Taman Kota Bekasi merupakan salah satu taman kota di dekat pusat kota yang memiliki tempat berkemah dan jalur pengobatan rematik.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Veteran No.46, Marga Jaya, Kek. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Berkunjung ke Taman Kota Bekasi cocok jika Anda bersama orang-orang terdekat, seperti rekan kerja atau keluarga. Keindahan taman dan tanaman yang ada membuat suasana menjadi lebih sejuk. Inilah daya tarik utama taman di tengah kota besar seperti Bekasi ini.

Taman kota ini mungkin mengejutkan sebagian orang dari luar Bekasi, karena kota ini tidak hanya terdiri dari gedung-gedung perkantoran yang tinggi. Namun, ada taman kota yang indah yang membantu memberikan udara segar ke kota.

Taman ini dikelola dengan baik sehingga fasilitasnya membuat pengunjung betah berada disini. Selain udaranya yang segar karena banyaknya pepohonan, letaknya juga strategis. Lokasi ini memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah mencapainya.

Objek wisata milik taman kota bekasi

Objek wisata taman kota bekasi
Kredit Gambar: Google Maps Mutiara Soprima

Daya tarik taman kota ini telah menarik perhatian wisatawan. Maka jangan heran jika pengunjung taman ini tidak pernah sepi setiap harinya. Apa yang menarik dari taman kota ini selain pepohonan yang rimbun dan udara yang segar?

1. Tempat bermain anak

Taman Kota Bekasi memiliki area khusus untuk atraksi anak-anak. Ada beberapa atraksi di kawasan ini, seperti terowongan, ayunan, ayunan, seluncuran dan lain sebagainya. Di akhir pekan, anak-anak bisa bermain komidi putar.

2. Fasilitas olahraga

Selain untuk bermain dan berkunjung, taman kota ini juga memiliki area dan fasilitas khusus bagi pengunjung yang ingin berolahraga. Fasilitas tersebut antara lain inline skating track, jogging track dan gym yang dapat digunakan secara gratis.

Tempat ini biasanya ramai pada hari libur atau akhir pekan. Pasalnya, pada hari libur masyarakat memiliki waktu luang untuk jogging dan berolahraga di area taman. Namun, hari kerja juga ramai karena sore hari sering digunakan untuk berolahraga.

3. Suasana sejuk dan asri

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, nuansa sejuk dari visualisasi pepohonan hijau membuat Taman Kota Bekasi semakin menarik untuk dikunjungi. Semua pohon dan tumbuhan tumbuh subur di taman ini.

Setiap pohon memiliki daun gugur yang memberikan udara segar ke taman. Area taman juga memungkinkan pengunjung yang memutuskan untuk bersantai di bawahnya merasakan suasana yang nyaman dan damai.

Biasanya pengunjung suka berpiknik tepat di bawah pohon rindang. Wisatawan diperbolehkan menggelar kain untuk alas duduk, kemudian berkumpul dengan anggota keluarga dan berpesta dengan makanan yang dibawa dari rumah.

Saat musim kemarau, beberapa bagian halaman memang akan terlihat kering. Namun, bunga di taman biasanya tetap mekar. Kawasan di taman kota Bekasi ini bisa dijadikan tempat fotografi dengan latar belakang bunga bugenvil.

4. Peralatan lengkap

Sedikitnya sekitar 300 batang pohon berbagai jenis tumbuh di tempat menarik di Bekasi ini. Taman dengan segala fasilitasnya ini sering dijadikan sebagai tempat olahraga, tempat rekreasi bahkan pertemuan sosial.

Selain itu, saat melakukan aktivitas tidak perlu khawatir dengan ketiadaan fasilitas umum yang ada. Pihak pengelola taman telah menyediakan toilet umum, taman bermain, mushola, bahkan area dengan akses jaringan Wi-Fi.

Alamat dan rute menuju lokasi

taman kota bekasi
Kredit Gambar: Google Maps Annisa Arum Larasati

Taman Kota Bekasi tepatnya berada di : Jalan Ahmad Yani No. 2, Kelurahan Kayu Ringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Taman kota ini dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Perjalanan memakan waktu sekitar 13 menit dari terminal kota Bekasi. Jika ingin keluar terminal, perjalanan dilanjutkan ke barat laut menuju Jalan Raya Pantur atau Jalan Ir. H.Juanda. Kemudian lurus di bundaran, tetap di Jalan Ir. H.Juanda.

Lanjutkan di Jalan Jenderal Sudirman sejauh 290 meter. Lalu belok kiri ke Jalan Guntur Raya. Ikuti terus jalan tersebut lalu belok kiri ke Jalan Ahmad Yani. Taman kota dekat jika berada di jalur ini.

Biaya tiket masuk taman kota bekasi

Saat berkunjung ke taman kota Bekasi, pengunjung hanya perlu membawa uang tunai berupa uang kecil untuk membayar parkir. Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung, karena taman ini bisa dikunjungi secara gratis.

Sedangkan biaya parkir yang dibebankan kepada pengunjung ditetapkan dengan harga yang berbeda. Biaya parkir untuk mobil sendiri adalah Rp 5.000. Sedangkan biaya parkir sepeda motor adalah Rp 3.000.

Dengan bujet minim ini, wisatawan bisa merasakan semua wahana dan fasilitas yang ada di taman kota. Sisa anggaran bisa dihabiskan untuk membeli oleh-oleh atau menikmati kuliner dengan harga murah.

Acara menarik di taman kota bekasi

Acara menarik di taman kota bekasi
Kredit Gambar: Google Maps Sensei hasan basri

Meski hanya sebuah taman, pengunjung tidak hanya bisa berjalan dan mengagumi rimbunnya pepohonan, tapi juga menikmati fasilitas ekstra di dalamnya. Serta berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba saat berkunjung ke taman kota ini.

1. Perkemahan

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Taman Kota Bekasi menyediakan area khusus untuk institusi seperti kantor atau sekolah, bahkan berkemah sendiri. Bumi perkemahan disini sangat luas, jadi bisa ada belasan tenda.

Di kawasan ini tanahnya berumput, landai dan datar sehingga cocok dan nyaman untuk berkemah. Namun jika ingin menyalakan api, pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu karena bumi perkemahan ini masih merupakan bagian dari taman kota.

2. Monumen perjuangan

Dengan menjelajahi sarana dan prasarana taman kota, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah kawasan taman kota Bekasi ini. Ada bangunan khusus berupa tugu perjuangan yang memang dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Pahlawan rakyat Karawang ini berpartisipasi dalam invasi militer pertama Belanda. Sebuah puisi berjudul Karawang, Bekasi terukir di monumen ini. Puisi karya Chairil Anwar ini mengandung rasa sedih karena banyak orang yang kalah karena gugur dalam pertempuran saat itu.

Situs bersejarah ini tentunya menjadi pilihan yang menarik bagi pengunjung karena tidak harus ke gedung Juang Bekasi. Situs warisan Indonesia ini sengaja dibangun untuk memungkinkan wisatawan menjelajahi sejarah pada saat yang bersamaan.

3. Jejak terapi rematik

Apalagi di taman cantik di Bekasi Selatan ini wisatawan bisa menjajal aktivitas menarik lainnya, yakni jalan berbatu yang khusus disiapkan untuk pengobatan rematik. Area ini sering digunakan oleh orang tua dan berjalan-jalan kecil di sepanjang jalur ini.

Beberapa menit setelah berjalan kaki, badan akan terasa lebih kencang, dan keluhan rematik pun berkurang. Tentunya perawatan sederhana ini dapat dilakukan secara rutin dan juga mendapatkan hasil yang maksimal karena dapat digunakan secara gratis.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Taman Kota Bekasi
Kredit Gambar: Mutiara Soprima Google Maps

Taman kota Bekasi memiliki infrastruktur yang cukup lengkap, layaknya taman kota. Fasilitas tersebut tentu saja dirancang untuk membuat pengunjung merasa nyaman selama menginap di sini. Beberapa objek tersebut antara lain sebagai berikut.

  • ruang sholat
  • Treadmill
  • Parkir
  • bangku di taman
  • Toilet
  • jalur sepatu roda
  • Arena Olahraga Gratis
  • Tempat bermain
  • Kolam
  • Pusat Wisata Kuliner
  • ceruk
  • lampu taman

Yang membedakan taman kota Bekasi dengan taman kota lainnya adalah daya tarik dan kelengkapan infrastrukturnya. Oleh karena itu, taman kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai seorang turis, yang perlu Anda ingat adalah menjaga kebersihan karena tempat ini merupakan tempat wisata umum.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *