Harga tiket: Rp60.000 Jam kerja: 08.00–17.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kek. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Saung Angklung Ujo merupakan tempat wisata budaya sekaligus kesempatan untuk mendapatkan pemahaman budaya Sunda secara utuh. Dikatakan sebagai wisata budaya karena tempat tersebut memiliki arena pertunjukan, bengkel alat musik bambu, dan pusat kerajinan bambu. Saung Udjo didirikan pada tahun 1966.

Pertunjukan di Saung Angklung di Bandung tidak terbatas pada pertunjukan seni, tetapi juga menampilkan berbagai alat musik bambu tradisional. Misalnya alat musik angklung, kalung, arumba, yang bisa dibeli pembeli.

Bagi Anda yang gemar melestarikan budaya daerah khususnya Sudan, wisata ini tentunya menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Selain itu, Anda juga bisa melihat pertunjukan seni dari luar daerah bahkan mancanegara.

Daya Tarik Saung Angklung Ujo

Daya Tarik Saung Angklung Ujo
Kredit Gambar: Google Maps Hidayat Asep

1. Desain interior bambu

Keunikan Saung Angklung terletak pada desain interiornya yang lebih banyak menggunakan bambu. Spesies ini tidak lagi hanya memberikan tampilan yang berbeda, tetapi juga memiliki nilai eksotis.

Nuansa tradisional juga akan semakin terdengar ketika alunan angklung dimainkan. Dalam hal seperti itu, setiap turis yang datang merasa lebih tenang dan nyaman.

2. Pertunjukkan Wayang Golek

Wayang golek adalah budaya khas Sunda yang dimainkan dengan boneka kayu berkostum. Pertunjukan wayang golek biasanya digunakan sebagai upacara pembukaan pada hari-hari tertentu.

Pertunjukan wayang golek bukan sekedar hiburan. Ada pesan moral yang bisa diterima oleh penonton. Waktu atau durasi pertunjukan biasanya sekitar 20 menit, yang kemudian diisi oleh acara selanjutnya.

3. Pertunjukan tari topeng

Pertunjukan tari topeng adalah suatu keharusan setiap hari di Saung Angklung Udjo. Tari topeng memiliki arti seorang pembaca berita Majapahit yang bertugas menyelidiki kasus di kerajaan Blambangan. Penari Bertopeng tampak mengenakan topeng saat membawa berita.

4. Upacara Helaran

Helaran adalah upacara yang diadakan pada saat upacara khitanan dan panen padi. Helaran adalah atraksi tradisional Sudan yang menghibur pengunjung. Pesan yang terkandung dalam pertunjukan ini merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan.

Nuansa pertunjukan Helaran adalah keceriaan dan semangat, sehingga musik yang mengiringinya juga bernada gembira. Tarian ceria diiringi lagu daerah setempat biasanya dibawakan oleh anak-anak.

5. Bermain angklung orkestra

Angklung orkestra dibawakan bersama diiringi tarian Jawa. Jenis lagu yang dimainkan dengan alat musik tradisional seperti angklung antara lain lagu Twinkle Little Star, lagu Balonku, dan beberapa lagu daerah lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Saung Angklung Ujo
Kredit Gambar: Google Maps Benvenutus Paskah

Wisata budaya ini bertempat di Jalan Padasuka tepatnya nomor 118, Desa Pasir Layung, Kecamatan Chibeunying Kidul, Kota Bandung Barat, Jawa Barat. Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi Saung Angklung Udjo.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, ambil arah Chipularang, ikuti Jembatan Pasopathi, lalu ikuti petunjuk yang ada di papan tersebut. Ambil arah Cicaheum. Sebelum mencapai terminal Cicaheum sekitar 100 meter, Anda bisa membaca rambu-rambu menuju tempat tersebut.

Jika ingin menggunakan jasa angkutan umum, maka dari Surapati ambil jurusan Tsikaheum-Chiroyom nomor 06. Silahkan berhenti di pertigaan Padasuka. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan berjalan kaki karena jaraknya hanya sekitar 500 meter.

Biaya masuk ke pusat seni

Biaya yang dikenakan untuk bisa masuk ke Saung Angklung Udjo terbilang murah. Harganya standar tergantung destinasi yang diterima wisatawan. Untuk pengunjung dewasa yang datang dari Indonesia (WNI), tarifnya adalah Rp 60.000 per orang. Untuk tamu dewasa internasional, tarifnya adalah Rp 100.000 per orang.

Jika pengunjung masih duduk sebagai warga negara Indonesia, harganya akan dipatok Rp 40.000 per orang. Untuk turis pelajar internasional, harganya Rp 60.000 per orang. Jika ada anak-anak di bawah usia tiga tahun, biayanya tidak dipungut biaya (tidak dibayar).

Kegiatan menarik di Saung Angklung Udjo

Kegiatan Saung Angklung Ujo
Kredit Gambar: Google Maps Mutiara Lestari

1. Nikmati Masakan Sudan

Saat berwisata ke Saung Angklung Ujo, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Anda juga tidak perlu repot membawa barang makanan yang berat. Wisata ini memiliki restoran dengan kuliner khas Sudan.

Salah satu restoran yang bisa Anda temukan adalah Dapoer Angklung. Anda dapat memilih dari berbagai menu: nasi timbel, nasi livet, nasi bakar, ikan mas bakar, kah kangkung dan masih banyak lagi. Tentu tak lepas dari lalapan khas Sudan.

Selain itu, Anda juga bisa memesan hidangan seperti batagore dan siomay Bandung. Harganya standar, tidak mahal.

2. Menikmati Pertunjukan Angklung

Seperti namanya, Saung Angklung, Anda juga bisa menikmati bermain angklung. Jenis pertunjukan yang diadakan juga beragam. Ada pertunjukan angklung untuk pemula, massal, angklung orkestra dan permainan arumba.

Tidak mudah melihat pertunjukan angklung. Di penghujung acara, wisatawan juga akan disuguhi partisipasi aktif berupa tarian bersama. Terutama pengunjung yang masih belajar akan mendapatkan pengalaman baru.

3. Lihat pelatihan angklung

Selain menikmati pertunjukan angklung, Anda juga bisa belajar tentang proses pembuatan angklung. Anda akan ditemani oleh guide yang akan memberi tahu cara membuat dan memainkan angklung.

Ya sesuai namanya wisata budaya dan edukasi, sambil menyelam juga bisa minum air putih. Artinya selain berwisata untuk menghilangkan penat, anda juga bisa menimba ilmu dan menuntut ilmu. Tentunya hal ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menambah pengetahuan.

4. Ayo bermain angklung bersama

Selain menyaksikan penampilan orkestra angklung, Anda juga bisa memainkan angklung bersama pemain aslinya. Setiap pengunjung yang berminat bermain angklung akan diberikan pinjaman angklung dan diberikan petunjuk cara memainkannya.

Sebelum bermain bersama, pengunjung akan diberi kesempatan untuk memanggil angklung dengan benar. Setelah semuanya selesai, penghantar akan memberikan sinyal jenis angklung yang digoyangkan sesuai dengan kode yang diberikan. Ini adalah sarana pendidikan untuk kecintaan terhadap seni daerah, khususnya Sudan.

5. Ikut menari bersama

Pengunjung Saung Angklung Udjo dapat menari bersama para penari yang sedang melakukan pertunjukan. Para penari akan memberikan contoh gerakannya agar pengunjung dapat mengikutinya.

Acara tari bersama penari dan peserta ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Sudan kepada penonton. Budaya yang harus dilestarikan dan terus dilestarikan oleh generasi mendatang.

6. Bernyanyi bersama

Serunya kegiatan Saung Angklung Ujo
Kredit Gambar: Google Maps Eric Husby

Selain menyaksikan berbagai pertunjukan, pengunjung juga bisa bernyanyi bersama pemain angklung. Lagu yang dibawakan merupakan lagu daerah khas Jawa Barat. Hal-hal tersebut dapat menjadi edukasi dan cara untuk mencintai budaya lokal.

7. Ambil foto

Saung Ujo memiliki banyak spot foto yang bagus. Pengunjung dapat menikmati suasana sekitar dengan berfoto bersama keluarga atau kerabat. Nuansa pepohonan bambu yang diiringi gemerisik dedaunan yang tertiup angin membuat pengunjung serasa berada di pedesaan.

Bagi Anda yang senang mengabadikan momen-momen tertentu saat bepergian, tentunya hal ini sayang untuk dilewatkan. Anda dapat mengambil foto di mana saja di gubuk yang tersedia.

8. Toko suvenir

Tak hanya menggelar wisata budaya dan edukasi, tapi juga membuka sejumlah toko souvenir. Setelah selesai berkeliling, pengunjung kini dapat membeli berbagai pernak-pernik dari toko oleh-oleh.

Anda bisa leluasa mencari oleh-oleh untuk orang tersayang. Jenis pernak-pernik yang tersedia juga bervariasi ukurannya dari kecil hingga besar. Ada jenis angklung besar, gendang, kujang, gambang dan gantungan kunci.

Aneka souvenir seperti sandal, kaos, gelang, tas, topi dan masih banyak lagi lainnya. Semua ini bisa dibeli di toko oleh-oleh Saung Udjo.

9. Nikmati keindahan alam

Konsep alam hijau dengan suasana seni pertunjukan tradisional sengaja dipadukan dalam wisata Saung Angklung Udjo. Kedua konsep ini sengaja dibuat agar wisatawan tidak bosan melihat penekanan pada satu jenis wisata saja yaitu nuansa.

Sentuhan musik tradisional berupa angklung dan panggung pertunjukan yang sedikit terbuka membuat suasana terasa lebih natural. Pengunjung seolah memasuki kawasan tradisional yang sarat dengan budaya Sudan.

Layanan tersedia di area Saung

Fasilitas Saung Angklung Ujo
Kredit Gambar: Google Maps Ruli Ryanto

1. Toko suvenir

Pengunjung dapat membeli berbagai oleh-oleh untuk oleh-oleh di toko-toko oleh-oleh yang ada di sekitar Saung Angklung Ujo. Toko suvenir juga memberikan kesempatan untuk membeli dalam jumlah besar. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli oleh-oleh yang diinginkan.

2. Restoran khas Sudan

Restoran yang tersedia di Saung Udjo tentu identik dengan kuliner khas Sunda. Nah, bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung, tidak ada salahnya mencoba kuliner khas Sunda.

Anda dapat memilih dari berbagai jenis minuman, makanan, dan makanan ringan khas Sudan. Jadi tidak perlu khawatir lapar jika pergi ke saung yang memiliki ciri khas angklung tersebut.

3. Taman

Taman di sekitar tempat wisata cukup luas. Anda bisa menikmati udara sejuk dan nuansa alam. Anda bisa menjelajahi area taman sambil berjalan-jalan atau menikmati jajanan yang Anda beli. Ingatlah untuk tetap bersih tanpa membuang sampah sembarangan.

4. Akomodasi

Bagi Anda yang ingin bermalam di Saung Ujo, tim pemandu tamu akan memandu Anda. Anda tidak perlu bermalam jauh-jauh untuk melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

5. Masjid

Tempat ibadah atau mushola juga tersedia di area Saung Angklung Ujo. Sehingga ketika waktu ibadah tiba, para jamaah tidak perlu langsung repot dengan tugasnya.

6. Parkir

Kawasan wisata ini juga memiliki tempat parkir mobil yang luas dan terjaga. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau besar sendiri dan pendamping tidak perlu khawatir tidak diberi tempat parkir.

7. Toilet

Kehadiran toilet di tempat umum sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengunjung. Toilet di Saung tergolong bersih karena ada cleaning service yang rutin membersihkan.

Ini terkait dengan Saung Angklung Ujo. Jika Anda memiliki rencana liburan atau tamasya dengan tema budaya dan pendidikan, berikut rekomendasi tempat yang tepat. Segera atur jadwal dan hubungi pihak terkait agar tidak kehabisan tiket masuk.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *