Malang,(KLIKBATU.ID) – Semarak Tlogosarifest Karnival 2023 dalam rangka Bersih Desa Tlogosari yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tlogosari, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Minggu (17/09/2023) berlangsung dengan meriah hingga Senin dini hari.

Penampilan peserta Karnaval Desa Tlogosari benar-benar memukau para penonton yang hadir. Para peserta memakai berbagai pakaian adat dan budaya, serta menampilkan atraksi kesenian tradisional.

Kepala Desa Tlogosari, Lilik Rahayu menyebutkan bahwa ada sekitar 10 rangkaian acara Bersih Desa yang di agendakan. Gelaran karnaval budaya ini merupakan rangkaian ketiga dari rangkaian acara Bersih Desa Tlogosari 2023.

 

“Rangkaian Bersih Desa di 2023 yang pertama adalah kita nyekar ke makam bareng, dan yang kedua kita adakan doa lintas agama karena warga kita majemuk, ada yang Kristen, katolik dan Islam.”ungkap Lilik

Ditambahkannya bahwa, rangkaian agenda Bersih Desa Tlogosari akan dilanjutkan senam massal, pentas seni, campursari Arema Batavia, Ketoprak dan terakhir Nyadran.

“Karena di Desa Tlogosari ini, banyak tokoh-tokoh seni dan budaya. Banyak kesenian di Tlogosari ini diantaranya Jaranan, Bantengan, Ketoprak dan Sakerahan.”jelasnya

Lilik Rahayu menegaskan bahwa Pemerintah Desa Tlogosari selalu mendukung kelestarian budaya dan kesenian di wilayah desanya, dan berupaya terus mendorong agar semakin maju dan dikenal luas, serta membuat kehidupan masyarakat semakin rukun dan harmonis.

“Harapan saya, dengan adanya karnaval bersih desa ini bisa mewujudkan masyarakat hidup rukun dan saling bergotong-royong bekerjasama, tidak hanya saat ada momen bersih desa saja, tetapi untuk seterusnya dan rutin dilakukan untuk masyarakat. Kedepannya semoga bisa membuat Desa Tlogosari semakin maju.”pungkas Lilik Rahayu.

Sementara itu, mewakili Danramil 0818/11 Donomulyo, Babinsa Desa Tlogosari Serda Sahid Endro berharap kegiatan karnaval budaya bisa berlangsung aman dan lancar hingga selesainya karnaval.

“Kita dari Muspika, mulai kecamatan, Koramil, Polsek dan Linmas berharap semoga acara ini tetap aman, kondusif seperti yang kita harapkan. Karena antusias masyarakat di karnaval ini sangat luar biasa, tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.”tegasnya

Karnaval budaya Bersih Desa Tlogosari ini diikuti oleh 23 tim peserta umum yang berasal dari empat dusun yang ada di Desa Tlogosari, yakni Dusun Krajan, Dusun Tlogo, Dusun Darungan, dan Dusun Tegalrejo.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *