Saat mobil yang Anda kendarai mengalami kecelakaan dan rusak, asuransi kendaraan bisa menjadi penyelamat keuangan Anda. Dengan asuransi mobil, Anda akan mendapatkan penggantian biaya perbaikan mobil. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengklaim asuransi kendaraan kredit Anda.

Ketika Anda membeli mobil secara kredit melalui leasing, Anda secara otomatis dilindungi oleh asuransi kredit mobil.

Asuransi ini akan menanggung kerusakan mobil pinjaman yang terjadi akibat kecelakaan atau jika terjadi kerugian.

Untuk menerima ganti rugi asuransi ini, Anda perlu mengambil asuransi untuk kendaraan pinjaman dengan cara yang ditentukan dalam polis asuransi.

Tahapan acara yang diasuransikan untuk mobil kredit yaitu:

Pada dasarnya, cara mengasuransikan kendaraan secara kredit tidak jauh berbeda dengan yang dibeli secara tunai. Beberapa perusahaan memiliki kriteria dan ketentuan tersendiri dalam proses klaim.

Namun, semua langkah dan tahapan mudah dilakukan dan tidak sulit. Tips agar klaim kredit asuransi mobil cepat disetujui adalah sebagai berikut:

1.) Jangan tunda pelaporan insiden

Langkah pertama dalam proses klaim asuransi kendaraan adalah melaporkan segala sesuatu yang terjadi pada kecelakaan tersebut sesegera mungkin, misalnya Anda bisa memberikan foto atau video kerusakan mobil.

Jika memungkinkan, jangan sampai proses pelaporan melebihi batas maksimal yang ditentukan. Aturannya, batas pengajuan klaim tidak lebih dari 3 jam hingga 23 jam setelah kejadian.

2.) Kunjungi cabang perusahaan asuransi terdekat

Dokumen yang diperlukan harus dilengkapi saat Anda akan mengirimkannya ke cabang perusahaan asuransi terdekat.

Hal ini diperlukan karena pemilik mobil perlu mengisi laporan klaim secara detail dan lengkap. Anda juga dapat menghubungi call center perusahaan asuransi terkait untuk mengajukan dan mempercepat proses klaim.

Perusahaan asuransi akan memeriksa laporan tersebut nanti. Yang pertama adalah memeriksa kelengkapan data, dokumen dan informasi yang diberikan oleh tertanggung.

Penanggung kemudian akan mengirim surveyornya untuk memeriksa kerusakan mobil yang diajukan dalam klaim.

Setelah petugas menyelesaikan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh dan mengidentifikasi kerusakan, pemilik kendaraan akan diberikan rencana perbaikan selanjutnya di bengkel rekanan yang ditunjuk.

3.) Siapkan dokumen

Tentunya, pelaporan tersebut juga harus disertai sejumlah dokumen agar klaim dapat segera diproses oleh pihak asuransi. Dokumen-dokumen yang diperlukan, biasanya seperti STNK, SIM, laporan dari polisi tentang kerusakan kendaraan, lebih besar atau sama dengan 70 persen dari biaya.

Jangan lupa sertakan dokumen polis dari asuransi mobil. Dengan demikian, nantinya tidak akan ada masalah dalam proses klaim, karena dokumen yang tidak lengkap dapat otomatis membatalkan klaim.

4.) Proses Verifikasi Penanggung

Dokumen yang sudah diterima oleh pihak asuransi, selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung pada mobil atau prosedur lainnya jika diperlukan.

Baru setelah itu perusahaan asuransi akan memutuskan apakah akan memenuhi klaim atau tidak. Saat klaim disetujui, ganti rugi dapat ditransfer ke rekening milik tertanggung, atau mobil akan diperbaiki di bengkel khusus.

5.) Pengajuan Klaim dari Aplikasi

Kini perkembangan teknologi yang semakin kompleks membuat hidup menjadi lebih mudah. Salah satunya dalam hal pengajuan klaim asuransi kredit kendaraan.

Kini pemegang polis dapat dengan mudah mengajukan klaim kerusakan atau kehilangan kendaraan kesayangannya melalui aplikasi.

Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi resmi perusahaan asuransi di ponsel cerdas Anda. Selanjutnya, ajukan klaim melalui aplikasi.

Penanggung nantinya akan menanggapi klaim tersebut dengan menghubungi pemegang polis. Kemudian petugas lapangan akan datang ke alamat yang ditentukan untuk mengecek kondisi mobil tersebut.

Proses klaim biasanya ditangani di alamat yang dipilih. Pastikan alamat mudah diakses ketika muncul masalah selama proses klaim.

6.) Periksa kemajuan klaim

Setelah mengajukan klaim, Anda selalu dapat mengikuti perkembangannya melalui aplikasi. Biasanya informasi muncul saat pengajuan klaim dan berubah tergantung tahapan klaim.

Dengan memantau perkembangan, akan lebih mudah untuk mengetahui berapa waktu yang tersisa sebelum dana pertanggungan dibayarkan oleh pihak asuransi nantinya.

Agar tidak ketinggalan informasi, disarankan untuk selalu mengecek progres klaim. Jika tidak ada perubahan, Anda dapat langsung mengambil tindakan dengan menghubungi perusahaan asuransi terkait.

Dengan mengetahui tips pengajuan klaim kredit asuransi mobil, Anda akan lebih mengetahui manfaat asuransi mobil Anda. Jika ingin membeli mobil secara kredit atau tunai, jangan lupa memberi Asuransi Kendaraan Garda Oto.

Anda bisa mendapatkan berbagai layanan yang memudahkan hidup Anda, seperti bantuan Garda Siaga yang tersedia 24 jam setiap hari. Adanya perluasan jaminan asuransi yang dimiliki oleh Garda Oto sehingga tidak hanya melindungi mobil tetapi juga keselamatan penumpang di dalamnya. Asuransi kendaraan akan melindungi keuangan Anda dari pengeluaran akibat risiko yang tidak terduga.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *