Jaringan pribadi virtual (VPN) adalah salah satu cara terbaik untuk tetap pribadi dan aman saat online.  Juga, jaga informasi pribadi Anda.

Secara umum, kebanyakan orang menghabiskan beberapa jam sehari di Internet. Biasanya untuk aktivitas sehari-hari seperti menonton video, berbelanja, bermain game, membayar tagihan, menyelesaikan tugas yang rumit, dan melakukan panggilan video rahasia.

Jaringan pribadi virtual (VPN) adalah salah satu cara terbaik untuk tetap pribadi dan aman saat online. Selain itu, jaga keamanan data pribadi Anda.

Bagaimana cara kerja VPN?

VPN adalah alat yang digunakan untuk mengakses Internet dengan aman di mana pun Anda berada. VPN berfungsi dengan membuat “terowongan” antara perangkat Anda dan penyedia layanan VPN. Fitur ini melindungi Anda dengan dua cara utama:

  1. Sembunyikan alamat IP, lindungi identitas dan lokasi.
  2. Enkripsi lalu lintas Anda dengan penyedia layanan VPN sehingga tidak seorang pun di jaringan lokal Anda dapat mencegat atau memodifikasinya.

Di masa lalu, VPN biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengamankan akses jarak jauh ke layanan internal dan data pribadi. Hari-hari ini, VPN tersedia untuk siapa saja yang ingin mengamankan koneksi Internet mereka, terutama saat menggunakan jaringan yang rentan seperti Wi-Fi publik. Mungkin lebih berguna di jaringan rumah.

VPN akan mengamankan lalu lintas yang dikirim oleh penyedia layanan VPN, baik melalui browser, aplikasi, atau layanan lainnya. Untuk mengatur VPN, Anda cukup menggunakannya. Beberapa VPN mengharuskan Anda membuat akun terlebih dahulu dan menginstal perangkat lunak di komputer atau ponsel cerdas Anda. Saat VPN diaktifkan, ia menangani lalu lintas semua aplikasi dan perangkat lunak yang berjalan di perangkat, sehingga Anda dapat menjelajah dan mengobrol dengan bebas melalui koneksi jaringan pribadi yang aman.

Penyedia layanan VPN sering menyediakan akses ke beberapa gateway koneksi di lokasi berbeda di seluruh dunia sehingga kami dapat menggunakan alamat IP yang berbeda dari lokasi kami saat ini. Jadi tempat Anda terhubung untuk melihat IP VPN bukanlah IP Anda yang sebenarnya, tetapi sumber lalu lintas.

Salah satu browser desktop yang bagus (komputer, laptop, dll) adalah Chrome dengan ekstensi yang dapat ditemukan di Toko Web Chrome, yaitu Urban VPN Proxy. Kemudian untuk ponsel/browser seluler Anda dapat menggunakan PrivadoVPN.

Kapan sebaiknya Anda menggunakan VPN?

Menggunakan jaringan Wi-Fi publik terkadang merupakan pilihan praktis, seperti saat tidak ada internet atau sinyal ponsel lemah. Di sisi lain, menggunakan Wi-Fi publik bisa berisiko. Sulit memastikan orang lain tidak terhubung ke jaringan yang sama untuk melacak aktivitas online Anda.

Bahkan jika lalu lintas Anda dienkripsi, mereka tetap dapat melihat situs apa yang Anda kunjungi. Dan jika Anda menggunakan aplikasi yang tidak terenkripsi, bahkan saat ini banyak yang tidak mengimplementasikannya, maka mereka dapat melihat semua aktivitas Anda.

Saat Anda berada di rumah, risiko munculnya peretas melalui jaringan rumah Anda lebih rendah. Namun, Penyedia Layanan Internet (ISP) dapat melacak dan membagikan aktivitas Anda di Internet karena semua data yang Anda akses di Internet dirutekan melalui jaringan ISP, beberapa di antaranya mungkin tidak dienkripsi. VPN dapat mencegah pengintaian ISP dengan mengenkripsi lalu lintas ke penyedia VPN di mana pun Anda berada.

Tentu saja, Anda tahu bahwa lalu lintas internet Anda dienkripsi dengan HTTPS. Sebagian besar koneksi situs web saat ini diamankan dengan HTTPS, yang berarti hanya konten yang dienkripsi, bukan alamat IP sumber atau tujuan. VPN dapat memberikan privasi tambahan dengan mencegah situs web dan pihak ketiga menemukan alamat IP.

Mengapa Anda harus menggunakan VPN?

Menyembunyikan identitas dan menutupi lalu lintas web tampaknya hanya dilakukan oleh profesional yang paham teknologi atau berpengalaman. Namun, ada beberapa alasan bagus mengapa Anda harus menggunakan VPN, termasuk:

  • Jaga privasi aktivitas online Anda.
  • Sembunyikan lokasi rumah Anda atau tempat yang Anda kunjungi secara pribadi.
  • Lindungi koneksi Anda saat mengakses jaringan Wi-Fi publik, seperti kafe, bandara, toko, atau perpustakaan.
  • Memastikan kerahasiaan dan integritas akses Internet.
  • Mencegah jaringan iklan menggunakan alamat IP untuk membuat profil penargetan iklan yang dapat dilacak secara online.

Apakah ada kerugian menggunakan VPN?

Beberapa penyedia layanan atau penyedia memblokir kunjungan VPN sehingga kontennya tidak tersedia saat VPN diaktifkan. Beberapa VPN mungkin memperlambat, memperlambat, atau membatasi lebar pita. Dan beberapa VPN tidak melindungi privasi dan keamanan pengguna dengan baik.

Apakah VPN aman?

Ada begitu banyak VPN yang tersedia sehingga sulit menemukan yang dapat Anda percayai. VPN berfungsi untuk melindungi pengguna online, tetapi tidak semua VPN memiliki kualitas layanan yang sama. Saat menggunakan layanan VPN, pastikan Anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ada banyak penyedia layanan VPN yang mengklaim fokus pada kualitas dan privasi, tetapi banyak dari mereka tidak memenuhi janji mereka. Sebagian besar penyedia layanan VPN mencatat aktivitas online untuk menjual data dan informasi ke perusahaan pemasaran, bahkan mencoba meyakinkan calon pengguna untuk menginstal malware di perangkat. Untuk melakukan ini, Anda harus berhati-hati saat menggunakan dan memilih VPN yang bagus.

Bisakah VPN melindungi Anda dari peretas?

VPN menyediakan koneksi yang aman saat mengakses Internet, tetapi fitur ini tidak dapat melindungi dari semua peretas/peretas. Setiap kali Anda online, apakah Anda menggunakan VPN atau tidak, Anda harus waspada terhadap tautan/situs yang mencurigakan, misinformasi, phishing, dan ancaman lainnya. Tetap aman saat online adalah pola pikir yang harus selalu Anda miliki.

Apakah VPN Legal?

Instalasi dan penggunaan VPN saat ini diizinkan di sebagian besar negara, termasuk AS, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru, tetapi beberapa negara mungkin memiliki peraturan yang berbeda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan VPN, maka tentunya Anda harus mempelajari sendiri undang-undang yang mengatur apakah penggunaannya legal atau tidak.

VPN hanya untuk komputer/PC?

VPN dapat digunakan untuk melindungi semua perangkat, mulai dari komputer, laptop, tablet, dan ponsel. Jika Anda mengakses Internet melalui aplikasi di luar browser Anda, VPN adalah opsi yang bagus untuk melindungi privasi dan keamanan Anda di perangkat apa pun. Cara yang baik adalah memasang VPN di setiap perangkat agar berfungsi secara efektif. Urban VPN Proxy dapat memberikan konektivitas tanpa batas di semua perangkat saat Anda terhubung ke Internet dari aplikasi atau browser apa pun.

Saya memiliki pengalaman dengan VPN yang bagus untuk PC dan seluler, yaitu anonymoX dan UPX, berikut tampilannya:

Gambar AnonymoX

gambar UPX

Selain itu, berikut adalah beberapa tautan ke 10 penyedia layanan VPN yang gratis, aman, dan nyaman digunakan:

  • VeePN
  • Peramban Opera dengan VPN
  • TurboVPN
  • VPN Super
  • VPNMaster
  • VPN aman
  • ThunderVPN
  • VPN pribadi
  • TomatVPN
  • HotspotShield VPN & Proksi Wi-Fi

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *