Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan dan ingin merasakan suasana gulat bisa datang ke Monumen Bambu Runcing Rapang Sulawesi.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Rapang, Kek. Pancha Rijang, Kamar. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Monumen Bambu Runcing merupakan situs bersejarah bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Tugu tersebut merupakan salah satu bukti perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda. Karena sejarah sejarah inilah, Monumen Bambu Runcing Rappang kini menjadi kebanggaan tersendiri.

Perjuangan bangsa Indonesia tidak lepas dari senjata bambu runcing. Senjata tradisional Indonesia ini menjadi saksi bisu bagaimana Belanda bisa pergi meninggalkan tanah air ini. Tentu saja, pada saat itu tidak mudah.

Untuk mengenang segala perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda, dibangunlah tugu Bambu Runcing di Sulawesi Selatan. Monumen tersebut memiliki daya tarik yang membuatnya ramai dikunjungi hingga saat ini.

Atraksi Monumen Bambu Runcing Rappang

Landmark Monumen Bambu Runcing Rappang
Kredit Gambar: Google Maps Sepmita Bepis

Padahal, masih banyak monumen lain di berbagai daerah di Indonesia. Ada juga tugu bambu runcing di Surabaya yang tak kalah terkenal dengan tugu di Rapanga. Namun tugu bambu runcing Rappang Sulawesi ini memiliki daya tarik tersendiri.

1. Wi-Fi gratis

Pada tahun 2020, Pemkab Sidrap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika akan menyediakan Wi-Fi gratis di tugu tersebut. Hal itu dilakukan sebagai tanggapan atas permintaan bupati setempat.

Dengan layanan ini, masyarakat yang berkunjung ke monumen bisa mendapatkan akses internet gratis. Jam buka dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 18:00 hingga 06:00. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu akses internet dapat dilakukan 24 jam sehari.

Nah, untuk bisa menggunakan layanan tersebut, pengunjung tidak perlu menggunakan akun atau password, karena bisa langsung terkoneksi ke internet. Throughput Wi-Fi di area ini juga tinggi dan mencapai 100 Mbps.

2. Area yang luas

Areal monumen ini juga sangat luas. Dengan demikian, tempat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat bersantai dan mengingat jasa-jasa para pejuang Indonesia, tetapi juga sebagai tempat bermain anak-anak.

Karenanya, saat tamu datang ke sana, banyak anak-anak yang bermain di sana. Itu adalah pemandangan alami di daerah itu di malam hari. Namun, juga menciptakan suasana yang menyenangkan di sekitar monumen.

3. Memberikan informasi sejarah

Daya tarik utama dari Monumen Bambu Runcing Rappang adalah sejarah sejarahnya. Jadi kalau ke sana, akan banyak simbol perjuangan Sulawesi Selatan melawan penjajahan Belanda.

Oleh karena itu, tugu ini tidak hanya menjadi tempat yang tepat untuk bersantai, tetapi juga dapat menjadi lingkungan yang cocok untuk pembelajaran sejarah, khususnya bagi anak-anak. Sehingga para orang tua bisa membawa anaknya kesana dan membicarakan peristiwa bersejarah ini.

Beri tahu anak-anak bahwa ini adalah pertama kalinya bendera Indonesia dikibarkan di sini setelah perjuangan panjang melawan Belanda. Dengan begitu, rasa nasionalisme dan pengetahuan sejarah anak juga akan meningkat.

4. Patung prajurit Indonesia

Monumen ini memiliki banyak patung perjuangan. Ikon tempat ini tentu saja adalah patung seorang pejuang dengan perban di kepalanya dan dengan tombak bambu di tangannya.

Tak hanya itu, ada patung dua pejuang Indonesia yang sedang mengibarkan bendera. Pada malam hari, patung-patung itu terlihat lebih bagus karena dikelilingi oleh lampu warna-warni.

5. Banyak jajan

Pinggir jalan di sekitar Bambu Runcing Rappang Sulawesi juga banyak pedagang kaki lima yang menjajakan aneka jajanan dan minuman. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan saat datang ke sini.

Apalagi jika mengunjungi tugu pada malam hari. Suasana malam hari yang dipenuhi dengan lampu hias taman bisa semakin sempurna jika Anda menghabiskannya dengan kuliner di area tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tugu Bambu Rappang
Kredit Gambar: Google Maps Nurul Hidaya Pratama

Jika ingin datang ke tugu, alamatnya mudah ditemukan di Google Maps. Tempatnya terletak di Rappang, Panka Rijang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Tepatnya di sebelah utara RS Arifin Nu’Mang Rappang atau di sisi jembatan di atas Sungai Salo Lautang. Karena lokasinya yang sangat strategis, pengunjung dapat mencapainya dengan berbagai moda transportasi. Pintu masuknya juga bagus.

Sehingga lebih baik bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan untuk singgah di tugu ini. Sesampainya di sana, wisatawan bisa merasakan suasana berbeda yang tidak ditemukan di tempat lain di Sulawesi Selatan.

Biaya masuk ke objek wisata

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana sejarah dan wisata di kawasan tugu, pengunjung tidak perlu membayar apapun karena tiket masuknya gratis. Pengunjung juga bisa datang ke sana kapan saja karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Dengan demikian, tempat ini sangat ideal untuk liburan murah bersama keluarga atau teman. Pengunjung hanya perlu menyiapkan dana untuk membeli makanan atau minuman di sana. Namun, pengunjung juga diperbolehkan membawa makanan dan minuman sendiri.

Kegiatan menarik di Tugu Bambu Runcing Rappang

Kegiatan menarik di Tugu Bambu Runcing Rappang
Kredit Gambar: Manajer Aset Google Maps Kab. Sidrap

Jika berkunjung ke Monumen Bambu Runcing Rappang, wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas menarik di sana. Di sini kami menawarkan daftar ide hal-hal yang dapat dilakukan di kawasan wisata populer Sulawesi Selatan ini.

1. Santai

Kebanyakan orang datang ke monumen untuk menikmati pagi atau sore hari yang santai. Terdapat banyak tempat duduk di area tersebut, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana sekitar sambil bersantai.

Karena sangat cocok digunakan sebagai tempat berlibur, berwisata bersama teman, keluarga atau pasangan di tempat ini sangat bisa dilakukan. Ada banyak tempat duduk atau piknik kecil.

Apalagi sekarang di tempat itu ada Wi-Fi gratis. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk beristirahat di sana dalam waktu yang lama tanpa merasa bosan. Tempat ini juga memiliki pepohonan sehingga pengunjung tidak kepanasan dan tetap sejuk.

2. Berburu jajan

Bagi pengunjung yang hobi memasak, tugu ini juga merupakan jawaban terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencari aneka kuliner khas Sulawesi Selatan yang dijajakan pedagang kaki lima di sepanjang sisi monumen.

3. Mainkan di siang hari

Tempat ini juga dijadikan tempat bermain anak-anak terutama pada sore hari. Sehingga, tempat ini cocok untuk anak-anak bermain.

Pengunjung yang memiliki anak dan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan lebih baik datang ke tugu ini. Selain bersenang-senang, anak-anak juga bisa dididik tentang sejarah dan makna perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Tugu Bambu Runcing Rappang
Kredit Gambar: Google Maps Irfan Tirtan

Di wilayah itu ada area rekreasi dan taman bermain. Ada juga area pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman.

Sekarang tugu Bambu Runcing Rappang masih berdiri. Tugu ini dapat membantu kita memahami apa yang dimaksud dengan Tugu Bambu Runcing. Jika Anda berkunjung, pastikan para pengunjung menjaga kebersihannya.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *