Malang,(KLIKBATU.ID)- Polsek Pakis Resort Malang Polda Jatim, menggelar kegiatan Jumat Curhat bersama Tomas, Toga ,Toda dan Masyarakat serta Pemerintahan Desa Sekarpuro Pakis Kabupaten Malang yang bertempat di Balai Desa Sekarpuro Jumat (07/07/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Pakis Iptu Narko Rusbiyanto ,S.H., M.H.,Kanit Binmas Iptu Basori, Bhabinkamtibmas Desa Sekarpuro Aipda Bambang Hermanto SH., Bhabinkamtibmas Desa Ampeldento Aipda Kristin, Kepala Desa Sekarpuro Sulirmanto, beserta perangkat Desa dan Tomas, Toda, Toga dan warga Desa Sekarpuro.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Pakis Iptu Narko Rusbiyanto, S.H., M.H mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Sekarpuro yang sudah memberikan kesempatan bertatap muka di Balai Desa Sekarpuro.

“Kedatangan kami adalah kegiatan Jumat Curhat yang merupakan program rutin bapak Kapolres Malang dalam rangka Jumat curhat. Kami berterima kasih kepada bapak Kades yang telah memberikan ”ujar Iptu Narko.

Menurut Kapolsek, kegiatan ini bisa digunakan untuk menyampaikan apa saja masalah yang ada untuk ditampung serta juga sebagai perkenalan sebagai Kapolsek Pakis yang baru.

“Sekalian juga sebagai perkenalan bagi saya bahwa saya baru menjabat menjadi Kapolsek Pakis.”jelas Kapolsek

Sebagai Kapolsek yang baru menjabat, Iptu Narko juga berterimakasih kepada semua warga masyarakat Sekarpuro atas segala bantuannya kepada Polsek Pakis dan mengajak warga bersama – sama menjaga Kamtibmas di wilayah Desa Sekarpuro.

“Mari kita bersama – sama untuk menjaga keamanan di wilayah Desa Sekarpuro ,karena kami menyadari bahwa kami sendiri tidak akan mampu menjaga Wilayah Pakis yang luas dengan keterbatasan anggota.”tambahnya.

Kepala Desa Sekarpuro Sulirmanto pun mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek dan anggota Polsek Pakis karena sudah datang di Desa Sekarpuro.

“Silahkan kepada para warga yang mau bertanya silahkan nanti bertanya langsung ,disampaikan langsung kepada bapak Kapolsek. Mungkin ada hal-hal yang perlu disampaikan atau ditanyakan disini yang sifatnya terbuka.”jelas Kades Sekarpuro Sulirmanto.

Beberapa warga yang hadir pun mulai mengajukan pertanyaan dan keluhan, Kasun Desa Sekarpuro Jiono, yang bertanya terkait cara ijin kegiatan Bantengan, dan Warno warga sekitar yang bertanya tentang penanganan terkait banyaknya warga pendatang luar daerah yang berbeda adat sehingga perlu dipantau.

Menjawab pertanyaan tersebut, Kapolsek menjelaskan tata cara perijinan kegiatan Bantengan tersebut serta pemantauan terhadap keberadaan orang dari luar daerah yang menetap.

“Sesuai prosedur dari RT, RW ke Kepala desa lalu ke Polsek Pakis. Karena pastinya yang warga sekitar lokasi harus tahu untuk kegiatan di desanya. Jadi dimulai dari tingkat RT ,RW lalu ke kades baru diajukan ke kami”jelasnya.

Menurut Kapolsek Pakis, semua kegiatan harus di sampaikan, karena kita tidak tahu kegiatan mana yang bisa menimbulkan keributan, jadi dengan adanya izin ke Polsek ,maka anggota Polsek bisa memantau. Sementara terkait orang luar daerah Bhabinkamtibmas nanti yang akan mendata danmenyambungkan dengan perangkat Desa setempat, lalu silahkan dibuatkan grup di RW biar mudah untuk berkoordinasi.

Sementara itu, Heru dari BPD mengatakan bahwa didaerah tempanya sering ada penagihan utang piutang yang mengakibatkan keributan.

Kapolsek Pakis memberikan saran apabila ada seperti itu bisa di sampaikan ke Bhabinkamtibmas atau Polisi RW nya untuk di mediasi.

Sektor lalu lintas juga menjadi perhatian para warga dikarenakan banyak anak kecil yang menggunakan kendaraan bermotor, serta akhir-akhir ini sering terjadi kecelakaan lalulintas dikawasan Pakis.

“Penindakan itu bisa dilaksanakan namun kita juga bisa melihat kondisi nya , ada baiknya mungkin kita lebih baik memberikan himbauan pengertian pada pihak keluarga. Dan juga perlu diketahui sekarang sudah ada tilang Elektronik yang bisa melakukan tilang melalui elektronik cctv tersembunyi, nanti tilang akan langsung di layangkan kerumah yang bersangkutan.”Jelas Kapolsek Pakis.

 

 

 

 

 

 

 

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *