus membawa bekal sendiri.

Demikian berbagai informasi mengenai atraksi, amenitas dan aktivitas menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Sangyang Tikoro Bandung Barat. Meski tempat ini diselimuti banyak mitos, namun tempat ini memiliki pesona alam yang tak terelakkan. Jadi anda tidak perlu ragu lagi jika ingin datang berkunjung.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *