Harga tiket: Rp60.000 Jam kerja: 09.00-19.00 MUSIM DINGIN, Alamat: Jl. Jalan Lingkar Utara No. 18, Jenengan, Maguvohardjo, Kek. Depok, taksi. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Pemeriksaan lokasi

Upside Down World Jogja kini banyak dikenal dengan keunikannya. Ini adalah objek wisata alternatif dengan konsep yang tidak biasa. Seperti namanya, yaitu dunia ini terbalik, jadi apa pun yang Anda lihat tidak seperti yang seharusnya. Tempat ini dijadikan sebagai sarana hunting foto-foto cantik dan unik serta sering dikunjungi oleh anak muda.

Bagi yang familiar dengan konsep wisata ini, Anda mungkin pernah menemukannya di Bandung. Keduanya mengusung konsep yang sama, namun masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya, dalam wisata seperti itu, setiap ruangan menjadi daya tarik utama, misalnya dapur, kamar tidur, dan ruang tamu.

Faktanya adalah semua furnitur di ruangan itu terbalik. Menariknya, furnitur yang dimaksud adalah asli, bukan tiruan atau miniatur. Misalnya kursi, maka Anda juga akan mendapatkan kursi asli yang digantung sesuai konsepnya. Tak perlu khawatir, karena semuanya menggantung dengan kokoh dan sesuai dengan standar keselamatan saat ini.

Atraksi Dunia Jogya Terbalik

Atraksi Dunia Terbalik Jogya
Kredit Gambar: Apoteker Google Maps Bayu Herdy

Daya tarik Upside Down World Jogja terletak pada kamarnya yang unik dan serba terbalik, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Saat ini setidaknya ada 10 kamar dengan konsep yang unik dan berbeda. Masing-masing memiliki furnitur sesuai dengan tipe ruangannya.

1. Ruang tamu

Di setiap rumah, ruang tamu harus menjadi bagian utama. Tempat pertama Anda memasuki rumah tidak lain adalah ruang tamu. Tapi tidak seperti dunia nyata, yang terjadi justru sebaliknya. Furnitur terbalik di tempat ini antara lain TV, sofa, meja, dan lukisan di dinding.

2. Kamar tidur

Ruangan selanjutnya di Upside Down World Jogja adalah kamar tidur. Seperti sebelumnya, di sini semua perabotan juga terbalik. Anda yang baru pertama kali memasukinya mungkin bingung. Beberapa jenis furnitur yang ditemukan adalah kasur dan tempat tidur, lemari pakaian dan aksesoris lainnya seperti boneka dan lukisan.

3. Dapur terbalik

Bagaimana jika dia terbalik di dapur? Anda pasti bingung bagaimana cara memasaknya kan? Tapi jangan khawatir, dapur di sini bukan digunakan untuk memasak, melainkan untuk berburu zona foto unik. Agar terlihat seperti aslinya, pihak pengelola menyediakan beberapa perabot seperti panci, teflon dan tentunya kompor.

4. Kamar anak-anak

Di Dunia Terbalik Anda tidak hanya akan menemukan kamar tidur biasa, tetapi juga kamar anak-anak. Seperti namanya, konsep kamar ini didesain khusus untuk anak-anak. Perabotan yang disediakan juga dapat disesuaikan, seperti boneka untuk anak perempuan dan robot untuk anak laki-laki. Menariknya, ruangan ini dilengkapi dengan wallpaper untuk membuat background foto menjadi lebih menarik.

5. Ruang kerja

Tidak ada salahnya mencari foto di ruang kerja, apalagi dengan konsep yang unik. Tempat wisata alternatif di Jokya ini juga dilengkapi dengan ruang kerja terbalik. Furnitur juga dibuat menyerupai aslinya, seperti seperangkat komputer, meja kerja, kursi, dan printer. Tidak semuanya terbalik di ruangan ini, ada pula yang digantung di dinding.

6. Kelas sekolah

Upside Down World Jogja memiliki ruang unik yang mungkin tidak Anda miliki di tempat lain, yaitu ruang kelas. Pada umumnya tempat lain hanya mengandalkan satu ruangan di dalam rumah. Kali ini tidak, karena di depan ruangan terdapat ruang kelas yang dilengkapi papan tulis, meja siswa, dan meja guru.

7. Kamar mandi

Konsep wisata ini mengandalkan desain yang menambah daya tariknya. Desain tiap kamar dibuat unik agar banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya yang disebutkan di atas, ada juga kamar mandi yang dibuat terbalik. Meski tidak ada air mengalir, namun kehadiran kloset, tempat sabun dan bak mandi memberikan kesan yang nyata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat dunia terbalik
Kredit Gambar: Google Maps Alexandro Santoso

Tidak sulit menemukan dunia terbalik Jogja jika Anda akan berkunjung. Wisata spot foto hunting hits ini berlokasi di Jl. Jalan Lingkar Utara No.1. 18, Maguvohardjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DC, Yogyakarta. Jarak dari pusat Jokya hanya 20 kilometer, bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Lokasi sangat strategis, di kawasan perkotaan dengan akses jalan yang memadai. Jika Anda berangkat dari Yogya, silakan menuju Jalan Pleret terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan ke Jalan Majapahit, Jalan Raya Janti dan di pertigaan belok kanan ke Jalan Raya Solo – Yogyakarta.

Setelah sekitar 2 kilometer Anda akan menemukan pertigaan lagi, belok kiri ke Jalan Padjajaran. Lanjutkan di jalan utama dan Anda akan sampai di Jalan Ring Road Utara dimana Upside Down World Jogja berada. Selanjutnya, silakan ikuti rambu-rambu yang disediakan atau tanyakan langsung lokasi tepatnya kepada penduduk setempat.

Biaya masuk ke objek wisata

Sama halnya dengan tempat wisata, Anda juga perlu membeli tiket masuk sebagai syarat pokok. Tempat ini memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung usia dan status pengunjung. Untuk turis dewasa biasa dikenakan tiket masuk sebesar 60.000 rupiah. Jika membawa anak-anak, mereka hanya akan dikenakan tiket sebesar 25.000 rupiah.

Tiket masuk Upside Down World Jogja lebih murah jika Anda seorang pelajar. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rs 40.000 saat memberikan bukti seperti kartu pelajar. Perlu diketahui bahwa harga tiket di atas belum termasuk biaya parkir. Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 2000 jika datang dengan sepeda motor dan 5000 jika menggunakan mobil.

Sepintas, harga tiket masuk di atas terlihat mahal, tapi nyatanya tidak. Pasalnya, semua ruangan yang didesain untuk dijadikan arena hunting foto bisa kamu manfaatkan. Namun, Anda harus siap mengantri karena banyaknya wisatawan yang datang. Untuk menghindari keramaian, datanglah lebih awal di pagi hari.

Aktivitas menarik di Upside Down World Jogja

Aktivitas menarik di Upside Down World Jogja
Kredit Gambar: Apoteker Google Maps Bayu Herdy

Dari segi aktivitas, Upside Down World Jogja tentunya tidak lepas dari fotografi. Wisata modern ini dirancang khusus untuk wisatawan yang ingin mencari spot foto yang unik. Bagi yang penat dengan wisata alam atau jalan-jalan, tempat ini sangat direkomendasikan karena memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

1. Foto di ruang tamu

Ruang tamu adalah salah satu favorit setiap pengunjung yang masuk. Anda juga tidak bisa tidak mengambil foto di ruangan ini. Semuanya benar-benar terbalik, tetapi posisi Anda sebenarnya masih tegak. Dengan sedikit tambahan gaya, hasil foto dijamin lebih unik dan mengesankan.

2. Berpose di dapur

Aktivitas selanjutnya di Upside Down World Jogja adalah berpose di dapur. Ruangan kedua yang sering digunakan pengunjung untuk berburu peran foto adalah dapur. Nggak salah kok, karena furnitur di sini terlihat unik. Pada tur Jogye yang populer ini, perabotan dapur dijungkirbalikkan.

3. Gairah Toilet Terbalik

Jangan pernah memikirkan pengalaman toilet yang berantakan selama kunjungan Anda ke sini. Ini karena toilet tidak digunakan untuk membersihkan diri seperti biasanya. Toilet di sini hanya digunakan untuk photophone. Dijamin seru saat menggunakan ruangan ini, semua perabotan terlihat sangat rapi.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

dunia terbalik
Kredit Gambar: Instagram Dwi Utami

Upside Down World Jogja dilengkapi dengan beberapa fasilitas penting untuk menunjang kunjungan wisatawan. Memang tidak terlalu lengkap, tapi fasilitas umum ada dan layak pakai. Misalnya tempat parkir yang luas, toilet dan tempat untuk mengantri. Ada juga fotografer profesional yang mengarahkan pose sekaligus membantu pengambilan gambar.

Yogya memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan tujuan liburan utama. Anda mungkin pernah mengunjungi wisata alam seperti pantai, perbukitan, dan pegunungan. Namun sebenarnya masih banyak lagi yang akan anda temukan disini, Upside Down World Jogja salah satunya dan sekaligus bisa dijadikan alternatif wisata.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *